Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Komputer Blank Hitam Tapi Hidup

Komputer menampilkan layar hitam namun tetap menyala merupakan fenomena umum. Masalah ini dapat disebabkan oleh banyak faktor berbeda dan Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya:

Cara Mengatasi Komputer Blank Hitam Tapi Hidup

Nyalakan ulang komputernya:

Pertama coba restart komputer Anda. Terkadang masalah sederhana bisa diselesaikan dengan cara ini.

Periksa kabel dan sambungan:

Pastikan semua kabel yang tersambung ke komputer, termasuk kabel daya dan  video, aman. Periksa juga sambungan monitor ke komputer. 

Tes layar:

Masalahnya mungkin ada pada layar. Coba sambungkan komputer Anda ke monitor lain jika tersedia, atau ganti kabel video dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Boot ke mode aman:

Coba mulai komputer Anda  dalam "Safe Mode". Ini akan membantu Anda menentukan apakah masalah disebabkan oleh konflik driver perangkat keras atau perangkat lunak. Untuk melakukannya, tekan tombol F8 atau tombol lain yang sesuai saat komputer Anda menyala, sebelum  logo Windows muncul.

Tes kartu grafis:

Jika komputer Anda dilengkapi dengan kartu grafis, periksa apakah sudah dimasukkan dengan benar ke dalam slotnya. Terkadang perangkat keras yang tidak dipasang dengan benar dapat menyebabkan masalah layar hitam.

Tes perangkat keras lainnya:

Periksa perangkat keras lain seperti RAM dan hard drive. Ada kemungkinan ada masalah pada salah satu perangkat ini yang menyebabkan masalah layar hitam. Anda dapat mencoba membersihkan kontak pada RAM dan memastikannya berada pada tempatnya.

Tes panas berlebih:

Komputer yang terlalu panas  dapat menyebabkan masalah seperti layar hitam. Pastikan  kipas heatsink dan heatsink  CPU berfungsi dengan baik dan tidak terlalu berdebu.

Perbarui BIOS:

Coba periksa apakah motherboard Anda memiliki pembaruan BIOS. Terkadang pembaruan BIOS dapat mengatasi masalah kompatibilitas perangkat keras.

Periksa catu daya:

Pastikan catu daya komputer Anda stabil dan mencukupi. Gunakan catu daya yang baik dan pastikan kapasitas komputer Anda sesuai dengan kapasitas catu daya Anda.  

Bawa ke teknisi ahli:

Jika semua langkah di atas gagal memperbaiki masalah, ini mungkin mengindikasikan masalah perangkat keras yang lebih serius. Dalam hal ini, Anda sebaiknya membawa komputer Anda ke teknisi komputer berpengalaman untuk diperbaiki lebih lanjut.


Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas dengan perangkat keras komputer, terutama jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman teknis. Jika Anda  ragu, yang terbaik adalah mencari bantuan  profesional.

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Komputer Blank Hitam Tapi Hidup, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan jawaban bagi masalah yang kita hadapi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer Blank Hitam Tapi Hidup"