Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Rice Cooker Biar Awet dan Tetap Bersih

Cara merawat rice cooker biar awet - Siapa sih yang nggak kenal dengan yang namanya rice cooker ? tentunya kalian semua sudah mengenal alat elektronik yang wajib ada di rumah ini kan, alat yang satu ini sangat bermanfaat bagi kita untuk menanak nasi sehingga menjadi lebih praktis.

Karena jika dibandingkan dengan kehidupan tempo dulu yang menanak nasi menggunakan tungku dan kayu bakar tentunya sangat menguras banyak tenaga dan waktu sehingga menjadi kurang efektif, karena itulah muncul sebuah inovasi baru menanak nasi yaitu dengan menggunakan rice cooker.

Cara merawat rice cooker biar awet

Namun, selang beberapa tahun setelah maraknya rice cooker yang dipergunakan sebagai media penanak nasi, pada saat sekarang tidak hanya digunakan sebagai penanak nasi, rice cooker juga kerap kali digunakan sebagai media penghangat makanan sehingga tidak basi.

Oleh karena itu, dengan bermacam ragamnya fungsi alat dapur yang satu ini, semakin rentan rice cooker kita menjadi cepat rusak dan kotor, nah jadi bagaimana caranya agar menjaga rice cooker biar awet dan tetap bersih sehingga dapat membuat hasil tanakan nasi kita selalu sehat dan juga irit di dompet karena tidak perlu membeli rice cooker kembali dalam jangka waktu yang panjang ? Nah, maka pada artikel ini penulis akan kami terangkan langkah-langkah merawat rice cooker agar tetap awet yang dapat kalian praktikkan di rumah masing-masing ya,

Tips Merawat Rice Cooker

Perawatan rice cooker sebenarnya tidak begitu sulit dilakukan, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah yang kami akan paparkan di bawah ini :

1. Jangan cuci beras di panci rice cooker

Hal ini sangat penting kalian perhatikan, karena dengan tidak mencuci beras pada panci tersebut, maka dapat mencegah kerusakan yang terjadi pada dinding-dinding pancinya yang mana jika terjadi kerusakan di dinding tersebut dapat menyebabkan lapisan anti lengket yang terdapat pada rice cooker kamu akan hilang.

Cara merawat rice cooker biar awet

Di samping itu, ternyata dengan hilangnya lapisan anti lengket yang terdapat pada dinding rice cooker tersebut juga dapat menyebabkan nasi yang dimasak tidak sehat, karena jika sampai lapisan anti lengket tersebut terkelupas dan ikut berbaur dengan nasi yang dimasak, dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh kita, yaitu bersifat karsinogenik yang bisa menimbulkan penyakit kanker.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Android Mati Total Karena Jatuh

2. Membersihkan tutup rice cooker

Ini sangat sering diabaikan orang-orang ketika menanak nasi, padahal kebersihan tutupnya tersebut dapat menghasilkan performa alat tersebut menjadi bagus sehingga lebih tahan lama dan awet dan di samping itu juga dapat membuat kualitas nasi yang dihasilkan nantinya berkualitas baik.

Maka kamu bisa membersihkannya dengan cara melepas tutupnya tersebut dan mencuci menggunakan spoons dan sabun cuci piring, bila ternyata tutup rice cooker yang kamu memiliki tidak bisa dilepas maka kamu tetap bisa mencucinya dengan cara sebelumnya, akan tetapi cukup dicuci bagian tutup saja, jangan sampai bilas rice cooker kamu dengan air karena dapat merusaknya sehingga daya tahannya semakin menurun dan membuatnya lebih cepat rusak.

3. Bersihkan bagian dalam rice cooker

Ini sangat perlu kalian lakukan, akan tetapi harus dengan hati-hati, karena jangan sampai malah membasahi alat bagian dalam sehingga dapat menimbulkan korsleting dan malah menjadi rusak, maka kamu bisa membersihkannya dengan cara mengelap bagian dalam tersebut menggunakan kain lembap yang dibasahi dengan sedikit air saja, sehingga dapat membuat awet mesin penanak nasi tersebut.

4. Cuci panci setelah selesai digunakan

Cara merawat rice cooker biar awet

Jangan biarkan bekas nasi yang ada di panci mengendap sembari magic com kamu terhubung ke listrik, karena perlu diketahui nasi yang dibiarkan mengendap di dalam panci, akan berpotensi menjadi kerak, yang terkadang dapat membuat jengkel kita pada saat membersihkannya, timbulnya kerak tersebut disebabkan karena kadar air yang terdapat pada nasi terus berkurang pada saat panci dalam keadaan panas karena terhubung listrik, maka usahakan setelah nasi sudah habis, langsung dicuci agar tidak muncul kerak-kerak nasi tersebut atau jika kalian tidak mau langsung mencuci panci tersebut setidaknya buka colokan yang menghubungkan rice cooker ke listrik.

Baca Juga : 5 Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya Agar Awet dan Tahan Lama

Akan tetapi perlu diingat jangan langsung mencuci panci dalam keadaan panas, tunggulah sampai peralatan tersebut pada suhu normal terlebih dahulu hal tersebut agar menjaga panci tidak terkelupas.


Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat rice cooker biar awet dan tetap bersih ya kawan-kawan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Daftar Isi

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Rice Cooker Biar Awet dan Tetap Bersih"