Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka CMD di Laptop dengan Mudah

iterkini.web.id - Cara membuka cmd di laptop sangat perlu diketahui para pengguna laptop karena banyak hal pada perangkat kamu yang bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan cmd ini.

Membuka CMD di Laptop

Sebenarnya, cara membukanya di laptop maupun perangkat lain seperti komputer sama saja dengan yang akan mimin bahas kali ini, akan tetapi pada pembahasan kali ini mimin memberi batasan kepada laptop karena menurut mimin user laptop pada saat ini lebih banyak daripada komputer, 

Jadi pada artikel kali ini mimin akan memberikan tutorial membukanya pada laptop, akan tetapi jika kalian ingin mencobanya di komputer juga bisa, karena langkah-langkah membuka command prompt di komputer sepengetahuan mimin tidak jauh beda dengan membukanya di laptop.

Membuka cmd di windows, membuka cmd di laptop, cara membuka cmd

Cara membuka cmd yang paling lumrah dikenal user laptop atau komputer adalah dengan menggunakan tombol "Start" pada komputer, namun sebenarnya cara membukanya tidak terbatas dengan menggunakan itu saja, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuka cmd dengan cara yang cepat sehingga lebih efisien waktu dan praktis.

Fungsi Command Prompt

Mungkin ada di antara kalian yang masih bingung dengan fungsi dari cmd ini, jadi di antara fungsinya yaitu , dengannya, kamu bisa melakukan troubleshooting pada windows kalian jika ternyata ada kesalahan yang terdapat pada perangkat kalian, dan juga dengannya memungkinkan kita untuk melakukan eksplorasi terhadap windows kita secara mendalam dan juga memungkinkan kita untuk mengecek kualitas jaringan internet yang sedang kita gunakan.

Di samping hal postif tersebut, cmd ini juga bisa disalahgunakan dengan penggunaan negatif, yaitu untuk berbagai macam kepentingan seperti melakukan hacking maupun cracking seperti membobol wifi dan lainnya.

Jadi apa saja cara caranya ? berikut akan mimin lampirkan beberapa cara cepat membuka cmd yang bisa kamu gunakan untuk membuka command prompt di laptop :

Cara Membuka CMD di Windows 7, 8 ,10, 11  

Ada beberapa cara membuka command prompt windows 10, 7,8, 11 yang bisa kamu cobakan, di antaranya :

Cara Pertama

Untuk membukanya, maka ikutilah beberapa langkah berikut, perlu diketahui, membuka cmd di semua versi windows sepengetahuan mimin tidak jauh beda, jadi kalian bisa menggunakan cara di bawah ini ya :

  • Tekan tombol start pada windows
  • ketikkan tulisan "cmd"
  • Ketika muncul ikon aplikasi cmd, maka tekanlah 
Membuka cmd di windows, membuka cmd di laptop, cara membuka cmd
  • Maka command prompt pada windows kamu akan terbuka
Sebagaimana sebelumnya, cara ini juga bisa dilakukan di berbagai versi windows, jadi silahkan mencoba, jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan di dalam kolom komentar :
  • Pada keyboard kalian, tekan Windows Windows + R
  • Setelah muncul tab baru di sebelah kiri bawah monitor kalian, maka ketik "cmd"
Membuka cmd di windows, membuka cmd di laptop, cara membuka cmd

  • Setelah itu, sebagaimana pada gambar di atas, tekan "OK"
  • Maka otomatis command prompt akan terbuka di laptop kalian sebagaimana gambar di bawah
Membuka cmd di windows, membuka cmd di laptop, cara membuka cmd

Itulah 2 tutorial cara cepat buka cmd di laptop yang bisa kalian coba di windows kalian dengan mudah.

Semoga kalian bisa mengambil manfaat dari artikel yang mimin buat ini dan semoga mimin juga mendapat ilmu yang bermanfaat daripadanya.

Jika kalian mau tahu terkait info seputar berbagai macam tutorial dan teknologi lainnya bisa mengunjungi iterkini.

Daftar Isi

Posting Komentar untuk "Cara Membuka CMD di Laptop dengan Mudah"