Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah !!! Kandungan dan Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

iterkini.web.id - Salah satu vitamin yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita adalah vitamin C, tidak hanya kerap kali dicari sebagai penguat sistem imun tubuh kamu, vitamin ini juga dapat memberikan berbagai macam manfaat lain bagi kesehatan.

Apakah kamu penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu mengkonsumsi vitamin jenis ini  ? berikut penulis akan memaparkannya dengan artikel berjudul "Inilah !!! Kandungan dan Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh "!

Daftar Isi

manfaat vitamin c

Apa itu Vitamin C ?

Sebelum masuk ke pembahasan kandungan dan manfaat vitamin C, ada baiknya kita lebih dahulu berkenalan sedikit mengenai vitamin ini, jadi vitamin C memilki nama lain asam askorbat yang larut dalam air dan mempunyai peranan penting dalam upaya mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

kandungan vitamin c

Vitamin C atau asam askorbat ini juga punya peran dalam pembentukan jaringan dan sistem imun sebagaimana yang sudah disebutkan di awal.

Selain itu, jenis vitamin ini dapat digolongkan jenisnya kepada vitamin antioksidan yang dapat mencegah berbagai macam radikal bebas.

Vitamin ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita, makanya untuk mendapatkannya kamu harus mulai dengan membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk memenuhi kebutuhan, serta menjaga imunitas tubuh kita.

Vitamin C ini dapat ditemukan di beragam jenis buah dan sayur yang mudah didapatkan, bahkan bisa juga didapatkan dari suplemen berbagai macam suplemen yang saat ini biasa sudah tersebar luas di pasaran.

Bagi seorang pria dan wanita setidaknya membutuhkan (secara berurutan) 90 mg dan 75 mg vitamin C setiap harinya

Itulah perkenalan singkat tentang vitamin C, sangat banyak kandungan vitamin ini kan ? eeitttssss.. ini baru permulaan ya, yuk disimak terus.

Apa Saja Manfaat dan Kandungan Vitamin C ?

1. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Ketika imun tubuh kamu melemah, maka kamu akan lebih rentan terkena penyakit, maka vitamin C ini dapat menjadi solusi bagi kamu seperti pada saat kamu sedang mengalami kelelahan.

Kandungan dan Manfaat Vitamin C
[Pexels]

Cara kerja vitamin ini dalam meningkatkan imunitas seseorang yaitu dengan cara mendorong produksi sel darah putih sehingga dengan sel tersebut dapat melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.

Selain itu pada saat kamu sedang mengalami masa pemulihan dari penyakit maka vitamin ini juga dapat mempercepat proses pemulihan kamu.

2. Sebagai Pelindung Tubuh dari Radikal Bebas

Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yang sebagaimana kita ketahui radikal bebas dapat merusak sel sel sehat yang terdapat di dalam tubuh sehingga dapat mengakibatkan tubuh menjadi rusak.

Ada berbagai macam gangguan gangguan yang dapat disebabkan oleh radikal bebas terhadap kesehatan, di antaranya obesitas, diabetes bahkan dapat menyebabkan kanker.

3. Melindungi Tubuh dari Gangguan Kesehatan yang Terjadi Akibat Stress

Kandungan dan Manfaat Vitamin C
[Pexels]

Ini dapat terjadi karena kandungan vitamin C itu sendiri memiliki intensitas kepekaan terhadap hormon stress yang diproduksi oleh tubuh sehingga dengan kandungan vitamin ini dapat menjaga asupan hormon stress tersebut agar tetap stabil sehingga dapat terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.

4. Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Hasil sebuah riset menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dapat menurunkan tekanan darah tinggi walaupun vitamin ini sebenarnya lebih cocok disebut sebagai vitamin pelengkap. 

Jika kamu mengalami gangguan darah tinggi, kamu bisa mengkonsumsi obat yang disarankan dokter dengan makanan yang mengandung vitamin C sebagai pelengkap. 

Kandungan dan Manfaat Vitamin C
[Pixabay]

5. Menurunkan Resiko Sakit Jantung

Salah satu yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi, kolesterol HDL yang rendah.

Kandungan dan Manfaat Vitamin C
[Pixabay]


Maka dengan mengkonsumsi makanan,suplemen yang mengandung vitamin C dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

6. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat ini merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh salah satunya memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah serta mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Adapun cara kerja zat ini adalah pada saat tubuh mengkonsumsi vitamin C serta menyerap zat besi dari makanan, maka vitamin ini akan mengubah zat besi menjadi bentuk yang lebih mudah diserap .


Demikian artikel ini tentang "Inilah !!! Kandungan dan Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh " semoga kita dapat mengambil manfaat dari artikel ini

Posting Komentar untuk "Inilah !!! Kandungan dan Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh "