Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Softcase dan Hardcase Handphone, Mana yang Bagus ?

iterkini.web.idPerbedaan Softcase dan Hardcase - Ada dua jenis casing atau sarung hp yang tersebar di pasaran, softcase dan hardcase, keduanya mempunyai fungsi, karakteristik masing masing dalam melindungi hp.

Dalam dunia gadget, antara casing soft dan hard ini kerap kali disamakan, bahkan pada saat melakukan pembelian di gerai ponsel sekalipun, terkadang bila kita meminta sarung hp hardcase malah disodorkan pelindung jenis softcase begitupun sebaliknya, tentu hal itu merupakan kesalahan fatal, terlebih jika dilakukan bagi yang berprofesi sebagai sales di gerai ponsel, tentunya hal tersebut dapat membuat calon pembeli kebingungan.

beda hard case dan soft case

Nah, bagi kalian yang tertarik tentang pengetahuan apa bedanya hardcase dan softcase yuk disimak artikel ini sampai habis.

Daftar Isi

Perbedaan Softcase dan Hardcase Handphone

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan pada kedua jenis sarung hp ditinjau dari 4 segi; Bahan, Kemampuan Melindungi, Keawetan Case, Keawetan HP, Kemudahan Penggunaan dan Harga :

Perbedaan Bahan yang Digunakan

Dari segi bahan atau material yang digunakan dalam memproduksi kedua jenis case ini, terdapat dua perbedaan mendasar; adapun softcase, biasanya terbuat dari bahan yang cukup lembut, sedangkan hardcase akan sedikit kasar dan lebih keras.

Hal tersebut wajar, karena memang dalam pembuatannya, masing masing case berbeda material pembuatannya :

Adapun softcase biasanya dibuat dengan bahan bahan yang elastis, lentur dan fleksibel seperti bahan silikon dan TPU sehingga pada saat kita menggunakan casing berjenis ini, kita bisa merenggangkannya dengan cukup bebas tanpa khawatir patah.

Beda halnya dengan hardcase, nah bagi kalian yang sering bertanya hardcase terbuat dari apa, hardcase biasanya diproduksi dari material yang cukup keras seperti Polikarbonat dan Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS).

Dalam pembuatan hardcase, biasanya pihak produsen mencampurkan kedua bahan tersebut :

Adapun material Polikarbonat, akan menjamin ketahanan silikon dari suhu yang panas dan juga tidak mudah patah jika direnggangkan, sedangkan ABS, meskipun tidak tahan suhu panas namun akan memberikan peluang untuk memproduksi case dengan berbagai varian dan warna karena bahan ini mudah diwarnai dan disemprot.

Jadi, apa perbedaan softcase dengan hardcase dari segi material ? jawabannya softcase biasanya terbuat dari bahan yang lunak, elastis dan fleksibel sehingga lebih elastis, lalu hardcase bahan apa ? yaitu terbuat dari bahan yang keras seperti Polikarbonat dan ABS dengan intensitas ketahanan yang lebih kuat sehingga tidak mudah patah. 

Baca Juga : Apa Itu Gadget dan Fungsinya serta Dampaknya dalam Kehidupan

Kemampuan Melindungi Gadget

Bila Terjadi Benturan

Perbedaan hardcase dengan softcase selanjutnya dari segi kemampuan perlindungan, maka jika dilandaskan kepada perbedaan bahan pembuatan sebelumnya, sudah jelas kemampuan perlindungan hardcase lebih baik daripada menggunakan softcase, karena memang dari bahan pembuatannya case ini lebih solid dan kuat dibandingkan dengan softcase itu sendiri.

Maka, biasanya pada saat terjadi benturan, perlindungan hardcase akan lebih maksimal untuk meminimalisir dampak benturan yang akan terjadi kepada handphone itu sendiri, sehingga saat menggunakan jenis case ini, jarang sekali terjadi kerusakan yang begitu parah, terutama pada saat hp kalian terjatuh.

Perlindungan case hp

Beda halnya dengan softcase, pada saat terjadi benturan, maka karena sifat bahan material pembuatannya yang elastis, dapat menyebabkan benturan yang terjadi pada case akan langsung tersalurkan kepada body sehingga nantinya benturan akan langsung terdampak ke body hp atau bahkan merambat ke komponen inti hp.

