Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah ! Penyebab dan Cara Mengatasi Kencing Terus Menerus Secara Alami

iterkini.web.id - Kencing merupakan suatu hal yang lumrah bagi kita sebagai makhluk hidup, akan tetapi jika tingkat intensitas kencing kita terlalu tinggi sehingga mengakibatkan tentunya akan menghambat kita dalam melakukan berbagai macam aktivitas, terutama ketika sedang mengikuti event penting, tentunya kita tidak mau event tersebut terganggu akibat terlalu sering kencing.

Daftar Isi

Penyebab dan Cara Mengatasi Kencing Terus Menerus Secara Alami

Kencing terus menerus dapat terjadi karena berbagai macam faktor, jikalau kamu banyak meminum air atau juga sering minum menjelang akan tidur atau jika kamu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi maka besar kemungkinan frekuensi kencing kamu akan meningkat.

Dilansir dari berita.99.co, bagi seseorang yang dalam keadaan sehat dan normal biasanya mengalami kencing 6-7 kali dalam sehari dan itu normal, maka jika intensitas kencing kamu terlalu sering maka bisa dicurigai bahwa kamu sedang mengalami gangguan kesehatan terutama kandung kemih.

Maka disini penulis akan menerangkan bagaimana cara mengatasi kencing terus menerus secara alami

Penyebab Kencing Terus Terusan

Kencing terus menerus ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, maka berikut penulis akan rangkum beberapa yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi :

Penyakit 

Kencing terus menerus ini dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit di antaranya diabetes, infeksi saluran kemih, stroke, kecemasan dan penyakit lainnya, penyakit ini yang umumnya membuat frekuensi kencing menjadi lebih tinggi.

Kehamilan

Bagi seorang wanita, pada saat fase kehamilan, maka uterus akan membesar sehingga tekanan yang diberikan uterus ini kepada kandung kemih akan semakin intens sehingga menyebabkan kencing terus menerus.

Mengkonsumsi Cairan Berlebihan

Ketika asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh banyak, maka sebanding dengan yang masuk akan membuat cairan yang hendak keluar tubuh menjadi lebih banyak sehingga menyebabkan kencing terus menerus.

Kencing terus menerus
Ilustrasi Cairan. [Pexels]

Cara Mengatasi Kencing Terus Menerus Secara Alami

Sebenarnya jikalau kita tau apa saja faktor yang menyebabkan terlalu sering kencing ini, maka akan membuat kita lebih mudah untuk mengatasinya, maka disini penulis akan memaparkan berbagai macam solusi alami yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kencing terus menerus secara alami.

Kurangi Mengkonsumsi Cairan dan Minuman Mengandung Kafein Secukupnya

Cairan tersebut misalnya air putih, memang pada kenyataannya mengkonsumsi air putih itu sangat baik bagi kesehatan, akan tetapi jangan berlebihan karena ketika kamu mengkonsumsi cairan secara berlebihan akan dapat menyebabkan kamu sering kencing.

Selanjutnya jangan meminum banyak minuman yang mengandung kafein seperti pada kopi dan teh karena zat kafein yang terkandung di dalamnya dapat membuat kandung kemih menjadi lemah sehingga kandung kemih tidak sanggup menampung banyak cairan di dalamnya sehingga dapat menyebabkan terlalu sering kencing.

penyebab kencing terus menerus
Ilustrasi Kopi. [Pexels]

Maka kurangilah mengkonsumsi cairan dan minuman yang mengandung kafein cukup konsumsilah sekedarnya sehingga tidak menyebabkan munculnya penyakit lainnya.

Perhatikan Obat Yang Dikonsumsi

sering kencing
Ilustrasi Obat. [Pexels]

Ketika kamu terlalu sering kencing, maka kamu perlu memperhatikan juga obat obatan apa yang sedang kamu konsumsi, bisa jadi kamu sedang mengkonsumsi obat untuk darah tinggi atau gagal jantung kongestif  yang merupakan obat diuretik yang obat ini dikhususkan untuk membuang kelebihan kandungan garam dan kelebihan air yang ada di dalam tubuh sehingga tentunya itu menyebabkan kamu kencing terus menerus.

Melakukan Senam Kegel

Senam ini dapat membantu mengendurkan kandung kemih yang bersifat overaktif. Adapun caranya yaitu dengan mengencangkan pinggul kamu sebagaimana kamu menahan ketika ingin kencing lalu tahan selama 5 detik, maka jika sudah dilakukan maka kendurkan lagi pinggul kamu, maka ulangi hal tersebut 4-5 kali sehari dan usahakan dilakukan secara rutin setiap hari sehingga dapat mengatasi kencing terus menerus secara alami.

Membiasakan Tidur Pakai Kaos Kaki

Walaupun mungkin bagi sebagian orang hal ini tampak sederhana akan tetapi percayalah bahwa ini dapat mengatasi kencing terus menerus, terutama semisal kamu sedang dalam perjalanan di bus, mungkin ini sangat bermanfaat bagi kamu.

Kencing Terus Menerus Secara Alami
Ilustrasi Kaos Kaki. [Pexels]

Ketika kamu tidur atau berbaring maka cairan yang ada di dalam tubuh kamu akan bergerak turun ke bawah sehingga akhirnya menumpuk di kaki, sehingga tekanan yang ada di pembuluh darah meningkat dan menyebabkan cairan diserap lagi oleh darah, maka masuknya cairan akan menambah cairan urin, maka dengan adanya kaos kaki terutama yang ketat dapat mengatasi hal ini.


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kencing terus menerus yang dapat kamu praktikan atau lakukan dirumah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan juga bagi para pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "Inilah ! Penyebab dan Cara Mengatasi Kencing Terus Menerus Secara Alami"