Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alat Musik Tradisional dan Asalnya di Indonesia

Alat Musik Tradisional dan Asalnya - Dengan beragamnya suku dan budaya yang terdapat di wilayah NKRI, maka tiap wilayahnya menghasilkan berbagai macam budaya dengan ciri khasnya masing-masing, hal tersebut seperti yang terdapat pada keberagaman jenis musik, tarian, bahkan bahasa sekalipun.

Dilansir dari gramedia.com yang dimaksud dengan musik tradisional merupakan musik yang berasal dan berkembang dari wilayah tertentu yang selanjutnya dibudidayakan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar.

Alat Musik Tradisional dan Asalnya,

Oleh sebab itu bisa dikatakan musik tradisional pada suatu daerah tersebut eksistensinya sangat erat dan kental dengan pengaruh kebudayaan dan adat istiadat maupun agama lokal yang ada di daerah tersebut .

Indonesia memiliki beragam macam jenis alat musik tradisionalnya yang disebabkan beragamnya masyarakat yang ada di dalam lingkup negara tersebut, bahkan realitasnya ada beberapa alat musik yang telah dikenal hingga ke mancanegara.

Oleh karena itu, untuk menambah wawasan kita terkait alat musik tradisional yang terdapat di Indonesia, maka di sini penulis akan memaparkannya kepada kalian semua.

Alat Musik Tradisional dan Asalnya di Indonesia

Jadi apa saja alat musik tradisional dan asalnya ? kalian penasaran bukan, nah simaklah artikel berikut ini agar kalian tidak tertinggal informasi :

1. Saluang

Alat Musik Tradisional dan Asalnya,

Ini merupakan salah satu alat musik tradisional Sumatra Barat, Saluang terbuat dari bambu yang dapat mengeluarkan suara dengan sangat merdu dan indah, Saluang ini dimasukkan ke dalam kategori golongan seruling, adapun cara pembuatannya cukup mudah dan sederhana yaitu dengan membuat 4 lubang pada bambu talang, cara memainkannya juga cukup sederhana yaitu dengan cara ditiup sebagaimana jenis seruling lainnya.

2. Angklung

Alat Musik Tradisional dan Asalnya,

Selanjutnya Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari jawa barat, sebagaimana sebelumnya, popularitas Angklung sudah melingkupi ke wilayah mancanegara, sehingga banyak orang luar sekalipun yang mencoba mempelajari dan memainkannya, adapun cara pembuatannya, biasanya Angklung terbuat dari bambu hitam, gombong, atau bambu temen, adapun cara memainkan Angklung yang satu ini adalah dengan satu tangan memegang Angklung, sementara tangan lainnya bertugas untuk menggoyangkan Angklung sehingga nanti akan keluar bunyinya.

3. Gordang

Alat Musik Tradisional dan Asalnya,

Bagi kalian yang peminat alat musik harus mencoba memainkan Gordang yang satu ini, Gordang merupakan musik tradisional Sumatra Utara, Gordang terbuat dari sebuah kayu yang memiliki sebuah lubang di bagian tengahnya, dan salah satu ujung lubang tersebut ditutup dengan membran yang terbuat dari kulit lembu yang ditegangkan dan diikat dengan rotan.

4. Tenun

Alat Musik Tradisional dan Asalnya,

Bagi kalian yang masih bingung, kenalkan salah satu alat musik tradisional sumatra selatan, tempo dulu alat yang satu ini sangat sering digunakan oleh para wanita pada saat sedang menenun kain, oleh karena itu namanya disebut dengan Tenun, Tenun ini dapat kalian mainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus.

5. Kecapi

Alat Musik Tradisional dan Asalnya,

Merupakan alat musik tradisional yg dipetik dan berasal dari Jawa Barat, sebagaimana sebelumnya, Kecapi ini sudah terkenal sampai ke wilayah manca negara, biasanya dalam memainkannya diiringi juga dengan Gamelan serta suling bambu, sehingga membuat alunan musiknya semakin lebih indah, Kecapi ini terbuat dari bahan kayu dengan dawai 18-20.

6. Gamelan 

Alat Musik Tradisional dan Asalnya,

Gamelan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah, namun juga sering ditemukan di berbagai daerah lain di Indonesia seperti Bali, Madura, dan Lombok. Gamelan ini diduga telah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi, terlihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan.

Itulah beberapa alat musik tradisional dan asalnya di Indonesia, semoga kalian dapat menambah wawasan dari artikel yang ditulis ini, begitu juga bagi penulis.

Daftar Isi

Posting Komentar untuk "6 Alat Musik Tradisional dan Asalnya di Indonesia"