Terhadap Suhu Panas

Adapun terhadap suhu panas, maka dengan penggunaan softcase sebagai pelindung hp, akan dapat menyalurkan suhu panas yang berasal dari hp ke bagian case dengan baik karena dari bahan pembuatannya yang cukup elastis dan fleksibel, sehingga menjadi penghantar panas yang baik dan hasilnya panas yang timbul dari hp akan tersebar merata. Ini merupakan salah satu kelebihan penggunaan softcase karena ponsel akan menjadi lebih awet.

Namun kekurangan dari hal tersebut adalah pada saat kalian menggenggam ponsel dengan case jenis ini yang dalam keadaan suhu hp yang panas tentunya panas tersebut akan menyebar merata ke seluruh bagian ponsel bahkan case, dan hal tersebut tentu juga akan dapat dirasakan oleh tangan melalui case, terlebih jika kalian menggunakan ponsel tepat di bawah terik sinar matahari, tentu suhu ponsel akan lebih panas, sehingga membuat tangan cepat lelah jika kita butuh penggunaan hp dalam jangka waktu yang lama.

Beda halnya dengan hardcase maka penggunaan jenis case ini, tangan pengguna akan lebih terlindungi dari suhu panas yang timbul dari perangkat gadget karena memang karena faktor bahannya yang solid dan tidak mudah menghantar energi panas yang terdapat pada body hp, sehingga jenis pelindung ini akan lebih cocok kalian gunakan jika ingin menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama terutama pada saat kalian sering bermain game berat.

ketahanan hard case

Namun kekurangannya dengan terkurungnya suhu panas pada hp dan tidak bisa merambat melalui case akan membuat hp cenderung lebih cepat panas dan dari segi usia hp tentunya akan membuat hp lebih cepat menua.

Baca Juga : 7 Perbedaan iOS dan Android Yang Wajib Kalian Ketahui

Keawetan Case

Hardcase dengan bahan material yang solid dan kokoh sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya tentunya akan lebih awet jika dibandingkan dengan softcase yang memiliki bahan yang elastis dan fleksibel, sehingga hardcase lebih cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Keawetan HP

Dari beberapa paparan di atas, juga sudah sangat jelas bahwa dari segi keawetan smartphone ada beberapa kesimpulan yang bisa admin simpulkan ; pertama di satu sisi penggunaan softcase pada smartphone akan mampu membuat hp lebih awet karena tingkat persebaran suhu panas yang merata dibandingkan hardcase, namun kekurangannya bagi kalian yang sering membuat hp terbentur (jatuh) akan sangat beresiko membuat ponsel lebih cepat rusak.

Sedangkan hardcase di satu sisi tidak baik dari segi penghantar panas sehingga membuat hp menjadi lebih cepat menua, namun dari segi perlindungan dari benturan hardcase bisa jadi perlindungan yang nomor satu karena dapat mengantisipasi benturan yang berdampak kepada hp secara langsung.

Kemudahan dalam Penggunaan

Karena bahan pembuatan hardcase lebih solid daripada softcase, maka pada saat membawanya kemana mana tentu akan terasa jauh lebih berat jika dibandingkan dengan penggunaan softcase pada smartphone.

Faktor Harga

Dari segi harga hardcase lebih mahal, karena memang dari keawetan dan bahan material pembuatannya lebih mahal daripada softcase.

Harga hard case dan soft case

Softcase memiliki harga pasar yang cukup murah karena bahannya yang tidak begitu mahal dan juga bahan material yang tidak begitu awet.

Mana Yang Lebih Bagus ?

Jadi, bagi kalian yang masih bertanya tentang mana yang lebih bagus antara softcase dan hardcase, keduanya sama sama bagus karena memiliki fungsi masing masing.

Kesimpulan

Tiap jenis case memiliki fungsi dan peran masing masing dalam melindungi handphone, semuanya sudah penulis paparkan di atas yang juga merupakan pengalaman penggunaan admin pribadi. 

 

Itulah artikel tentang Perbedaan Softcase dan Hardcase Handphone, Mana yang Bagus ?, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang tengah mencari case yang cocok untuk digunakan pada smartphone kalian, dan tak lupa juga semoga bermanfaat bagi admin pribadi. 

Posting Komentar untuk "Perbedaan Softcase dan Hardcase Handphone, Mana yang Bagus ?"