Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

iterkini.web.id - Cara Bikin Surat Lamaran Kerja - Melamar pekerjaan merupakan langkah awal untuk masuk lalu bekerja ke dalam bidang pekerjaan yang diminati.

Di masa sekarang, persaingan dalam dunia kerja semakin sengit, begitu banyak fresh graduate bahkan yang sudah memiliki pengalaman kerja yang mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri untuk bekerja dengan melamar pekerjaan di tempat yang diinginkan.

Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan merupakan komunikasi awal yang harus kita lakukan dengan tujuan memperkenalkan "siapa diri kita" kepada pihak perusahaan terutama HRD (Human Resource Development) atau Recruiter.

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Namun, tentunya mustahil  lamaran pekerjaan yang kita buat diterima mentah mentah tanpa adanya evaluasi dari pihak perusahaan, oleh karena itu dalam komunikasi awal yang kita lakukan dengan pihak perusahaan (melalui surat lamaran pekerjaan) kita seharusnya sudah membuat surat lamaran pekerjaan selengkap dan sedetil mungkin terutama pada bagian skill yang kita miliki tanpa pengurangan dan penambahan yang berkesan mengada ngada.

Tentunya pihak perusahaan akan membuka peluang kerja lebih besar kepada para pelamar yang dianggap potensial dengan berbagai macam pengalaman dan skill yang dimiliki.

Di samping itu tentunya untuk mencapai tujuan itu perlu mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar serta mengetahui apa saja yang mesti dicantumkan agar potensi diterimanya kalian sebagai pekerja di sebuah perusahaan menjadi lebih besar.

Daftar Isi

Oleh karena itu, pada artikel ini admin akan mengulas beberapa tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik sehingga dapat meningkatkan peluang kita untuk diterima untuk bekerja di perusahaan yang kita inginkan.

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Maka berikut merupakan beberapa tips yang bisa kalian terapkan pada saat membuat surat lamaran kerja agar lamaranmu berpotensi dilirik dan lebih diutamakan untuk direkrut ke dalam perusahaan :

Penulisan yang perlu diperhatikan

Dalam pembuatan surat lamaran, ada beberapa tips penulisan yang harus kalian cermati, antara lain :

  1. Gunakanlah bahasa yang formal dan santun, jangan gunakan bahasa dan istilah gaul dalam surat lamaran
  2. Dalam pembuatan kata kata pendahuluan dan tujuan surat tidak usah bertele tele, sebaiknya langsung saja to the point agar maksud dan tujuan surat lamar tersampaikan
  3. Perhatikan tata bahasa yang digunakan, usahakan jangan sampai ada kesalahan sedikitpun pada surat lamaran yang dibuat karena surat tersebut bisa disebut sebagai representasi keseriusan kalian dalam melamar pekerjaan
  4. Tulislah surat lamaran secara spesifik kepada lembaga atau perusahaan yang dituju, jangan sampai sebuah surat spesifik terkirim ke beberapa perusahaan yang berbeda
  5. Jangan lupa mencantumkan kontak kalian yang mudah dihubungi oleh pihak perusahaan, bisa berupa alamat email maupun nomor hp
  6. Isilah data data yang diperlukan tanpa adanya manipulasi (melebihkan maupun mengurangi) serta melampirkan dokumen pendukung berupa sertifikat pengalaman kerja dan lainnya 
  7. Sebelum melakukan pengiriman, harap dicek dan diperiksa kembali ejaan maupun tata bahasa yang sudah digunakan dalam pembuatan surat lamaran agar tidak terjadi kesalahan

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Dalam pembuatan surat lamaran kerja, kalian harus memperhatikan kerangka penulisan yang dibuat, karena jika HRD atau Recruiter yang memeriksa surat kalian merupakan orang yang teliti, jika terjadi kesalahan dalam pembuatan surat tersebut maka akan dapat berdampak pada "ditolaknya lamaran kerja yang kalian inginkan" maka kalian harus sangat teliti dalam pembuatannya karena surat lamaran kerja ini juga merupakan representasi dari keseriusan kalian dalam melamar sebuah pekerjaan, maka berikut format penulisan yang admin sarankan untuk kalian gunakan dalam penulisannya.

