Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjaga Rambut Tetap Sehat dan Tidak Rontok Rambut Panjang dan Pendek

iterkini.web.id - Rambut merupakan mahkota, terutama bagi seorang wanita, memiliki rambut yang sehat dan tidak rontok merupakan sebuah cita-cita yang didambakan oleh semua wanita di dunia, akan tetapi tentunya hal ini tidak bisa diperoleh dengan hanya sekedar melakukan keramas setiap hari, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan juga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh seseorang, seperti memiliki rambut ketombean dan rontok.

Penataan rambut yang salah terkadang juga dapat membuat rambut menjadi rontok, ketombean dan lainnya, maka perlulah tips cara bagaimana melakukan perawatan terhadap rambut agar terhindar dari hal tersebut.

Daftar Isi

Tips Menjaga Rambut Agar Tetap Sehat dan Tidak Rontok 

Merawat Rambut
Ilustrasi Rambut Wanita. [Pexels]

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa cara agar Anda dapat menjaga kesehatan rambut Anda sehingga akan terhindar dari berbagai macam masalah rambut yang tidak Anda inginkan !

Merawat Kulit Kepala

Perawatan terhadap kulit kepala sangat penting untuk dilakukan, menurut Brand General Manager Biolage Indonesia bahwasanya kulit kepala yang tidak sehat akan mudah menimbulkan masalah pada rambut, yaitu seperti rambut berketombe, rontok, gatal, kering dan kasar. 

Maka Anda harus merawat kulit kepala ini sebagai salah satu langkah Anda untuk mencapai rambut yang sehat, caranya yaitu dengan memijat kepala ketika sedang melakukan keramas, dan perlu diingat ! jangan melakukannya dengan kuat, karena saat Anda melakukannya dengan kuat, akan dapat menyebabkan abrasi pada kulit kepala yang kering.

Maka manfaat yang dapat diperoleh ketika Anda melakukan pijatan kepala dengan santai yaitu dapat memicu produktifitas minyak pada rambut secara alami dan juga stimulasi folikel yang dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

Memotong Rambut Secara Berkala

Ketika memiliki rambut panjang utamanya, dianjurkan untuk memotong rambut secara berkala, karena dari beberapa riset yang pernah dilakukan para ahli menunjukkan : ketika seseorang tidak memotong rambut secara berkala, maka rambut akan berpotensi mengalami masalah kerusakan, terutama timbulnya masalah rambut bercabang yang potensi terjadinya lebih tinggi, akan tetapi beda hal jika Anda memotongnya secara berkala, maka potensi rambut Anda bercabang pastinya menjadi lebih minim dan menjadikan rambut Anda bertumbuh lebih baik dan menjadi lebih sehat tentunya.

Perhatikan Shampo Yang Anda Gunakan

Sesuaikanlah shampo yang Anda gunakan dengan kebutuhan Anda, jika masalah rambut yang Anda miliki adalah rambut rontok dan berketombe, maka pilihlah produk yang sesuai dengan masalah yang Anda hadapi.

Shampo
Ilustrasi Shampo. [Pexels]

Dan juga jangan lupa untuk menggunakan kondisioner agar rambut Anda tidak mudah patah tentunya dan lebih mudah untuk dikondisikan atau disisir.

Jangan Terlalu Sering Berkeramas

Direkomendasikan untuk melakukan keramas hanya 3-4 kali dalam seminggu, karena jika terlalu sering melakukan keramas maka kandungan sulfat ataupun alkohol yang terdapat di dalam shampo dapat membuat minyak alami yang diproduksi kulit kepala akan hilang sehingga akibatnya rambut akan sering terasa kering dan kasar, dan perlu untuk diperhatikan, saat keramas jangan memakai air panas, cukup menggunakan air biasa atau air hangat karena jika menggunakan air panas akan berpotensi membuat rambut rontok.

Tak masalah rambut lepek, karena masih bisa dikondisikan dengan bedak bayi misalnya, gunakan agar kandungan minyak yang berlebih pada rambut bisa terserap agar rambut tampak lebih baik.

Perawatan Setelah Melakukan Keramas

Saat selesai keramas, maka usahakan rambut Anda tersebut mengering dengan sendiri secara alami sebisa mungkin dan jangan menggunakan handuk, juga usahakan janganlah menyisir rambut pada saat kondisinya masih sedang basah sehingga ketika rambut kering barulah memulai menatanya, dan cobalah untuk menghindari mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer karena nantinya akan dapat berefek menjadikan rambut mudah kering dan rusak atau solusinya boleh menggunakannya akan tetapi gunakanlah dengan hanya menggunakan suhu yang rendah saja.

Jangan Menutup Rambut Dalam Keadaan Lembap

Jika Anda sering melakukan yang satu ini maka, mulai dari sekarang hindarilah hal ini, karena dengan menutup rambut ketika masih dalam keadaan lembap dapat mengakibatkan rambut menjadi rontok, lepek, berketombe dan menimbulkan bau tak sedap.

Maka saat Anda ingin melakukan keramas, disarankan untuk melakukannya pada saat Anda memiliki waktu luang, seperti di sore hari atau pada hari libur yang tidak berpotensi memaksa Anda memakai penutup rambut seperti hijab misalnya dalam keadaan rambut masih lembap.

Hindari Penaatan Rambut Secara Berlebihan 

Warna Rambut
Ilustrasi Warna Rambut. [Pexels]

Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan karena kebanyakan wanita lebih mengutamakan penampilannya dibandingkan kesehatan rambutnya sendiri, maka penataan yang berlebihan terhadap rambut terkadang bisa membuat rambut malah menjadi mudah rontok dan menjadi tidak sehat, seperti menggunakan pewarna pada rambut dan juga termasuk penataan berupa meluruskan atau mengeritingkan rambut menggunakan catokan, bahkan sebenarnya kebiasaan menjepit rambut serta mengucir rambut juga dapat merusak rambut.

Memakan Makanan Bervitamin

Makanan Bervitamin
Ilustrasi Makanan Bervitamin. [Pexels]

Rambut juga memerlukan asupan vitamin yang dapat membantu rambut agar terhindar dari kerontokan, rusak dan kusam, maka rambut itu sendiri memerlukan Vitamin A, B, C, D dan E yang dapat diperoleh melalui makanan bervitamin yang bisa kita dapati pada ikan, sayuran dan buah-buahan.

Demikianlah artikel "7 Cara Menjaga Rambut Tetap Sehat dan Tidak Rontok Rambut Panjang dan Pendek" semoga pembaca mendapatkan manfaat dan jangan lupa share kepada teman Anda !

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjaga Rambut Tetap Sehat dan Tidak Rontok Rambut Panjang dan Pendek"