Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Kebiasaan Sederhana Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Tidak Bau dan Berlubang dan Terhindar dari Penyakit

iterkini.web.id - Menjaga kesehatan merupakan suatu kewajiban bagi yang ingin hidup dengan bahagia dan tentunya semua orang yang hidup ingin menjadi bagian dari orang-orang yang hidup bahagia tersebut.

Khususnya kesehatan gigi dan mulut, keduanya merupakan anggota tubuh yang memiliki banyak fungsi penting dalam kehidupan, bahkan kesehatan keduanya dapat memberikan pengaruh yang besar kepada kesehatan anggota tubuh lainnya maka, penting untuk merawat kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit.

Daftar Isi

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. [Alodokter]

Dengan merawat kedua anggota tubuh tersebut tentunya akan membuat keduanya dapat melakukan berbagai macam fungsinya dengan baik, juga akan menghindari seseorang dari penyakit gigi dan mulut seperti sakit gigi, gigi bengkak, sariawan, bau mulut, kanker dan banyak penyakit lain, tentunya juga dengan menghindari penyakit akibat gigi dan mulut akan menghindari diri dari terkurasnya isi dompet untuk biaya medis yang seharusnya dapat Anda nikmati dengan bahagia jikalau Anda sudah menjaga kesehatan itu sendiri sedari dini.

Dan juga tentunya dengan sehatnya kedua anggota tubuh ini, juga akan berdampak kepada bertambahnya kepercayaan diri Anda, baik itu ketika berhubungan dengan orang terdekat maupun di khalayak umum ketika sedang bersosialisasi, tentunya Anda tidak ingin kepercayaan diri Anda terganggu karena masalah gigi dan mulut ini kan ?

Lalu dari beberapa alasan di atas, gimana nih caranya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit ? Berikut akan admin paparkan beberapa tips cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa Kebiasaan yang Bisa Anda Terapkan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Berikut ini adalah rangkuman beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut agar tetap baik dan sehat :

Menyikat Gigi 2 Kali Sehari dengan Cara yang Tepat

Agar gigi tetap sehat maka diperlukan untuk membersihkan gigi 2 kali sehari, di samping bertujuan agar gigi tetap bersih juga sangat berpengaruh kepada bau mulut.

Menyikat Gigi
[Pexels]

Namun di samping itu, apakah Anda juga sudah melakukan sikat gigi dengan cara yang baik dan benar ? caranya yaitu jangan tergesa-gesa ketika menyikat gigi, luangkanlah setidaknya 2-3 menit waktu Anda untuk menyikat gigi Anda secara keseluruhan, serta disikat dengan cara yang lembut dan lakukanlah secara melingkar di keseluruhan gigi sehingga menghilangkan plak yang ada di gigi, karena jikalau plak tersebut dibiarkan begitu saja akan dapat menyebabkan penumpukan karang dan lainnya, dan perlu diingat untuk menyikat bagian gigi yang sering digunakan untuk mengunyah makanan agar membersihkannya dari sisa-sisa makanan yang tertinggal.

Jangan Terlalu Keras Menyikat Gigi

Menyikat Gigi
[Pexels]

Sebagaimana yang disebutkan pada poin pertama tadi agar menyikat gigi dengan cara yang lembut, memang di antara tujuan menyikat gigi adalah untuk menghilangkan plak yang ada di gigi, akan tetapi harus diingat bahwa jikalau kita menyikat gigi terlalu keras akan dapat merobek gusi dan juga dapat menghilangkan enamel pada gigi sehingga menyebabkan gigi Anda menjadi lebih sensitif.

Pastikan Menggunakan Pasta Gigi yang Benar

Ketika menyikat gigi, sangat erat kaitannya dengan menggunakan pasta gigi, maka saran saya, pastikanlah bahwa pasta gigi yang Anda gunakan tersebut mengandung fluoride, yaitu pasta gigi yang dapat membantu meningkatkan pertahanan gigi dari pembusukan oleh kuman, yang tentunya sangat bermanfaat sekali agar menjaga gigi Anda agar selalu sehat dan kuat dan terhindar dari patah.

Baca Juga : Cara Merawat Muka Biar Glowing dan Tampak Segar Pria Wanita

Hindari Sering Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Manis

Memakan makanan dan minuman yang manis tentunya sesuatu yang sangat disukai oleh semua kalangan, baik tua maupun muda, namun perlu diperhatikan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsinya karena nantinya setelah keduanya masuk ke dalam mulut akan berubah menjadi asam disebabkan bakteri dan asam tersebut berkemungkinan untuk merusak enamel gigi sehingga menjadikan gigi sensitif dan menjadikan gigi berlubang.

Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Benang Gigi
[Pexels]

Membersihkan gigi dengan teknik flossing atau benang gigi ini di samping bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi ternyata juga bermanfaat untuk perawatan terhadap gigi, karena dapat mengurangi plak dan meredakan peredangan di area gigi.

Banyak Meminum Air

Air dikenal dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan gigi, air dikenal dapat memberikan manfaat dengan menghilangkan efek negatif yang terdapat pada makanan dan minuman yang telah dimakan.

Meminum air
[Pexels]

Memakan Makanan yang Bergizi

Selain air, makanan juga dapat memberikan manfaat kepada kesehatan gigi dan mulut seperti buah-buahan dan sayuran dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi dan mulut serta anggota tubuh lainnya, dan juga di sebuah penelitian mengungkapkan bahwasanya dalam lemak sehat dalam makanan laut bisa menghindari resiko peradangan yang terjadi di mulut.

Baca Juga : 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Hentikan Merokok

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut agar tetap sehat sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok Anda, karena pada rokok terdapat kandungan nikotin dan tar yang biasa menyebakan bibir menjadi hitam dan merubah gigi menjadi warna kuning, di samping itu merokok juga dapat menyebabkan gigi mudah rapuh dan patah, sebaiknya kebiasaan ini dihindari agar tidak menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Bersihkan Lidah Setiap Hari

Ini dilakukan bertujuan untuk menghilangkan berbagai macam bakteri yang terperangkap di lidah, terutama bagian atas yang berpotensi menyebabkan bau mulut dan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan gigi.


Demikianlah artikel "9 Kebiasaan Sederhana Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Tidak Bau dan Berlubang dan Terhindar dari Penyakit" semoga dapat memberikan manfaat kepada Anda sekalian dan diri penulis pribadi serta semoga kita semua selalu sehat dan sejahtera.

Posting Komentar untuk "9 Kebiasaan Sederhana Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Tidak Bau dan Berlubang dan Terhindar dari Penyakit"