Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Jenis dan Fungsi RAM Pada Perangkat Komputer, Laptop, Smartphone

iterkini.web.id - Mungkin di antara kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah RAM, terutama bagi kamu yang menggunakan smartphone dan laptop, mungkin RAM ini merupakan salah satu yang menjadi nilai pertimbangan bagi kamu, terlebih ketika ingin mencari gadget yang lebih spesifik digunakan untuk gaming ataupun editing, maka biasanya kamu akan memilih RAM yang besar dengan harapan ketika bermain atau dalam proses editing tersebut akan lancar.

Daftar Isi

Jenis dan Fungsi RAM
Ilustrasi RAM. [Istock Photo]

Maka tahukah kamu apa fungsi RAM itu sendiri ? dan apa saja jenisnya ? di bawah ini penulis akan membahas satu persatu..!

Pengertian RAM

RAM  pertama kali dicetuskan oleh seorang yang bernama Robert Dennard pada tahun 1968, kata RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory.

Fungsi RAM

RAM memiliki beberapa fungsi pokok yang dapat membantu kamu ketika menggunakan perangkat, di antaranya :

RAM Berfungsi Sebagai Penyimpanan Data Sementara

RAM itu sendiri merupakan sebuah hardware yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data sementara yaitu ketika perangkat (smartphone atau laptop) digunakan atau dalam keadaan aktif (hidup).

Jenis dan Fungsi RAM
Ilustrasi Data. [Pixabay]

Yang berarti bahwa RAM ini hanya bekerja ketika perangkat kamu dalam keadaan hidup dan ketika perangkat yang kamu gunakan dalam keadaan mati maka data data sementara yang tadinya  terdapat dalam memory pada saat perangkat dalam keadaan hidup akan kembali kosong dan RAM tersebut akan berfungsi lagi ketika perangkat di aktifkan.

Dalam sebuah perangkat misalnya smartphone, fungsi RAM ini sangatlah penting untuk penyimpanan data sementara, jadi pada saat kamu menggunakan smartphone-mu maka data sementara yang kamu kerjakan tersebut nantinya akan tersimpan oleh RAM secara otomatis.

Atau contoh lainnya pada perangkat komputer, misalnya kamu sedang mengetik  sebuah dokumen di Microsoft Word, maka ketika itu RAM akan secara otomatis menyimpan progress kamu di dalam memory yang bersifat sementara, yang masih dapat kamu akses di history selama kamu belum mematikan perangkat komputermu,  maka yang mesti kamu lakukan seharusnya adalah agar menyimpannya agar tidak terjadi kehilangan dari data sementara yang tadi telah dibuat.

RAM Berfungsi Untuk Mendukung Aktivitas Multitasking

Jenis dan Fungsi RAM
Ilustrasi Multitasking. [Pixabay]

Fungsi RAM ini dapat mempermudah kamu dalam melakukan aktivitas dalam perangkat, namun tahukah kamu apa itu multitasking ? yaitu kamu dapat membuka lebih dari satu software atau aplikasi dalam perangkat kamu, maka jika perangkat kamu memiliki RAM yang besar, maka akan besar kemungkinan perangkat kamu dapat melakukan aktivitas multitasking ini dengan lancar tanpa terkendala seperti lag atau lola.

RAM Berfungsi Untuk Mempercepat Kinerja Perangkat (smartphone atau laptop)

Fungsi RAM inilah yang biasanya dicari oleh orang yang ingin membeli smartphone atau laptop, karena dengan memiliki kapasitas RAM yang tinggi maka akan dapat mempercepat kinerja perangkat tersebut ketika memproses sebuah data atau informasi.

Jenis dan Fungsi RAM
Ilustrasi Cepat. [Pexels]

Maka itu berarti bahwasanya seberapa besarnya kapasitas RAM kamu akan dapat mempengaruhi kinerja dari perangkat kamu tersebut, maka jika kapasitas RAM kamu sedikit jika dipakai untuk menggunakan aplikasi yang lumayan besar akan dapat mengakibatkan RAM tidak bekerja dengan maksimal.

Itulah beberapa fungsi pokok dari RAM (Random Access Memory) yang kamu pertanyakan selama ini.

Jenis Jenis RAM

Jadi jenis jenis RAM ini ada beberapa ya, tidak hanya satu jenis saja, maka ketika kamu ingin membeli sebuah perangkat kamu bisa menyesuaikan RAM jenis apa yang kalian inginkan sesuai fungsi RAM tersebut ! dan keterangannya bisa kamu lihat dibawah ini :

Fast Page Mode Dynamic RAM (FPM DRAM)

Ini merupakan jenis RAM yang paling awal muncul yang pada saat ini jenis RAM ini sudah tergolong jadul dan memiliki kecepatan yang lambat yaitu sekitar 176 MB per detik dengan rentang kinerja di antara 16 MHz - 66MHz.

FPM DRAM
FPM DRAM

Dynamic RAM (DRAM)

Memory ini merupakan kelanjutan dari jenis RAM sebelumnya FPM DRAM yang mana kinerjanya lebih cepat dibandingkan sesepuhnya sebelumnya, adapun rentang kinerjanya di antara 4.7 MHz - 40 MHz.

DRAM
DRAM

RAM ini punya ciri khas yang di refresh oleh CPU (Central Porcessing Unit) secara berkala  agar data yang ada di dalamnya tidak hilang. dan untuk kebutuhan transistor, kapasitor dan penyegaran berkala dan karena inilah yang membuat DRAM punya kinerja yang lambat.

