Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Pintar Tanpa Belajar dengan Cepat

iterkini.web.id - Kamu ingin tahu bagaimana cara pintar tanpa belajar ? mungkin kedengarannya mustahil, akan tetapi banyak orang menginginkan hal tersebut, jadi apakah itu memungkinkan ?

Banyak orang menginginkan hal tersebut, karena ketika seseorang menjadi pintar, maka akan banyak manfaat yang bisa diperoleh, di antaranya peluang untuk memperoleh pekerjaan semakin lebih besar, dan tentunya ini sangat diinginkan bagi semua orang.

Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar

Hemat penulis bahwa menjadi pintar bisa diperoleh dengan 2 kondisi :

Pertama adalah bawaan, artinya kepintaran seseorang sudah diperolehnya sejak lahir, ini merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada beberapa orang yang diinginkan-Nya.

pintar dengan mudah, pintar dengan cepat

Kedua adalah usaha, artinya kepintaran bisa diperoleh seseorang melalui usahanya seperti dengan melakukan pembelajaran.

Nah dari dua kategori di atas sudah jelas kalau untuk menjadi pintar, seseorang harus memiliki salah satu di antara kedua hal tersebut.

Lalu, bagaimana dengan pintar tanpa belajar ? apakah memang ada ? 

Menurut hemat penulis, yang dinamakan dengan hal tersebut memang ada, akan tetapi hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang jenius saja, jika bagi orang biasa seperti kita, yang tidak termasuk kategori jenius, menurut penulis mustahil dan tidak mungkin terjadi.

Jadi, bagi kami yang orang biasa bagaimana cara pintar tanpa belajarnya dong min ? 

Jadi, yang perlu kita luruskan, banyak di antara masyarakat yang beranggapan istilah "belajar dan pintar" hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berada di bangku sekolah, padahal sebenarnya definisinya tidak sesempit itu, hanya saja salah satu cara untuk menjadi pintar yaitu belajar di sekolah, jadi sebenarnya belajar dan pintar tidak hanya dapat diperoleh dari sekolah, dengan belajar di alam pun kita bisa belajar dengan mengamatinya, jadi mari kita luruskan pemahaman kita tentang belajar dan pintar ini.

Bahkan sebenarnya dengan melihat sesuatu, otak kita belajar dengan cara mengamati lalu menyimpannya, akan tetapi banyak orang yang tidak sadar dengan hal ini, jadi jika ada seseorang yang bisa pintar tapi dia tidak pernah terlihat serius dalam belajar bukan berarti dia tidak belajar, akan tetapi orang tersebut tidak sadar dirinya sedang dalam proses belajar, ketidaksadaran tersebut bisa terjadi karena rasa nyaman, santai dan tidak merasa terbebani dengan cara belajar yang digunakannya, sehingga banyak informasi yang masuk ke dalam otaknya tanpa disadari.

Jadi bagaimana cara agar pintar tanpa belajar setelah kamu memahami konsep belajar dan pintar sebelumnya ? berikut akan penulis paparkan :

7 Cara Pintar Tanpa Belajar

Jadi setelah memahami konsep kedua istilah tersebut, berikut penulis akan paparkan beberapa kiat yang bisa kalian lakukan untuk menjadi pintar :

1. Sering Membaca Berita atau Menonton Siaran Berita / Kebudayaan

Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa cara ini merupakan salah satu di antara cara cepat pintar tanpa belajar, dengan membaca beragam berita atau menonton siaran berita maka akan dipastikan banyak ilmu yang bisa diambil.

Hemat penulis terkait dua metode ini, keduanya sangat efektif untuk meningkatkan wawasanmu di beragam segi topik keilmuan, dan juga perolehan informasi dari kedua media tersebut sangat mudah diperoleh zaman sekarang sehingga sedikit banyaknya cepat menyerap di otak, terutama bagi kamu yang suka membaca dan menonton berita, hal itu terjadi karena saat kamu membaca atau menonton dari kedua media tersebut tanpa ada rasa tekanan, nyaman serta bersifat santai, tentunya hal tersebut akan memudahkan otak untuk menerima informasi yang masuk dari luar.

belajar, pintar tanpa belajar,

Maka bagi kamu yang masih suka malas untuk membaca atau menonton berita atau siaran keilmuan lainnya, biasakanlah, karena sangat banyak ilmu yang bisa diperoleh dari kedua media tersebut sehingga tercapai tujuan awal kita tadi yaitu pintar tanpa belajar. 

Penulis di sini tidak menyuruh kalian membaca semua topik berita, akan tetapi cukup kalian pilih beberapa topik atau tema yang kalian suka sehingga kalian bisa dengan santai dan tanpa merasa tertekan ketika membaca dan menontonnya sehingga informasi dari keduanya lebih mudah masuk.

2. Bergaul dengan Orang Pintar

Di sini penulis tidak bermaksud untuk mengkotak-kotakkan teman, akan tetapi saran penulis agar dalam keseharian kalian lebih baik mengutamakan bergaul dengan orang pintar, metode ini menurut penulis termasuk metode efektik dalam rangka cara supaya cepat pintar tanpa belajar, karena ketika kita bergaul dengan orang pintar, maka sedikit banyaknya ilmu yang dimiliki orang tersebut bisa jadi mengalir kepada kita.

Ilmu yang dapat kita peroleh dari pergaulan dengan orang pintar ini biasanya menggunakan metode audio, yaitu salah satu metode penerimaan ilmu, dalam konteks ini yaitu ketika mengobrol.

