Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Hubungan, Perbedaan Software dan Hardware Beserta Contohnya

iterkini.web.id - Pada saat menggunakan perangkat komputer kita tau bahwa komputer terdiri dari dua elemen utama yaitu software dan hardware, di antara kamu mungkin sudah mengetahui kurang lebih apa yang dimakud oleh kedua perangkat tersebut, tapi apakah kamu sudah tau apa perbedaan software dan hardware tersebut? 

Perbedaan Software dan Hardware
Ilustrasi Software dan Hardware. [Pexels]

Antara software dan hardware bisa dikatakan sebagai sebuah dwitunggal yang satu sama lainnya saling berkaitan erat, banyak di antara software yang membutuhkan hardware untuk menjalankan fungsinya, begitu juga sebaliknya.

Daftar Isi

Mungkin bagi kamu yang masih awam pada mulanya menganggap bahwa dua elemen utama perangkat komputer ini susah untuk dibedakan dan diidentifikasi, akan tetapi sebenarnya mudah kok untuk dibedakan dan diketahui, salah satunya dengan cara mengenal definisi dari masing masing istilah tersebut, dan dibawah ini penulis akan merangkum beberapa indikator perbedaan software dan hardware sehingga kamu dapat mengetahui perbedaan keduanya.

Sebelum kita memasuki pembahasan alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui sekilas definisi dari kedua jenis elemen tersebut (software dan hardware) !

Pengertian Software dan Hardware

Disini penulis akan menerangkan secara ringkas definisi dari kedua istilah tersebut, silahkan disimak dengan baik agar dapat memahaminya !

Perbedaan Software dan Hardware
Ilustrasi Software dan Hardware. [Pixabay]

Pengertian Software

Merupakan sekumpulan instruksi yang tidak dapat disentuh secara fisik yang dipasang (diinstal) ke hard drive komputer atau lainnya.

Ada dua jenis software yang dikenal pada saat sekarang ini, yaitu system software (perangkat lunak sistem) seperti sistem operasi dan juga application software (perangkat lunak aplikasi) seperti antivirus misalnya.

Pengertian Hardware

Merupakan komponen komputer yang dapat diraba, dirasakan, dipegang secara langsung, jadi ketika kamu bisa melihat perangkat komputer secara langsung "bendanya" maka itu dapat dikategorikan dengan hardware, seperti : keyboard, mouse, printer, scanner, monitor, cpu dan lainnya.

Adapun jenis dari hardware ini yaitu input, output, processing, storage, peripheral dan penjelasan lebih lengkap mengenai hardware, dapat ditelusuri lebih lanjut disini "Perangkat Keras Komputer atau Hardware Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi".

Perbedaan Software dan Hardware
Ilustrasi Hardware/ [Pixabay]


Jadi dapat kita simpulkan bahwasanya perbedaan signifkan di antara kedua jenis perangkat tersebut adalah hardware lebih kepada perangkat yang dapat disentuh secara fisik, sedangkan software lebih berorientasi kepada data yang tidak dapat disentuh secara fisik.

Hubungan Software dan Hardware

Kedua perangkat ini sebagaimana penulis sebutkan di awal, se-ibarat dwitunggal yang satu sama lain saling melengkapi dan membutuhkan, sebuah komputer tidak akan dapat beroperasi jikalau hanya ada hardware, begitu juga sebaliknya jikalau hanya ada software maka komputer tidak akan bisa beroperasi, terlebih jikalau komputer kamu tidak memiliki kedua perangkat ini (software dan hardware) maka komputer kamu bahkan akan bisa menjadi rongsokan yang tidak ada gunanya, intinya hubungan software dan harware keduanya tidak bisa bekerja dengan baik hanya dengan sendiri sendiri.

Contohnya saat menghidupkan komputer maka hardware perangkat komputer kita akan hidup lalu selanjutnya sistem operasi akan berjalan, maka sistem operasi inilah yang akan mengatur semua kinerja hardware dan software yang terdapat pada komputer kamu, maka dengan adanya kedua perangkat ini (software dan hardware) maka kita akan bisa memutar lagu yang mana nantinya suara yang di proses pada komputer akan diteruskan pada output berupa speaker sehingga kita akan dapat mendengarkan musik secara langsung melalui komputer.

Begitulah hubungan antara keduanya, jadi keduanya saling membutuhkan ketika kita mengoperasikan komputer.

Perbedaan Software dan Hardware

Dari pemaparan penulis tadi, sudah tentu diantara kamu ada yang langsung mengetahui perbedaan dari kedua perangkat ini, nah berikut penulis akan rangkumkan untuk kalian perbedaan software dan hardware.

Hardware Mempunyai Struktur Fisik, Software Tidak

Perbedaan yang paling mendasar antara kedua perangkat ini adalah dari segi fisiknya, sebagaimana kita baca di definisi tadi bahwa yang dimaksud dengan hardware merupakan suatu perangkat komputer yang bisa diraba, disentuh secara fisik langsung, sedangkan software tidak bisa.

Perbedaan Software dan Hardware
Ilustrasi Hardware. [Pexels]

Contohnya bisa langsung kita perhatikan di sekitar kita yaitu seperti monitor komputer yang pada saat ini berada di depan kamu, mouse dan juga keyboard yang kamu ketik, itu merupakan contoh dari perangkat hardware, sedangkan untuk perangkat lunak bisa kita lihat seperti browser internet yang pada saat ini kamu gunakan merupakan salah satu dari software.

Software Sebagai Jembatan Antara Hardware dan User

Lalu setelah itu software fungsinya lebih berorientasi kepada sebagai jembatan antara hardware dan user contohnya sistem operasi.

Software Merupakan Program yang Berjalan di dalam Hardware

Sebagaimana yang penulis telah sebutkan bahwasanya software merupakan kumpulan instruksi atau juga bisa disebut kode yang mana instruksinya ini terkadang melibatkan hardware.

Hardware Punya Daya Tahan

Hal tersebut dapat terjadi karena pada kenyataannya hardware tersebut dapat rusak yang mana beda halnya dengan software karena ia tidak mempunyai bentuk fisik sehingga software ini tidak memiliki masa pakai seperti halnya hardware.

Itulah artikel tentang "Apa Hubungan, Perbedaan Software dan Hardware Beserta Contohnya" semoga teman teman semua mendapatkan manfaat dari artikel yang penulis buat.

Posting Komentar untuk "Apa Hubungan, Perbedaan Software dan Hardware Beserta Contohnya"