Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat dan Kandungan Mangga Bagi Manusia Untuk Kesehatan

iterkini.web.id - Buah ini dikenal dengan cita rasanya yang lezat, yang memiliki rasa manis dan asam, di samping lezat untuk dikonsumsi, buah ini juga dikenal dengan berbagai macam khasiat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti kesehatan aliran pencernaan, rambut dan juga kulit, maka tak heran buah ini banyak menjadi incaran emak-emak ketika berbelanja ke pasar terutama ibu-ibu hamil, maka pada kesempatan kali ini penulis akan menulis artikel yang berjudul "6 Manfaat dan Kandungan Mangga Bagi Manusia Untuk Kesehatan".

Daftar Isi

Manfaat Mangga
Ilustrasi Mangga. [Pexels]

Buah ini diketahui berasal dari perbatasan daerah India dengan Burma dan mulai menyebar ke daerah Asia Tenggara semenjak 1500 tahun silam.

Khasiat Buah Mangga

Buah mangga diketahui mengandung berbagai macam gizi yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya mengandung vitamin A,B dan C, lalu juga mengandung magnesium, folat, kolin dan lainnya.

Ditinjau dari berbagai macam khasiat gizi yang dikandung oleh buah mangga, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh darinya, di antaranya, buah ini dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk pembentukan pembuluh darah yang mempunyai peran penting dalam penyembuhan luka, juga memelihara kulit, tulang dan juga gigi, di samping itu buah ini juga memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit yang menyerang, dan juga untuk pengelihatan, 

Berikut beberapa khasiat yang dapat kita peroleh saat mengkonsumsi buah mangga :

Menjaga Kesehatan Kulit

Sebagaimana yang juga sudah penulis tulis di awal, bahwa di antara kandungan yang terdapat pada buah mangga yaitu vitamin C, yang mana vitamin ini dapat membantu mencerahkan kulit serta menjaganya, bahkan dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan sehingga buah ini juga cocok dikonsumsi bagi para remaja yang ingin merawat kulitnya agar tetap sehat.

Kesehatan Kulit
Ilustrasi Kulit. [Pexels]


Membantu Meningkatkan Imun 

Ini karena kandungan vitamin A, C dan Karotenoid yang dibawa oleh buah ini, yang mana ketiganya  berperan penting dalam peningkatan imun tubuh seseorang, sehingga sistem pertahanan tubuh seseorang akan lebih terproteksi ketika diserang oleh berbagai macam penyakit

Mengatasi Masalah Pencernaan

Terutama ketika kita sedang mengalami diare dan sembelit, maka buah mangga ini bisa menjadi solusi, dan juga terpene, ester dan aldehid yang terkandung di dalam buah ini sangat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Menghindari Penyakit Kanker

Jangan anggap remeh buah yang satu ini ! karena setelah mengetahui khasiat mengkonsumsinya, secara  tidak sadar kita pasti akan geleng-geleng kepala.

Ya, kalian tidak salah baca, bahwa buah yang satu ini dapat menghindarkan kita dari penyakit kanker, karena di dalamnya mengandung polifenol yang berperan penting dalam mengurangi stres oksidatif yang dapat menghentikan pertumbuhan dari sel kanker, dan juga leukimia dan lainnya.

Pencegah Penyakit Asam Lambung

Kesehatan Lambung
Ilustrasi Lambung. [google]

Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin, maka buah ini akan dapat menyembuhkan penyakit yang terkait dengan keasaman, di antaranya yaitu penyakit asam lambung, buah mangga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berobat secara alami.

Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan Vitamin C serta karotenoid yang terkandung dalam buah ini sangat berguna sebagai upaya pencegahan penyakit diabetes, namun terkait hal ini mungkin perlu analisa lebih dalam oleh para ahli karena buah mangga ini mempunyai kadar gula alami yang tinggi.

Demikianlah artikel "6 Manfaat dan Kandungan Mangga Bagi Manusia Untuk Kesehatan" semoga bermanfaat dan juga jangan lupa share.


Posting Komentar untuk "6 Manfaat dan Kandungan Mangga Bagi Manusia Untuk Kesehatan"