Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya Agar Awet dan Tahan Lama

Daftar Isi

iterkini.web.id - Bagi kalian yang sedang bingung mengenai jenis bahan sepatu apa yang cocok untuk menemani keseharian kalian dalam menjalani aktivitas, maka disini penulis akan membantu kalian untuk mengidentifikasi lebih dalam mengenai jenis bahan sepatu yang biasa diproduksi di pasaran, serta memberikan wawasan umum kepada para pembaca dengan membahas artikel berjudul "5 Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya Agar Awet dan Tahan Lama".

Sepatu 

Sepatu merupakan bagian dari kategori fashion yang sangat diperhatikan banyak orang, terutama tentunya 'Kalian' yang sedang membaca artikel ini.

bahan sepatu
Ilustrasi Sepatu. [Pexels]

Pada zaman sekarang, tidak hanya tas, jaket, pakaian serta dompet saja yang diproduksi dari bahan yang beragam, lebih jauh lagi sudah merambat sampai ke ranah sepatu, yang mana dengan macam ragam bahan ini dapat membuat keseharian kita menjadi lebih elegan dan fashionable.

Tidak hanya dianggap sebagai pelindung kaki dari benturan yang dapat terjadi dengan benda keras atau tajam, akan tetapi pada zaman sekarang sepatu lebih jauh lagi digunakan untuk menunjukkan identitas diri seseorang, di samping dengan sepatu, seseorang dapat menunjukkan bagaimana seleranya dalam berpakaian.

Akan tetapi, sebagaimana yang telah penulis sebut di atas, nyatanya sepatu yang beredar di pasaran pada saat ini berasal dari beragam macam bahan, maka tidak serta merta setiap jenis bahan dipakai di berbagai situasi kondisi, akan tetapi tentunya melihat dari segi kenyamanan dan aktivitas serta untuk tujuan apa sepatu tersebut digunakan, karena jikalau kalian membeli sepatu dengan jenis bahan yang tidak sesuai atau mendukung aktivitas yang ingin kalian lakukan, akan berdampak pada kenyamanan kita serta tingkat ketahanan sepatu kalian sendiri.

Jenis Bahan Sepatu 

Berikut penulis akan membahas tentang jenis bahan kulit sepatu yang tersebar dipasaran serta cara perawatannya.

Kulit Asli (Genuine Leather)

Sepatu yang memiliki bahan kulit ini biasanya berasal dari kulit hewan seperti kulit sapi, domba, kambing dan lainnya, dan jenis sepatu berbahan ini biasanya dikategorikan kepada sepatu berkelas premium, sehingga di pasaran, sepatu berbahan jenis kulit dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, terlebih jika sepatu tersebut dengan tangan manusia secara langsung (handmade).

bahan sepatu kulit
Ilustrasi Kulit Asli. [Magetansepatu]

Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat kualitas yang ditawarkan sepatu berbahan kulit ini memang lebih baik dibandingkan dengan sepatu berbahan lain, terutama sepatu ini cocok untuk dipakai jangka panjang karena kulitnya tahan lama, juga sepatu berbahan ini biasanya lebih fleksibel dan elastis ketika dipegang atau direnggangkan sehingga kalian tidak perlu takut nantinya akan sobek.

Adapun karakteristik sepatu dengan jenis ini biasanya tekstur permukaannya agak kasar, beda dengan kulit sintetis yang permukaannya biasa dibuat lebih licin dan rata dan karena berasal dari kulit hewan maka kadang warna dan tekstur dari kedua sepatu tampak tidak sama.

Jenis Bahan Sepatu
Ilustrasi Sepatu Kulit. [Pexels]

Perawatan :
Dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan oleh sepatu berbahan kulit ini, agar menjaga sepatu tetap tahan dan awet maka memerlukan perawatan khusus, yaitu usahakan untuk menyimpan sepatu ini di tempat yang benar-benar kering, karena jika diletakkan di tempat yang sekiranya lembap, maka nantinya akan dapat menimbulkan bercak berwarna abu atau putih di permukaan sepatu, selanjutnya  untuk membersihkannya cukup menggunakan kain lembap dengan dibasahi sedikit air, pakai semir secara berkala untuk menjaga warna sepatu agar tetap baik dan gunakan sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sulit disemir.

Kulit Sintetis (Faux Leather)

Bagi kalian yang kekurangan budget untuk membeli sepatu dengan bahan kulit asli maka solusinya kalian bisa membeli yang berbahan sintetis karena harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga sepatu berbahan kulit asli.