format penulisan lamaran kerja

Tanggal dan Tempat Penulisan Surat

Keduanya merupakan yang paling awal dituliskan di dalam surat lamaran kerja, adapun letaknya yaitu berada di sebelah kanan atas surat atau juga boleh di bagian kiri atas sesuai keinginan kalian, yang perlu kalian perhatikan pada saat membuat tanggal dan tempat ini adalah pada saat penulisannya jangan sampai disingkat.

Baca Juga : 5 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang Banyak dan Halal

Tujuan Surat

Tujuan surat biasanya diawali dengan kalimat "Kepada Yth." atau "Yang Terhormat", lalu setelah kalian menuliskan kalimat tersebut, selanjutnya pada bagian bawah tulislah penerima surat (nama perusahaan) agar terkesan lebih personal.

Oleh karena itu sebaiknya sebelum kalian membuat surat lamaran kerja, agar terlebih dahulu mencari tahu jabatan atau nama perusahaan tempat kerja yang kalian inginkan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan tujuan surat.

Jika kalian ingin mengirimkan surat lama pekerjaan ke beberapa perusahaan agar diperhatikan tujuan suratnya, jangan sampai tersalah dengan mengirim surat lamaran yang sama pada beberapa tempat yang berbeda.

Alamat Lengkap Perusahaan

Setelah menuliskan tujuan surat, selanjutnya di bagian bawah tujuan surat, buatlah alamat lengkap dari perusahaan tempat kalian melamar kerja dengan benar.

Salam Pembuka

Sebelum masuk ke isi surat lamaran, terlebih dahulu sebaiknya kalian membuat beberapa patah kata sebagai salam pembuka lamaran, gunakanlah kata umum seperti "Dengan hormat, " di awal pembicaraan agar terkesan lebih formal lalu selanjutnya barulah kita tulis tentang informasi pembukaan lowongan yang telah kita peroleh.

Biodata Pribadi

Selanjutnya, tulislah informasi tentang data pribadi agar pihak perusahaan bisa lebih mengenal diri kita, data yang perlu kalian sisipkan dalam biodata ini berupa; Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir (TTL), Jenjang Pendidikan Terakhir, Alamat, Nomor Telp.

Pengalaman Kerja dan Keahlian

Setelah menuliskan biodata diri, selanjutnya kalian harus menjelaskan secara singkat dan menarik tentang kelebihan dan pengalaman kerja yang kalian miliki jika memang ada. Namun jika kalian merupakan fresh graduate tidak usah menuliskannya.

Jika kalian memiliki segudang pengalaman, cukup tuliskan beberapa saja yang kalian anggap merupakan pengalaman paling relevan dengan posisi yang ingin kalian lamar di perusahaan tersebut karena tentunya pada saat kalian mengirimkan lamaran kerja, nantinya kalian juga akan melampirkan lembaran pendukung surat lamaran tersebut, terutama CV yang berisi rincian pengalaman dan skill yang tidak sempat disebutkan di dalam surat sebelumnya.

Penutup

Pada bagian ini, kalian cukup menuliskan harapan besar kalian agar lamaran diterima dan dilanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu wawancara seterusnya menjadi karyawan dalam perusahaan.

Tanda Tangan Pelamar

Tanda tangan diawali dengan ungkapan "Hormat saya," dan pada bagian bawah ditulis nama kalian. Adapun letak penulisannya yaitu di bagian kanan bawah surat lamaran.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan pada saat membuat lamaran kerja yang baik dan benar agar pihak perusahaan melirik surat lamaran kerja kita dan menjadi calon kandidat karyawan perusahaan potensial yang sudah admin terangkan di atas.


Itulah artikel tentang Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan semoga kalian dipermudah untuk memperoleh pekerjaan di sana.


Posting Komentar untuk "Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar "