Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Roti Tawar dan Kekurangannya Dalam Kesehatan Tubuh

iterkini.web.id - Sarapan merupakan rutinitas harian yang sangat penting untuk memenuhi asupan gizi seseorang, dan juga hal ini perlu dilakukan untuk mengisi energi kita sebelum menjalankan berbagai macam aktivitas yang akan dilakukan selanjutnya.

Daftar Isi

Roti Tawar

Manfaat Roti Tawar
Ilustrasi Roti Tawar. [Pixabay]

Maka salah satu menu sarapan yang biasa dikonsumsi seseorang di pagi hari adalah roti tawar, yang mana roti ini selain mudah diperoleh karena harganya yang murah, disamping itu juga persiapannya sangatlah praktis tanpa membutuhkan tenaga yang banyak, oleh karena itu bagi seorang ibu utamanya, yang memiliki waktu yang cukup terbatas untuk mempersiapkan menu sarapan pagi, maka lebih memilih cara praktis dan bergizi yaitu dengan menyiapkan menu roti yang dapat dimakan secara langsung atau dengan tambahan topping di atasnya dengan menggunakan selai atau lainnya.

Selain menjadi menu utama sarapan orang barat, sarapan mengkonsumsi roti ini juga diminati oleh orang Indonesia.

Tahukah ? 4 Manfaat Roti Tawar dan Kekurangannya Dalam Kesehatan Tubuh 

Namun tahukan kalian, kenapa roti menjadi salah satu menu sarapan pilihan orang tua ? Apakah memang benar bahwa roti ini sangat bermanfaat untuk asupan gizi seseorang dan dapat memberikan energi untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas seharian ? berikut ini penulis akan memaparkan fakta-fakta mengenai roti ini.

Manfaat Roti Tawar 

Manfaat Roti Tawar
Ilustrasi Roti Tawar. [Pixabay]

Dapat Menambah Tenaga 

Walaupun ukurannya kecil, akan tetapi perlu diingat bahwasanya dengan kandungan karbohidrat tinggi yang dikandung oleh makanan ini yang mana nantinya akan membantu produksi tenaga di dalam tubuh.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Disamping itu juga baik untuk kesehatan tulang karena roti tawar ini mengandung kalsium yang baik untuk menjaga pekembangan serta pertumbuhan tulang dan gigi utamanya.

Mengandung Asam Folat 

Yang mana kandungan ini sangat baik bagi seoarang ibu yang sedang melahirkan karena dapat berefek menghindari cacat bayi pada saat lahir, dan juga dengan keberadaan kandungan asam folat ini akan meningkatkan produksi sel darah merah sehingga juga dapat menghindarkan diri dari penyakit anemia.

Mengandung Prebiotik

Kandungan ini biasanya terdapat pada makanan yang intensitas seratnya tinggi, kandungan prebiotik ini bermanfaat untuk menjaga jumlah bakteri baik yang ada di dalam tubuh agar tetapi selalu terjaga.

Kekurangan Mengkonsumsi Roti Tawar

Dibalik berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh roti tawar ini, tentunya mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan akan memberikan dampak buruk, di antaranya.

Sehatkah Mengkonsumsi Roti Tawar Setiap Hari ?

Jawabannya tidak, karena dengan mengkonsumsi roti tawar setiap hari, maka potensi gizi yang bisa kita peroleh dari menu makanan lain tentunya tidak akan bisa kita dapatkan, dan malahan dengan memakannya setiap hari tidak baik untuk berat badan kita.

Roti Tawar Kaya Akan Serat, Tidak Nutrisi

Secara umum, roti memang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita, baik itu kandungan karbohidrat, Vitamin B, kalsium, folat dan lain sebagainya, akan tetapi perlu dicatat, bahwa nutrisi-nutrisi ini hanya dalam kadar yang sedikit !

Sebaliknya, roti tawar ini kaya dengan kandungan serat, yang mana salah satu fungsinya untuk membuat kita kenyang lebih cepat ketika makan.

Maka jika kita simpulkan, ketika di pagi hari kita melakukan sarapan dengan menu utama yaitu roti maka yang akan terjadi adalah kita memang merasakan kenyang setelah memakan roti tersebut karena kandungan serat yang dikandungnya mempunyai intensitas yang tinggi, adapun dari segi nutrisi yang kita peroleh tentunya akan terbatas hanya sedikit saja, sedangkan untuk melakukan aktivitas seharian misalnya, tentunya memerlukan nutrisi yang banyak sebagai asupan energi.

Jadi apa solusi yang tepat untuk mencukupi kekurangan nutrisi yang dimiliki oleh roti tawar tersebut ? selain beralih kepada makanan yang lebih bergizi kalian bisa mencoba untuk mengkonsumsi roti gandum sebagai sarapan di pagi hari, karena roti gandum ini memiliki lebih banyak kandungan nutrisi, dikutip dari halodoc.com menyatakan bahwasanya sehelai roti gandum mengandung protein sebanyak 5 gram.

Roti Tawar Memiliki Kadar Kalori dan Karbohidrat yang Tinggi

Manfaat Roti Tawar
Ilustrasi Kalori Roti. [Pixabay]

Tentunya bagi seseorang yang sedang menjalani diet dengan tujuan mengurangi berat badan sangat menghindari kedua jenis makanan tersebut terutama roti gandum yang punya intensitas kalori yang tinggi.

Yang perlu untuk diingat bahwasanya mengkonsumsi makanan tinggi kalori dibanding yang dibakar tentunya akan menyebabkan berat badan semakin bertambah.

Menggunakan Zat Pemutih

Agar roti tampak cerah, maka digunakan pemutih untuk menutupinya, dan sudah barang tentu hal ini akan dapat membahayakan kesehatan, sekalipun di beberapa wilayah pada saat ini, sudah mulai digalakkan aturan pelarangan menggunakan zat pemutih ini pada makanan.

Demikianlah artikel "4 Manfaat Roti Tawar dan Kekurangannya Dalam Kesehatan Tubuh" semoga para pembaca dan penulis sendiri dapat paham dan mengabil manfaat dari artikel ini.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Roti Tawar dan Kekurangannya Dalam Kesehatan Tubuh "