Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dan Mati Total

iterkini.web.id - Air adalah salah satu musuh alat-alat elektronik, seperti hp, laptop, kamera dan lainnya, dan salah satu alat elektronik yang paling rentan terkena atau kemasukan air adalah hp, karena hp sering di bawa ke mana-mana sehingga potensi terjadi suatu permasalahan menjadi lebih tinggi.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 

Memang, jika kita melihat perkembangan teknologi pada saat ini sudah menemukan teknologi IP67 dan IP68 pada hp yang memungkinkan hp lebih tahan terhadap air daripada hp biasa lainnya, namun walaupun begitu ketika hp kita kemasukan air, tercebur ke dalam air ketika renang atau basah basahan karena hujan sudah barang tentu ada di antara kita yang agak cemas dan takut hal tersebut dapat menyebabkan hp kita rusak, dan sudah tentu kita semua tidak ingin kejadian menyebabkan hp kita menjadi rusak.

Daftar Isi

Nah, sebenarnya ketika hp kalian kemasukan air tidak perlu langsung cemas dan panik dan langsung membawanya ke tukang reparasi hp, karena sebenarnya ada beberapa langkah yang sudah teruji yang dapat mengatasi kerusakan pada hp kalian dari kemasukan air.

Cara Mengatasi HP Masuk Air

Berikut akan penulis paparkan beberapa kiat-kiat mengatasi hp yang kemasukan air :

Segera Jauhkan HP dari Jangkauan Air

Jika hp kalian terjatuh ke dalam genangan air maka hal yang perlu kalian perhatikan adalah segera mengangkat hp kalian, terlebih lagi hp kalian tercebur ke dalam kolam renang, maka segera di ambil sehingga hp kalian tidak kemasukan air terlalu banyak melalui celah-celah yang ada pada hp seperti melalui lubang charger, lubang speaker dan microphone dan lainnya sehingga mengurangi resiko kerusakan komponen yang ada di dalam hp kalian.

Segera Lepaskan Komponen

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 

Yang perlu kalian lakukan pertama kali setelah mengeluarkan hp kalian dari dalam ceburan air adalah dengan mengeluarkan komponen-komponen yang bisa dilepas, seperti kartu sim dan kartu memory, ini sangat penting untuk mengurangi resiko kartu memory atau sim kamu malah ikut-ikutan rusak sehingga bagi kamu yang punya banyak data penting tidak perlu khawatir akan resiko kartu memory menjadi ikut-ikutan rusak.

Baca Juga : Inilah Harga dan Spesifikasi Smartphone Flagship Xiaomi 12T 5G Yang Baru Rilis Desember 2022

Jangan Menyalakan HP

Solusi hp kemasukan air selanjutnya adalah jangan sekali-kali kalian menghidupkan hp, karena terkadang ada di antara kita yang setelah hp diangkat dari air bertanya-tanya apakah hp masih berfungsi dengan normal, maka pada saat itu mencoba menghidupkan hp, seharusnya hal tersebut tidak kalian lakukan karena ketika kalian menghidupkan hp pada saat hp kalian baru saja diangkat dari dalam air bisa memungkin di dalam hp kalian terjadi korsleting pada komponen-komponen penting, maka pada saat hp kalian kemasukan air hal ini perlu diperhatikan.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 

Dan jika hp masuk air tapi masih hidup, maka sebaiknya kalian matikan untuk menghindari resiko korsleting tersebut.

Goyangkan HP dengan Lembut !

Ini diharapkan agar air yang masuk ke dalam celah hp kalian dapat keluar dan tidak tertinggal di dalam, maka guncanglah hp kalian dengan lembut dan ini perlu kalian ingat, dengan lembut ya ! karena jika kamu mengguncang terlalu keras, bukannya keluar, air yang diharapkan keluar malahan akan semakin masuk dan merambat ke komponen penting di dalam hp kalian, ini diperlukan sebagai solusi hp masuk air ya.

Amankan LCD

Amankan LCD hp kalian dengan cara lap dengan kain tipis atau tisu agar tidak terjadi hal yang tidak kalian inginkan semisal munculnya flag hitam di LCD hp kamu.

Solusi HP Kemasukan Air

Berikut beberapa solusi yang dapat kamu coba untuk  mengatasi hp yang kemasukan air, terutama bagi hp kalian yang mati total ketika dicoba dihidupkan setelah melewati beberapa langkah atau kiat-kiat sebelumnya :

Baca Juga : HP Yang Akan Segera Rilis Pada Tahun 2023, Siap Siap Isi Dompet Part 1

Jangan dijemur di Bawah Paparan Sinar Matahari

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 

Hal ini jangan pernah kalian lakukan ya, karena pada saat kalian menjemur hp secara langsung dibawah paparan sinar matahari akan dapat berakibat fatal kepada komponen-komponen penting yang terdapat di dalam hp kalian, lebih baik menggunakan metode pengeringan terbaik yang akan penulis paparkan di bawah nantinya.

Jangan Keringkan hp dengan hairdyer

Mengeringkan hp dengan cepat memanglah tujuan kita ketika hp kita tercebur ke dalam air atau masuk ke dalam air, akan tetapi, di samping tidak boleh menjemur secara langsung dari paparan sinar matahari, juga tidak boleh menggunakan hairdryer ketika mengeringkan hp, karena sebagaimana menjemur pada sinar matahari, panas yang nantinya dihasilkan oleh alat tersebut malah dapat merusak komponen yang terdapat di dalam hp, bukannya kering malahan menjadi rusak, tentunya kamu tidak mau hal tersebut terjadi bukan.

Keringkan dengan Lap Kering

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 

Selanjutnya, jika hp kemasukan air, hal yang perlu kamu lakukan adalah lap bagian luar hp terutama bagian LCD sebagaimana yang telah penulis sampaikan sebelumnya karena LCD rentan rusak jika terkena air, dan jika memungkinkan untuk membuka hp, segera lepas casing hp dan lap sebisa mungkin.

Rendam dengan Beras

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 

Cara mengatasi hp yang kemasukan air selanjutnya adalah dengan merendam hp ke dalam beras, karena media ini sudah sangat teruji di kalangan masyarakat bahwa dapat menyerap entitas air dengan baik, dan jika memungkinkan pada saat kalian memasukkan hp ke dalam beras agar kalian membolak balikkan hp kalian setelah beberapa jam sekali sehingga air yang berada di dalam hp keluar secara merata sehingga tidak tertinggal sedikit air pun di dalamnya dan rendamlah di dalam beras tersebut dalam rentang waktu 2-3 hari.

Gunakan Silica Gel

Solusi hp kemasukan air selanjutnya dengan meletakkan hp kalian di dalam kumpulan silica gel karena dengan silica gel ini lebih efektif dibandingkan dengan beras karena dapat menghilangkan kemungkinan air mengembun, maka masukkanlah hp kalian ke dalam taburan silica gel layaknya ke dalam beras tadi selama 2-3 hari dan lihatlah hasilnya.

Pakai Vacuum Cleaner USB

Menggunakan vacuum cleaner USB ini dapat membantu mengeluarkan air yang terdapat di dalam hp kalian namun sebelum menggunakannya diharapkan agar terlebih dahulu mengeluarkan kartu sim dan memory maupun batrai hp kalian agar tidak ikut tersedot dan malah rusak.

Demikianlah artikel tentang "Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dan Mati Total" semoga hp kalian cepat sehat dan semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama untuk penulis sendiri.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dan Mati Total"