Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

iterkini.web.id - Mata merupakan bagian dari panca indra manusia yang memiliki fungsi vital, sebagaimana yang kita ketahui, aktivitas harian kita sebagai manusia bisa dikatakan tidak pernah luput dari yang dinamakan organ mata seperti digunakan pada saat bekerja, belajar dan bermain, itu semua melibatkan fungsi mata.

Daftar Isi

Menjaga kesehatan mata
Ilustrasi Mata. [Pexels]

Banyak orang yang lupa akan pentingnya menjaga kesehatan mata, mereka lupa bahwa mata termasuk 5 panca indra yang sangat dibutuhkan oleh manusia, yang dengan mata itu juga sehingga membuat manusia bisa menyaksikan keindahan alam semesta terutama alam yang ada di sekitar kita, maka karena begitu pentingnya fungsi mata dalam kehidupan manusia, kita harus menjaga mata agar tetap sehat dan tidak memiliki masalah walau seiring bertambahnya usia.

Berikut akan penulis paparkan artikel mengenai "Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit".

Mata Yang Sehat

Merawat mata agar tetap sehat merupakan sebuah keharusan bagi setiap orang yang ingin menjalani kehidupan yang baik, terutama bagi yang ingin menggunakan mata dengan jelas tanpa minus dan nyaman, mengingat karena seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia maka fungsionalitas tubuh manusia termasuk di dalamnya mata akan mengalami penurunan.

Menjaga kesehatan mata
Ilustrasi Mata. [Pexels]

Kesehatan mata adalah tanggung jawab diri kita masing-masing, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mata kita tetap sehat dan berfungsi dengan semestinya dan agar terhindar dari berbagai macam gejala serta penyakit yang mengganggu fungsi mata seperti katarak, minus, glaukoma dan lainnya.

Lalu bagaimanakah cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat menimpanya ? berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami yang dapat kita lakukan !

Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Kesehatan mata sangat penting dijaga setiap manusia, dan berikut beberapa cara yang telah penulis kumpulkan untuk menjaga kesehatan mata, :

1. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Gadget (Komputer, HP dan lainnya)

Menjaga kesehatan mata
Ilustrasi Menatap Layar. [Pexels]

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, terlebih bagi seorang pekerja kantoran yang waktunya mayoritas dihabiskan di depan monitor, ketika seseorang menatap layar monitor dalam jangka waktu yang panjang, berpotensi menyebabkan mata menjadi kering dan tegang, maka usahakan ikutilah "aturan 20" yaitu dengan mengistirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit melihat monitor, serta melihat objek selain gadget dengan jarak sekitar 20 feets atau 6 meter sehingga mata tidak tegang, dan usahakan juga setiap 2 jam kalian mengistirahatkan mata selama 15 menit, kiat-kiat ini tujuan utamanya adalah menjaga mata agar tidak minus atau pengelihatan menjadi kabur karena kelamaan melihat layar monitor. 

Satu tips untuk kalian yaitu agar mata tidak kering, kalian bisa mengedipkan mata lebih sering dari biasanya.

2. Menjaga Mata dari Terpaan Sinar UV

Terutama ketika kita sedang berada di luar ruangan, kita bisa menggunakan kacamata hitam untuk menjaga mata kita dari terpaan sinar UV, karena efek yang dapat ditimbulkan kepada mata sangat fatal, yang terparah dapat menyebabkan kerusakan retina pada mata dan juga dapat memicu penyakit berbahaya lainnya pada mata seperti penyakit katarak.

Ini semestinya patut diperhatikan ! karena informasi yang beredar di masyarakat bahwa katarak ini biasanya hanya menyerang orang tua berusia 60-an akan tetapi kenyataannya ternyata penyakiti ini dapat diderita seseorang walau belum berusia 60-an jika matanya sering terpapar sinar UV.

3. Bersihkan Mata Setelah Makeup

Menjaga kesehatan mata
Ilustrasi Bermakeup. [Pexels]

Ini juga termasuk cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat, yaitu dengan cara rutin membersihkan mata setelah memakai makeup, terutama makeup yang digunakan pada area sekitar mata.

Cara membersihkannya kalian bisa menggunakan beberapa hal ini :

  • Produk bayi seperti shampoo yang digosok misalnya pada area bulu mata, akan tetapi perlu diingat jangan menggunakan terlalu banyak shampoo karena ditakutkan malah mengakibatkan iritasi pada mata, atau jika kalian mempunyai kulit yang sensitif bisa menggunakan tisu bayi karena zat kimia yang dikandungnya lebih ringan dari shampoo.
  • Minyak zaitun, aprikot dan matahari juga bisa digunakan sebagai media untuk menghapus sisa-sisa makeup yang ada di sekitaran mata karena dapat menghapus dengan lembut, dan kelebihan menggunakan bahan ini, di samping sebagai penghapus sisa makeup juga dapat melembapkan dan membuat mata menjadi lebih tenang.
  • Produk khusus untuk menghapus makeup.

4. Jangan Biasakan Membaca di Tempat yang Gelap !

Ini sangat sering dilakukan terutama oleh para remaja, maka bagi kalian yang masih remaja atau muda janganlah melakukan kegiatan membaca di tempat gelap lagi ! karena saat membaca di tempat yang gelap akan membuat otot mata bekerja lebih keras agar dapat menyesuaikan pengelihatan dengan keadaan cahaya yang minim.

5. Cuci Tangan Sebelum Memegang Mata 

Memegang mata biasanya dilakukan ketika ingin memakaikan lensa kotak, maka cara terbaik yang mesti dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kalian adalah dengan mencuci tangan sebelum mulai memegangnya agar terhindar dari infeksi.

Adapun sabun yang digunakan memang tidak ada aturan khusus, akan tetapi disarankan agar memakai sabun antiseptik agar tangan lebih bersih.

6. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Menjaga kesehatan mata
Ilustrasi Buah dan Sayur. [Pexels]

Di samping menghindari dan melakukan beberapa hal sebagaimana yang telah penulis jelaskan sebelumnya, cara merawat mata agar sehat akan menjadi lebih maksimal lagi jika dibarengi dengan pemenuhan gizi yang berkaitan dengan kesehatan mata itu sendiri, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C seperti yang terdapat pada buah tomat dan alpukat yang dapat menghindarkan mata dari penyakit katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Adapun pada sayuran, seperti pada wortel yang sering kita kaitkan dengan makanan kelinci, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, terutama karena limpahan vitamin A yang terkandung di dalamnya yang berperan penting untuk menjaga mata agar tetap tajam.

7. Berhenti dan Hindari Asap Rokok

Menjaga kesehatan mata
Ilustrasi Asap Rokok. [Pexels]

Selain dapat merusak paru-paru dan mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya, mata juga bisa memperoleh dampak dari rokok ini, yaitu jika sering terkena asap rokok akan berpotensi menyebabkan timbulnya katarak, yang tentunya ini sangat tidak ingin kita alami, maka usahakan berhenti merokok, atau bagi kamu yang tidak merokok usahakan menjauhi asap rokok.

Demikianlah "7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit" tips menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai macam penyakit, sudah semestinya kita sedari dini menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan mata, karena jika mata sudah rusak, maka nantinya pasti kita akan menyesal karena sebelumnya tidak mempergunakannya dengan baik, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan penulis sendiri.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit"