Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Makan Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh Pria dan Wanita

iterkini.web.id - Siapa sih yang nggak kenal dengan buah pisang, buah yang memiliki karakteristik kulit berwarna kuning dan mempunyai rasa yang manis ini merupakan buah yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat manapun, dan jika kita perhatikan, baik itu di kedai-kedai modern maupun kedai tradisional bisa dikatakan jarang yang tidak menawarkan buah pisang ini, terutama di wilayah Indonesia.

Daftar Isi

Manfaat Pisang
Ilustrasi Pisang. [Pexels]

Selain karena mudahnya untuk diperoleh, buah pisang ini juga banyak dinikmati masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, sekalipun pemakan buah ini kerap kali disama-samakan dengan monyet, namun kalian sadar nggak sih, dibalik harga murah dan mudahnya buah ini diperoleh, buah ini mempunyai banyak sekali manfaat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita jika dimakan dalam kadar yang cukup.

Buah Pisang

Manfaat Pisang
Ilustrasi Pisang. [Pixabay]

Pada awalnya, pisang ini termasuk kepada tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara, lalu tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Buah pisang mempunyai segudang manfaat dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita, seperti khasiatnya  pada kesehatan jantung dan mengatasi berbagai masalah pada saluran pencernaan seperti diare.

Buah pisang ini memiliki berbagai macam kandungan nutrisi di antaranya : Vitamin A, B dan C, Magnesium, Kalium, Protein, Karbohidrat.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh Jurnal Food Science and Technology Research pisang yang memiliki kualitas terbaik adalah pisang berwarna kuning dan punya bintik-bintik hitam, dan pisang dengan kriteria tersebut dinilai lebih baik dalam peningkatan kinerja sel darah putih dibandingkan pisang tanpa kriteria tersebut yang mana sel darah putih mempunyai peran penting dalam melawan bakteri, infeksi dan lainnya.

Manfaat Buah Pisang 

Buah pisang dapat dinikmati dengan menggunakan berbagai macam cara pengolahan, baik itu dimakan langsung, digoreng, dikukus, dibakar dan lainnya, namun taukah kalian bahwa manfaat buah pisang ini sangat banyak ? berikut penulis akan menjelaskannya satu persatu :

1. Dapat Melakukan Diet Alami

Diet
Ilustrasi Diet. [Pexels]

Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki intensitas serat yang tinggi, oleh karena itu, sebagai salah satu buah yang memiliki kadar serat yang tinggi, buah pisang ini punya peran penting ketika kita melakukan diet.

Untuk diketahui bahwasanya salah satu fungsi dari serat yaitu memperlambat proses pencernaan makanan, oleh karena itu ketika kita memakan pisang secara teratur, maka kita akan merasakan kenyang lebih lama sehingga jumlah makan kita tentunya akan berkurang dari biasanya, oleh karena itu, kandungan pisang yang kaya akan kandungan serat ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan kita.

Dan juga kandungan lemak pada buah ini bisa dibilang rendah bahkan karena indeks glikemiknya yang rendah menyebabkan karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah ini tidak akan meningkatkan gula dalam darah secara signifikan.

Baca Juga : 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

2. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Ginjal

Sakit Ginjal
Ilustrasi Sakit Ginjal. [Alodokter]

Buah pisang mengandung zat Potasium yang dapat menjaga fungsi ginjal sehingga lebih sehat dan terhindar dari resiko terserang penyakit ginjal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Pisang berukuran sedang setidaknya mengandung 320-420 mg kalium, yang dapat menjaga kesehatan jantung dari serangan penyakit, dan juga pisang mengandung sodium yang bermanfaat untuk mengontrol darah tinggi.

Sakit Jantung
Ilustrasi Sakit Jantung. [Republika]

4. Dapat Melancarkan Saluran Pencernaan

Dengan kandungan serat dan kandungan metabolisme yang dikandung oleh buah ini, maka zat ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan seperti sembelit, kembung.

Baca Juga : 9 Kebiasaan Sederhana Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Tidak Bau dan Berlubang dan Terhindar dari Penyakit

Saluran Pencernaan
Ilustrasi Pencernaan. [Google]

5. Menjauhi Anemia

Menjauhi Anemia
Ilustrasi Anemia. [Ciputra Hospital]

Ini merupakan khasiat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi buah pisang, karena pisang sendiri mengandung zat besi, karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi maka kalian akan mendukung pembentukan hemoglobin atau sel darah merah pada tubuh kalian sehingga dapat menjauhi resiko anemia seperti sesak nafas, kulit pucat dan lainnya.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat kulit pisang ini tidak terbatas hanya pada kesehatan tubuh bagian dalam saja, akan tetapi juga tubuh bagian luar di antaranya dapat merawat kesehatan muka khususnya bagi kamu yang mengalami masalah dengan jerawat maka dapat dihilangkan dengan menggunakan kulit pisang dengan cara menempelkannya pada bagian bekas jerawat maka setelah beberapa minggu pasti akan dapat dilihat perbedaannya.


Demikian artikel ini "6 Manfaat Makan Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh Pria dan Wanita" dibuat semoga para pembaca bisa mengambil manfaat dari artikel ini, terutama untuk penulis sendiri.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Makan Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh Pria dan Wanita"