Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Matang Saat Membeli di Pasar

iterkini.web.id - Suatu hal yang perlu kamu ketahui mengenai alpukat adalah bahwa buah ini tidak matang di pohonnya, akan tetapi buah ini akan matang ketika sudah dipanen atau jatuh sendiri dari batangnya. 

Di antara ciri-ciri yang biasa kita lihat untuk menentukan suatu buah alpukat yang sudah matang yaitu melihatnya dari warna kulit alpukat itu sendiri, akan tetapi perlu kamu tahu bahwa indikator kematangan buah alpukat ini tidak hanya dilihat dari warna kulitnya lho..!

Tentunya kamu harus berhati-hati dan dengan jeli melihat tingkat kematangan buah alpukat agar kamu tidak terkecoh sehingga buah yang kamu membeli segera membusuk karena terlalu matang.

Daftar Isi

Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Matang Saat Membeli di Pasar

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki tekstur yang lembut dan lezat untuk diolah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti jus, pudding dan olahan kue lainnya.

Maka berikut akan penulis paparkan beberapa cara bagi kamu untuk memilih alpukat yang bagus dan matang saat kamu membelinya di pasar.

Memeriksa dengan Cara Menekan Alpukat

Cara Memilih Alpukat yang Bagus
Cara Memilih Alpukat yang Bagus. [Pexels]

Ini bisa kamu lakukan dengan cara menekan pada bagian atas buah alpukat, yaitu tempat yang dekat dengan batang, maka ketika kamu menekannya jika ternyata setelah bagian atas tersebut mempertahankan bentuknya setelah ditekan dengan halus, maka 50% alpukat yang kamu tekan tersebut memiliki tingkat kematangan yang pas dan siap untuk dikonsumsi, akan tetapi jika ternyata setelah kamu menekannya maka bentuknya tidak kembali alias penyok atau meninggalkan jejak maka kemungkinan buah alpukat tersebut sudah terlalu matang.

Perhatikan Warna Buah Alpukatnya

Maka ini dapat kamu perhatikan dengan cara melihat warna kulit luar buah alpukat itu sendiri, jika kulit luar pada buah alpukat itu berwarna hijau yang lebih terang dari alpukat lainnya maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa buah alpukat tersebut masih belum matang.

Cara Memilih Alpukat yang Bagus
Cara Memilih Alpukat yang Bagus. [Pexels]

Namun, apabila jika muncul banyak noda hitam pada kulit luar permukaanya maka hal tersebut bisa menjadi indikator bahwa alpukat yang sudah matang bahkan terlalu matang sesuai dengan banyaknya noda hitam yang terdapat pada permukaan buah tersebut.

Dengan Cara Menarik Batang Alpukat Yang Tersisa

Sebelumnya sudah kita coba dengan cara melihat warna buah alpukat itu sendiri dan juga dengan cara menekan bagian atas buah alpukat tersebut, namun bagaimana jika kamu masih belum yakin bahwa buah alpukat tersebut sudah masak atau belum ? maka simak di bawah !

Cara Memilih Alpukat yang Bagus
Cara Memilih Alpukat yang Bagus. [Pexels]

Yaitu bila pada saat kamu menarik batangnya, jika setelah dilihat berwarna hijau tua maka bisa diyakini buah alpukat tersebut sudah matang namun jika yang terlihat batangnya tersebut berwarna coklat tua maka buah alpukat tersebut sudah terlalu matang.

Biasanya ketika buah alpukat belum masak maka ketika batangnya ditarik warna yang akan terlihat yaitu hijau muda.

Jangan Memilih Alpukat Yang Terlalu Lembek 

Ini jikalau kamu takut buah alpukat yang kamu beli sudah terlalu matang dan bahkan mulai membusuk sehingga dapat membuat selera makan menjadi menurun nantinya. 

Maka janganlah memilih alpukat yang terlalu lembek ini ketika membelinya di pasar.

Jangan Membeli dalam Jumlah Banyak Jika Tidak Dikonsumsi Secepatnya

Ini bisa menjadi poin penting bagi kamu yang tidak ingin buah alpukat yang membusuk secara tiba-tiba, karena bisa jadi ketika kamu membeli buah alpukat tersebut, semua buahnya sudah matang pada waktu yang sama, sehingga jika kamu tidak mengkonsumsinya segera dan malah menyimpannya untuk dikonsumsi di hari lain, ini dapat meningkatkan potensi buah alpukat yang kamu punya membusuk sehingga tidak bisa dikonsumsi.

Cara Memilih Alpukat yang Bagus
Cara Memilih Alpukat yang Bagus. [Pexels]

Maka lebih baik kamu membelinya secukupnya dan membeli kembali jikalau ternyata buah yang kamu punya sudah habis, selain agar tidak menjadi orang yang boros juga memungkinkan kamu memakan buah-buahan segar nantinya.

Dan jikalau ternyata kamu sudah terlanjur membelinya mungkin kamu bisa mencoba memperlambat laju kematangannya dengan memasukkannya ke dalam kulkas.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih alpukat yang bagus di pasar untuk dikonsumsi, semoga kita mendapatkan manfaat dari artikel ini, terutama untuk diri penulis sendiri.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Matang Saat Membeli di Pasar"