Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mudah Mengurangi Berat Badan Serta Lemak Perut Secara Alami dengan Cepat

iterkini.web.id - Pusing dengan kegemukan atau berat badan yang tidak kunjung turun ?  ingin menurunkan berat badan tapi tidak tau harus melakukan apa ? disini kita akan mengupas tuntas bagaimana cara menurunkan berat badan secara sehat, tanpa efek samping dan bisa dilakukan oleh siapapun yang benar-benar serius  ingin mengurangi berat badan !

Daftar Isi

Perut Buncit
Ilustrasi Perut Buncit. [Pixabay]

Mengurangi Berat Badan 

Dalam menjalani proses penurunan berat badan, yang paling diutamakan adalah sikap konsisten, bukan cepat ! ini sangat penting untuk diingat, karena pengurangan berat badan yang dilakukan dengan memprioritaskan  kecepatan atau tergesa-gesa akan dapat membebani tubuh kita sehingga pada suatu kasus dapet berpotensi menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit, inilah yang sering orang sebut-sebut dengan penurunan berat badan secara ekstrim, bisa saja malah bukannya mewujudkan tubuh ideal yang didambakan, namun menambah penyakit yang ada di tubuh kita.

Berat badan yang berlebihan dapat berakibat menjadikan seseorang obesitas dan memunculkan berbagai macam penyakit, dan perlu untuk diketahui, beberapa orang ada yang beranggapan bahwasanya kelebihan berat badan tersebut disebut obesitas, akan tetapi pada hakikatnya keduanya sama sekali berbeda, dikutip dari katadata.co.id menyebutkan bahwasanya yang dimaksud dengan obesitas yaitu bilamana jumlah lemak yang terdapat di dalam tubuh seseorang nyatanya lebih tinggi daripada kelebihan berat badan, dan pada data WHO, menyebutkan pada tahun 2016 lebih kurang 1,9 miliar orang di dunia yang mengalami kelebihan berat badan dan 650 juta orang yang mengalami obesitas.

Saat kegemukan, di samping dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang baik dalam bersosialisasi maupun dalam melakukan berbagai macam aktivitas, juga dapat mempengaruhi cadangan stamina yang ada di dalam tubuh yang menjadikannya menurun sehingga seringkali kita lihat di lapangan bahwa orang yang kegemukan terbatas dalam melakukan berbagai macam aktivitas, dan tentunya hal ini sangat tidak kita inginkan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi berat badan secara sehat tanpa efek samping :

Renungkan Tujuan Mengurangi Berat Badan

Tujuan
Ilustrasi Tujuan. [Pexels]

Di awal tadi sudah dijelaskan bahwasanya dengan kelebihan berat badan terlebih obesitas akan dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang sangat tidak kita inginkan, maka seharusnya kita harus set, bahwasanya tujuan dari pengurangan berat badan yang kita lakukan ini bukan hanya sekedar agar tampil lebih percaya diri dan mencapai bentuk tubuh ideal sebagaimana yang diimpikan, akan tetapi lebih jauh lagi untuk menjaga kesehatan tubuh kita sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat muncul akibat kelebihan berat badan, karena "kesehatan lebih utama daripada penampilan" harus kita pegang, karena untuk apa punya tubuh yang ideal akan tetapi sakit-sakitan.

Memperhatikan Asupan Kalori

Apel
[Pexels]

Sebagai langkah awal usaha pengurangan berat badan, yang dianjurkan untuk diketahui yaitu berapa asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dan ini bisa kita telusuri di internet, yang dapat kita peroleh dengan cara memberikan data kita seperti umur, gender, tinggi dan berat badan kita, maka setelah mengisi informasi tersebut kita akan dipaparkan dengan jumlah asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita, praktis bukan ?.

Kurangi Makan Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Perlu diperhatikan bahwasanya yang dianjurkan di artikel ini adalah mengurangi, bukannya tidak sama sekali, jadi boleh mengkonsumsi makanan berkarbohirat akan tetapi porsinya lebih dikurangi.

Kenapa dianjurkan untuk dikurangi ? itu disebabkan karena ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, maka karbohidrat komplek akan menjadi gula di dalam tubuh, lalu gula tersebut akan masuk ke dalam darah lalu dengan hormon insulin, gula dalam darah akan diolah menjadi sumber energi, sementara itu, glukosa atau kelebihan gula yang terdapat di dalam tubuh nantinya ada yang akan tersimpan di otot, hati dan juga ada yang akan tersimpan menjadi lemak, sehingga menjadikan seseorang kelebihan lemak badan, dan inilah sebab mengapa ketika ingin mengurangi berat badan, sangat dianjurkan bagi seseorang tersebut untuk mengurangi dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Makanan dan Sayuran
Ilustrasi Makanan dan Sayuran. [Pexels]

Mengkonsumsi keduanya dengan asupan gizi yang seimbang merupakan satu cara aman dalam mengurangi berat badan, selain itu keduanya banyak mengandung gizi yang juga sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko yang menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

Kita bisa mempertimbangkan memakan banyak buah dan sayuran dengan memperhitungkan jumlah kalori yang dikandung oleh buah dan sayuran tersebut dengan mencari buah dan sayur yang rendah kalori.

Jumlah kalori yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat kita temukan di internet dengan mudah !.

Sarapan dengan Makanan Mengandung Protein

Dengan memakan makanan berprotein tinggi di pagi hari, akan dapat membantu kita mengurangi berat badan disebabkan makanan ini dapat membuat hormon lapar menjadi lebih cepat kenyang.

Adapun sumber protein tinggi yang dapat dikonsumsi sebagai menu sarapan kita di antaranya:

  • Protein Nabati : Pada tahu, tempe, gandum dan kacang
  • Ikan : Pada ikan sarden, salmon trout dan udang
  • Telur utuh putih dengan kuningnya
  • Daging : Pada ayam, sapi dan domba

Mengubah Gaya Hidup

Jadi, sebagaimana di awal tadi disebutkan bahwsanya yang paling dibutuhkan ketika ingin menurunkan berat badan yaitu konsisten, karena tanpa sikap ini, hampir bisa dikatakan mustahil dapat memperoleh bentuk tubuh ideal sebagaimana yang diidamkan, jadi selain mengatur makanan yang akan kita makan, gaya hidup juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam penurunan berat badan kita, maka gaya hidup yang bisa untuk diterapkan yaitu membiasakan tidak begadang jika tidak diperlukan karena tubuh juga butuh waktu untuk beristirahat, tidur yang cukup, lalu tidak merokok.

Baca Juga : 4 Manfaat Roti Tawar dan Kekurangannya Dalam Kesehatan Tubuh

Olahraga Secara Teratur

Olahraga dinilai sangat efektif sebagai upaya menurunkan berat badan di samping menjaga pola makan dan hidup yang sehat, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyarankan untuk melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari, terutama melakukan olahraga HIIT sekitar 30-60 menit termasuk pemanasan dan pendinginan.

Selain itu beberapa olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan yaitu:

  • Berjalan
  • Lari
  • Berenang
  • Yoga
  • Bersepeda
  • Angkat Beban (Gym)

Demikianlah artikel singkat ini "7 Cara Mudah Mengurangi Berat Badan Serta Lemak Perut Secara Alami dengan Cepat" semoga Anda mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan, yang penting tetap konsisten untuk memperoleh hasil yang terbaik dan jangan lupa tujuan utama yang kita lakukan adalah untuk kesehatan, bukan sekedar bentuk tubuh saya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.


Posting Komentar untuk "7 Cara Mudah Mengurangi Berat Badan Serta Lemak Perut Secara Alami dengan Cepat"