Sychronous Dynamic RAM (SDRAM)

Jenis RAM ini merupakan kelanjutan dari DRAM sebelumnya yang mana telah disinkronasikan dengan sistem waktu atau clock speed sehingga kinerjanya lebih cepat dari pendahulunya DRAM, SDRAM ini banyak digunakan pada tahun 1996 - 2003 pada komputer era tersebut.

SDRAM
SDRAM

Adapun perangkat yang biasanya menggunakan Jenis RAM ini adalah konsol game dan komputer, adapun rentang kinerja dari jenis RAM ini adalah 100 MHz - 133 MHz dengan kapasitas memory 16 MB - 1 GB.

Static RAM (SRAM)

Jenis RAM ini terbuat dari semi konduktor yang tidak berbeda dari pendahulunya DRAM yang mana tidak perlu lagi dengan kapasitor dan penyegaran berkala yang dilakukan oleh CPU sehingga kinerjanya lebih cepat dari sebelumnya yaitu bisa sampai 500 MHz.

SRAM
SRAM

Adapun perangkat yang biasanya menggunakan jenis RAM ini di antaranya printer, router, kamera digital, layar LCD.

Kekurangan dari Jenis RAM ini adalah harga produksi yang mahal sehingga yang dijual di pasaran adalah yang berkapasitas rendah yaitu di bawah 1 GB.

Flash RAM (FRAM)

Jenis RAM ini lebih fleksibel yang mana mampu digunakan menyimpan data dan menghapusnya.

Jadi FRAM Ini menguntungkan karena bisa menyimpan data begitu daya habis atau terputus. Maka bisa dijadikan cadangan dalam keadaan darurat misalnya saat mati lampu  atau perangkat tiba tiba mati.

Flash RAM ini biasanya digunakan pada perangkat printer, usb flash drive, kartu memori, perangkat  elektronik kecil.

Video RAM (VRAM)

Jenis RAM ini berkaitan erat dengan GPU (Graphics Processing Unit) mempunyai peran yang sangat penting dalam kinerja grafis, dan tentunya ketika melakukan aktivitas yang berkaitan dengan desain grafis 3D, dengan menggunakan jenis RAM ini akan membuat performa perangkat menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan RAM system.

Maka bagi kamu yang senang dengan desain grafis bisa mencoba memakai perangkat terutama komputer atau laptop yang memakai jenis RAM VRAM ini !

VRAM
VRAM

Single Data Rate Sychronous Dynamic RAM (SDR SDRAM)

Jenis RAM ini merupakan perluasan dari SDRAM, Single Data Rate merupakan RAM yang mengindikasikan bahwa RAM ini memproses satu instruksi baca dan tulis per siklus.

Double Data Rate Sychronous Dynamic RAM (DDR RAM) 1,2,3 dan 4

Merupakan jenis RAM yang populer 20 tahun belakangan, adapun maksud dari angka di belakang jenis RAM, merupakan generasi dari jenis RAM tersebut yang semakin tinggi angkanya maka semakin cepat proses transfer data yang dapat dilakukannya.

DDR RAM
DDR RAM

Pada saat sekarang ini DDR yang paling mutakhir dan memiliki banyak peminat adalah DDR generasi ke-4 meskipun DDR generasi ke-3 juga banyak peminatnya.

  • Adapun RAM DDR generasi ke-1 mulai mencuat pada akhir tahun 2000an sehingga banyak dipakai oleh masyarakat  pada masa itu, kemunculan jenis RAM ini disebabkan karena generasi sebelumnya yaitu SDR SDRAM sudah tidak mampu lagi untuk menyesuaikan kebutuhan data sehingga muncullah jenis RAM DDR generasi ke-1 ini
    Adapun kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh jenis RAM ini yaitu 200 MT/s - 400 MT/s dengan kinerja kecepatan clock bus yang dapat dilakukan oleh jenis RAM ini yaitu 100-200 MHz.
  • Setelah itu barulah hadir jenis RAM DDR generasi ke-2 sebagai pembaruan dari generasi sebelumnya, yang pada 2004-2008 jenis RAM ini menjadi standar kualitas RAM pada era tersebut, yang mana kecepatan pada transfer data dan clock speed yang ditawarkan lebih cepat dari sebelumnya yaitu 400 MT/s - 1066 MT/s dan clock speed 200 MHz - 533 MHz dan di generasi ini ukuran RAM keping sudah bisa mencapai 1-2 GB dengan konsumsi daya yang rendah yaitu 1.8v.
  • Lalu di tahun 2009 mulai mencuat jenis DDR generasi ke-3 yang sampai tahun 2019 pun masih tetap banyak dipakai dan ukuran kepingan RAM pada generasi ke-3 ini sudah bisa mencapai 8 GB dan kecepatan transfer datanya yaitu 800 MT/s - 2133 MT/s dengan clock speed 400 MHz - 1066 MHz dengan konsumsi daya yang lebih rendah lagi yaitu 1.3v pada laptop tipis agar tidak panas.
  • Yang Mutakhir pada tahun 2013-2015 mulai ramai di pasaran DDR generasi ke-4 ini, yang kecepatan transfer data yang sudah mencapai 2133 MT/s - 4266 MT/s dan dengan clock speed 1066 MHz - 2133 MHz.
    Pada tahun 2018-2019 DDR generasi ke-4 ini menjadi jenis RAM yang terbaik di eranya walaupun harga yang ditawarkan untuk produk ini sebanding dengan kualitasnya, adapun konsumsi daya dari jenis RAM ini 1.5v.
Demikianlah artikel tentang "Pengertian, Jenis dan Fungsi RAM Pada Perangkat Komputer, Laptop, Smartphone" semoga dapat memberikan manfaat untuk penulis dan bagi para pembaca semua.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Jenis dan Fungsi RAM Pada Perangkat Komputer, Laptop, Smartphone"