Sepatu ini biasa juga disebut dengan sepatu imitasi yang mana dibuat dari campuran bahan kain dan bahan kimia, adapun untuk mengenali sepatu dengan jenis bahan ini sebagaimana yang juga sudah penulis sebutkan tadi bahwasanya sepatu berbahan ini dapat diidentifikasi dengan melihat tekstur dari permukaan sepatunya, yaitu biasanya dibuat licin dan mengkilap.

Terkait kulit sintetis ini, di pasaran ada dua jenis kulit sintetis yang tersebar : PU dan PVC

Adapun PU adalah bahan kulit sintetis yang berasal dari campuran Polyurethane (yaitu campuran karet dan plastik) dan kulit asli adapun kualitas sepatu yang dihasilkan dari sepatu berbahan ini lumayan kuat akan tetapi tidak sampai menyamai dengan sepatu berbahan kulit asli, dan sepatu yang menggunakan bahan ini lebih mahal sedikit dari sepatu berbahan PVC.

PVC yaitu bahan yang terbuat dari kombinasi dari dua bahan, yang umumnya hasil dari sepatu bahan ini berteksur kaku dan keras dan licin serta mengkilap.

Perawatan :
Adapun cara perawatan sepatu dengan bahan kulit sintetis ini di antaranya jangan pernah memakai detergen jika sepatu kotor, sikatlah permukan sepatu secara perlahan dengan menggunakan kain lembap, lalu jika sepatu berada dalam keadaan basah seperti kehujanan, maka jangan terus dikenakan, jemurlah sepatu kalian sampai kering terlebih dahulu sebelum digunakan, karena jika tetap dikenakan dikala basah akan dapat berakibat kulit sepatu akan rusak atau mengelupas.

Kanvas 

Untuk bahan ketiga ini merupakan bahan yang sangat digemari oleh para remaja, sepatu berbahan ini punya karakteristik berserat dan ringan serta berkesan kasual yang cocok dipakai santai, sehingga dapat juga dipakai di berbagai macam kondisi baik formal dan informal.

Nilai plus untuk sepatu berbahan ini karena mudahnya modifikasi jika ingin dilakukan, akan tetapi sepatu ini mudah kotor terutama diakibatkan oleh becek, hal tersebut karena bahan kain yang terdapat pada sepatu memiliki daya serap tinggi, oleh karena itu harus berhati-hati dengan air, akan tetapi perlu juga diingat bahwa pembersihan sepatu ini juga mudah untuk dilakukan.

Sepatu Kanvas
Ilustrasi Sepatu Canvas. [Pexels]

Perawatan :
Jika sepatu kotor, maka dicuci secara manual tanpa menggunakan mesin cuci karena sepatu ini rentan rusak dan gunakan sikat yang berbulu halus atau lap lembut yang dipakai untuk membersihkan sepatu, dan terakhir, jika ingin mengeringkan sepatu jangan langsung terkena sinar matahari atau memakai hairdryer karena dapat merusak sepatu, oleh karena itu lebih baik menunggu kering dengan angin-anginnya saja.

Kulit Suede

Bahan ini bisa dikategorikan kepada bahan sepatu yang mewah karena kesan yang diberikan oleh sepatu berbahan ini yang menawan terutama bahan lembut lembut yang ditampilkan, bahan ini berasal dari bagian dalam kulit hewan yang telah disamak.

Sepatu Suede
Ilustrasi Sepatu Suede. [Pexels]

Perawatan :
Dibalik mewahnya kesan yang diberikan oleh sepatu ini, kita harus memberikan perawatan ekstra kepadanya, sepatu berbahan ini sangat rentan terhadap air, minyak dan sejenisnya oleh karena itu harus berhati-hati ketika membersihkannya dan disarankan membeli sikat khusus dan juga memakai remover khusus untuk membersihkan noda yang terdapat pada sepatu ini.

Denim

Bahan ini berasal dari Eropa dan bertekstur lembut, memang umumnya bahan denim ini digunakan untuk membuat pakaian, seperti celana jeans, akan tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata bahan denim ini sangat cocok untuk menjadi bahan produksi sepatu dan mulai banyak peminatnya, sehingga pada saat ini mulai marak sepatu dengan menggunakan bahan ini yang warnanya umumnya biru, hitam dan abu-abu.

Sepatu dengan menggunakan bahan ini biasanya digunakan untuk membuat sepatu jenis sneaker.

Sepatu denim
Ilustrasi Sepatu Denim. [Pexels]

Perawatan : 
Perawatan sepatu ini cukup mudah, dan kurang lebih hampir mirip dengan sepatu bahan canva, kalian bisa menggunakan sikat berbulu halus, air hangat dan detergen untuk membersihkan kotoran yang melekat di permukaannya.

Demikian artikel tentang "5 Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya Agar Awet" semoga para pembaca dan penulis dapat menambah wawasannya dari artikel ini.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya Agar Awet dan Tahan Lama"