Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perawatan Rambut Rontok dan Rambut Rewel

Rambut Rontok
Perawatan Rambut Rontok

Rambut Rontok

1. Rambut Rontok Karena Apa?

Rambut rontok yang berlebihan itu umum. Seseorang dapat bentuk rambutnya 50 sampai 100 kali setiap hari karena berbagai masalah sebab.

Menurut seorang dokter penyebab kerontokan rambut pada wanita umumnya adalah karena perubahan hormonal dan kondisi pasca melahirkan. Sementara pada pria bisa karena alergi terhadap obat-obatan tertentu, stres berlebihan, infeksi virus atau trauma pada kulit kepala. pada kasus-kasus ringan seperti kondisi pasca melahirkan, masalah kerontokan rambut biasanya akan hilang dengan sendirinya.

2. Tangani Akar Masalah Rambut Rontok

Yang repot,80% kasus kerontokan rambut adalah karena faktor keturunan. Tetapi Ada kok, kabar baik untuk anda. Studi menunjukkan kalau rontok dapat dicegah dan dirawat. Perawatan yang tidak akan membuat rambut anda tumbuh lebih cepat tetapi secara perlahan dapat menyehatkan akar rambut sehingga rambut-rambut baru akan mulai tumbuh kembali.

Jika Anda tiba-tiba kehilangan banyak rambut dan tidak tahu sebabnya, ada baiknya menemui dokter. Dokter akan memastikan penyebab rontoknya rambut Anda dengan melakukan check up tubuh menyeluruh dan memastikan apakah ada masalah kesehatan lain yang perlu ditangani dibalik penyebab kerontokan. Bila perlu dilakukan pula analisa rambut di laboratorium untuk  meneliti pola akar rambut.

3. Perawatan & Pencegahan Rambut Rontok

Dari sebuah informasi dibutuhkan perawatan yang berbeda untuk masing-masing kasus kerontokan rambut. Yang jelas pasien perlu dapat perlu sabar dan konsisten menjalani pengobatan karena tentu rambut yang hilang tidak akan langsung tumbuh dalam sehari . Dengan penanganan yang tepat kondisi rambut akan membaik secara bertahap.

Tentu akan lebih baik jika kerontokan ditangani sejak dini, karena lama perawatan yang banyak tergantung pula pada seberapa parah kerontokan rambut yang dialami pasien.

Bagaimana mencegah kerontokan? hindari stres dan berolahragalah secara teratur terapkan pula pola makan seimbang dan yang penting, jaga jangan sampai tubuh kekurangan protein jika anda kekurangan protein. jika anda Kekurangan protein akibat berdiet ketat, misalnya, tubuh akakn 'menghemat' protein dengan mengistirahatkan pertumbuhan rambut. Akibatnya, rambut menjadi rapuh dan dua atau tiga bulan kemudian terjadilah kerontokan rambut besar-besaran.

Rambut Rewel

1. Ketombe atau Hanya Kering?

Meski seringkali tidak membutuhkan penanganan dokter, masalah kulit kepala kering ini cukup mengganggu. Banyak orang yang menyamakan kulit kepala yang kering dan bersisik dengan ketombe. Walaupun keduanya kelihatan mirip, tetapi perawatan yang diperlukan berbeda.

Ketombe disebabkan oleh infeksi jamur , sementara kulit kepala kering sebenarnya hanyalah kulit kepala yang kelewat kering, sehingga mengelupas menghasilkan sisik yang kemudian rontok. Biasanya Hal ini disebabkan oleh pengeritingan, pewarnaan dan perawatan rambut yang berlebihan.

Jika rambut anak kering, hindari pemrosesan rambut dan keramas dengan sampo dua hari sekali. Selalu gunakan conditioner dan aplikasikan ke seluruh rambut, jangan hanya ujungnya saja, jangan menggosok kulit kepala terlalu lama - gunakan ujung jari anda untuk memijat perlahan karena beberapa conditioner bisa menyebabkan iritasi dan memperparah kekeringan.

2. "Uh, Rambutku Pabrik Minyak!"

Kulit kepala berminyak memang biasa terjadi di negara-negara yang dengan cuaca yang selalu hangat. Aktivitas sehari-hari kita juga memicu kelenjar minyak agar berproduksi. Kulit kepala yang berminyak sebenarnya bisa jadi menguntungkan karena minyak melindungi akar rambut dan mencegah kerontokan. tetapi, minyak berlebihan juga bisa memberatkan rambut.

Kalau rambut kering harus di keramas dengan sampo 2 hari sekali, rambut yang berminyak sebaiknya dikemas dengan sampo setiap hari itu menghilangkan minyak berlebihan. pijat kepala dengan ujung jari, jangan dengan kuku lalu lumuri rambut dengan kondisioner dari tengah rambutke bawah untuk menjaga kelembutan tanpa menambah minyak pada kulit kepala.

Posting Komentar untuk "Perawatan Rambut Rontok dan Rambut Rewel"