Penulis sendiri sudah mencoba hal ini, dan ketika penulis bergaul dengan orang yang pintar tersebut, kebanyakan dari obrolan yang dibahas dengannya penuh dengan berbagai macam informasi, dan tentunya dari obrolan itu, sedikit banyaknya akan dapat kita tangkap apa inti dari yang diobrolkan, sehingga juga bisa menjadi referensi pada saat kita bicara nantinya, sehingga kita juga malah ikut-ikutan pintar, maka perbanyaklah berteman dengan orang pandai.

3. Momen Liburan Biasakan Pergi ke Tempat Baru

Bagi yang suka pergi liburan, mungkin cara inilah yang paling cocok digunakan dalam rangka cara supaya pintar tanpa belajar, terutama pada saat pergi berlibur, amatilah alam yang ada di sekitarmu, maka kamu akan dapat memperoleh berbagai macam informasi baru yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya, dan jangan lupa juga, pergilah liburan ke beragam tempat bersejarah, karena di tempat tersebut, tentunya akan banyak ilmu yang bisa diperoleh sembari kamu pergi berlibur.

Cara ini dapat membuat kamu menjadi pintar, bahkan pada saat kamu kembali ke rumah dan berkumpul bersama keluarga atau teman-temanmu, kamu akan bisa menjelaskan kembali tentang apa saja yang telah kamu temukan di sana, sehingga kamu bisa dikategorikan sebagai orang yang pintar.

4. Coba Mulai Menulis

Selanjutnya, bagi yang suka menulis daripada belajar, maka ini mungkin bisa menjadi cara biar pintar tanpa belajar. Maka cobalah kamu mulai menulis, karena ada di antara orang, dengan melakukan aktifitas menulis, akan bisa menemukan banyak hal yang sebelumnya belum diketahui, paling tidak bisa menambah wawasan keilmuan terkait tulisan yang sudah ditulis.

pintar dengan menulis, pintar tanpa belajar

Penulis sendiri sebenarnya orang yang tidak suka menulis, akan tetapi, karena didorong keinginan untuk mengetahui berbagai macam hal dari apa yang penulis tulis, maka penulis memutuskan mencoba untuk menulis, walaupun mungkin banyak keukurangan dari tulisan yang sudah dibuat, akan tetapi yang perlu penulis tekankan, cara ini juga sangat berpengaruh besar agar kamu menjadi pintar, penulis sendiri sudah merasakan sedikit banyaknya dampak dari aktifitas menulis ini, baik dari segi wawasan maupun pengetahuan lainnya.

5. Bermain Game

Banyak stigma masyarakat terutama orang tua bahwa bermain game merupakan perbuatan yang menghabiskan waktu, akan tetapi perlu ditekankan, tidak semua jenis permainan bersifat membuang-buang waktu.

Metode ini juga bisa menjadi cara agar kamu bisa menjadi pintar dengan mudah, akan tetapi usahakan memainkan game yang dapat mengasah kemampuan berfikirmu, seperti misalnya memainkan game strategy seperti catur, game tersebut sangat bermanfaat bagimu untuk mengasah otak dan juga menyokong pertumbuhan otak kamu, maka silahkan kamu memilah-milih game yang kamu anggap bisa menjadi media bagi kamu dalam pengembangan pengetahuanmu dan membuatmu menjadi pintar tanpa belajar.

6. Masuk Organisasi

Bagi kalian yang tidak suka belajar bisa mencoba berorganisasi, karena istilah "pintar" tidak hanya diperuntukkan bagi seorang yang memiliki pengetahuan dalam bidang teoritis saja, akan tetapi lebih jauh lagi termasuk di antaranya kemampuan praktis.

Dalam organisasi, akan membuatmu memperoleh lebih banyak lagi manfaat yang dapat membuatmu menjadi pintar, karena di dalam organisasi tidak hanya melatih kepintaran kemampuan praktis kita saja, akan tetapi juga melatih serta menambah wawasan keilmuan dengan melakukan berbagai macam diskusi.

Maka bagi kamu yang pada saat ini yang masih menyandang status mahasiswa, penulis sarankan untuk mencoba ikut dalam organisasi ini, baik organisasi masyarakat ataupun organisasi kampus, karena dari beberapa teman yang saya kenal, ada yang malas untuk masuk kelas ke kampus dan dikira orang dia bodoh, ternyata dalam organisasi, beliaulah ketuanya, jadi intinya ada orang yang lebih suka mengambil ilmu dengan cara berorganisasi daripada masuk ke dalam kelas.

7. Suka Bertanya

Maka ketika kalian ingin mengetahui suatu hal, jangan kalian abaikan, segera carilah jawabannya, contohnya suatu ketika kamu penasaran kenapa ada orang yang rajin dan ada orang yang malas, jadi langsung cari tahu jawabannya, bisa kamu cari dengan bertanya kepada orang terdekatmu, atau kamu juga bisa memanfaatkan teknologi yang ada, yaitu dengan mencari di search engine.

pintar dengan bertanya

Dengan banyak bertanya, serta mencari jawabannya tentunya kamu akan semakin banyak tahunya, sebanding dengan hal itu ketika ada adik atau temanmu yang sering bertanya, jangan marahi dia, berilah jawaban terhadap pertanyaan yang ditanyakan, karena mana tahu, dengan jawaban yang kamu berikan kepadanya, akan dapat mengubah kehidupannya mendatang.

Itulah beberapa cara pintar tanpa belajar yang dapat dipraktikkan di rumah, semoga kamu semua bisa menjadi orang pintar sebagaimana yang kamu harapkan, terutama diri penulis sendiri.

Posting Komentar untuk "7 Cara Pintar Tanpa Belajar dengan Cepat"