Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperluas Jaringan Wifi Tetangga atau Rumahmu Serta Fungsi Repeater Pada Jaringan

Daftar Isi

iterkini.web.id - Anda punya akses jaringan wifi di kantor ? atau lantai bawah rumah ? akan tetapi perangkat Anda tidak bisa menangkap jaringan wifi tersebut karena keterbatasan jarak jangkauan jaringan wifi atau perangkat Anda ? atau apakah Anda mengetahui kata sandi jaringan wifi tetangga yang jaraknya lumayan dekat (diminta ya bukan dicuri) akan tetapi karena keterbatasan jarak, Anda tidak dapat mengakses jaringan wifi tersebut langsung dari rumah ?  disini penulis akan mengupas terkait bagaimana menyiasati hal tersebut dengan artikel berjudul "Cara Memperluas Jaringan Wifi Tetangga atau Rumahmu Serta Fungsi Repeater Pada Jaringan".

Repeater Wifi
Ilustrasi Repeater. [Indonesianet]

Permasalahan ini sebenarnya merupakan permasalah kecil, karena jika Anda sudah mengetahui satu perangkat ini, maka Anda dijamin tidak akan mengeluh lagi tentang persoalan jaringan wifi yang sering lola ketika mengakses website disebabkan jauhnya perangkat Anda dari sumber jaringan wifi.

Ahh. Jaringan Wifi Ini Lelet Sekali !!

Pusing
Ilustrasi Pusing. [Pexels]

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa jika sebuah perangkat berada jauh dari sumber jaringan wifi, terlebih lagi jika misalnya di kantor yang ruangannya memiliki banyak sekat, tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kualitas jaringan wifi yang diakses di perangkat, maka hasilnya jaringan wifi yang dipakai akan menjadi lelet, bahkan tak jarang ketika mengakses pencarian google dengan memakai jaringan wifi yang sumbernya jauh dari perangkat malah tidak bisa terbuka sedikitpun, tentunya ini terkadang membuat kita menjadi jengkel.

Jaringan Wifi
Simbol Kekuatan Jaringan Wifi

Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan ketika jaringan wifi yang kita pakai tersebut lemah sebab keterbatasan jangkauan, namun pada kali ini penulis ingin memfokuskan pembahasan mengenai salah satu perangkat minimalis dan praktis digunakan yang sangat bermanfaat bagi kita yang bermasalah dengan keterbatasan jangkauan jaringan wifi yaitu perangkat repeater atau perangkat ini di lain kesempatan juga sering disebut dengan range extender.

Perangkat ini sangatlah simpel untuk digunakan, dan harga perangkatnya pun bervariasi, dan untuk yang termurah pada saat ini, ada yang dijual seharga 60 ribuan, namun perlu diingat "ada harga ada kualitas" namun pada intinya tentu hal tersebut dikembalikan lagi pada isi dompet kita masing-masing.

Wifi Repeater / Range Extender

Secara bahasa kata repeater ini berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti pengulangan/mengulang, yang mana kalau dikaitkan dengan perangkat wifi ini yaitu perangkat yang berfungsi untuk menerima dan memperluas jaringan wifi.

Repeater wifi
Repeater Wifi

Jadi, syarat utama untuk menggunakan perangkat ini adalah jaringan wifi, yang nantinya akan ditangkap oleh perangkat repeater, kemudian disebarkan kembali.

Manfaat Menggunakan Wifi Repeater

Perangkat ini memiliki berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh hanya dengan satu perangkat kecil, jadi apa saja manfaat yang bisa diambil ? berikut uraiannya :

Memperluas Jangkauan Wifi

Cara Memperluas Jaringan Wifi

Inilah fungsi utama dari perangkat ini, yaitu untuk memperluas jangkauan wifi yang tidak tercover oleh router. Ini merupakan fungsi paling penting dari perangkat ini, dengan fungsi ini, maka wilayah yang sekiranya lemah atau tidak tercakup oleh jangkauan wifi, akan bisa memperoleh jaringan wifi bahkan jangkauannya akan dapat meluas tergantung dengan jarak repeater yang dipakai.

Memperkuat dan Memaksimalkan Kinerja Jaringan Wifi

Di samping memperluas jangkauan, perangkat ini juga berfungsi untuk memperkuat dan memaksimalkan jaringan wifi di daerah yang pada mulanya tidak tercakup jangkauan wifi, Anda bahkan dapat memperluas wifinya ke beberapa rumah dengan menggunakan beberapa  repeater jikalau Anda berniat.

Menstabilkan Jaringan Wifi

Jikalau kita gambarkan, seandainya Anda tidak memakai repeater ini di rumah atau kantor Anda, maka jaringan wifi yang dapat Anda akses jikalau jarak antara perangkat dan jaringan wifi cukup jauh pastinya akan lemah dan Anda pasti akan berupaya untuk mencari tempat yang tepat agar memperoleh jaringan wifi yang stabil, bahkan tak jarang orang-orang rela duduk di luar rumah agar jaringan wifi yang diincar dapat terjangkau atau ada juga yang rela diam di tempat agar jaringan wifi tersebut stabil, maka dengan adanya perangkat repeater ini kita pastinya akan mendapatkan akses jaringan wifi yang lebih stabil tanpa perlu mencari "tempat yang tepat" sebagaimana yang penulis katakan sebelumnya.

Lebih Praktis No Ribet

Kepraktisannya dapat dilihat dari segi alat-alatnya, yaitu jika dibandingkan dengan metode perluasan wifi lainnya seperti menggunakan kabel, maka itu akan membuat lebih ruwet lagi karena memerlukan modal untuk membeli kabel dan itupun jaringan yang disambungkan melalui media kabel tersebut biasanya hanya bisa diakses oleh perangkat yang disambungkan kepada kabel tersebut sedangkan perangkat repeater ini, dengan modal sekali beli saja, maka akan dapat diakses oleh perangkat manapun dan jumlah berapapun sesuai keinginan kita dengan menggunakan wireless sehingga lebih memuaskan.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Waktu itu penting
Ilustrasi Jam. [Pexels]

Dengan keberadaan repeater ini, maka tentunya akan mempermudah dan menghemat waktu kita berselancar di internet, beda halnya jika kita memakai jaringan wifi yang cukup jauh dari sumbernya, tentunya saat kita mengakses internet akan disibukkan dengan menunggu loading yang kian lama tak kunjung selesai dan permasalahan lainnya. 

Begitu juga tenaga, sebagaimana yang penulis sebut sebelumnya pada poin 3 bahwasanya kebanyakan orang mencari posisi yang tepat agar jaringan wifi yang ditangkap perangkat menjadi lebih kuat, yang tentunya aktivitas ini akan memerlukan tenaga lebih.

Menjadi Alternatif Router

Router
Ilustrasi Router. [Pexels]


Yaitu ketika router rusak, maka repeater ini di samping menjadi penyebar wifi juga dapat difungsikan sebagai acces point, akan tetapi ini tergantung dengan repeater yang Anda gunakan, apakah mendukung AP atau tidak.

Demikianlah artikel mengenai "Fungsi Repeater Sebagai Alternatif Penguat Sinyal Wifi Rumah dan Kantor" semoga dapat memberikan manfaat bagi saya pribadi dan para pengunjung.

Posting Komentar untuk "Cara Memperluas Jaringan Wifi Tetangga atau Rumahmu Serta Fungsi Repeater Pada Jaringan "