Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Keras Komputer atau Hardware Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi

iterkini.web.id - Mungkin sebelum kalian melihat artikel yang penulis buat ini kalian sudah cukup sering menggunakan komputer atau laptop, dan mungkin juga ada diantara kalian yang pernah mendengar istilah perangkat keras komputer disebut juga dengan istilah hardware, terutama bagi kalian yang pada saat ini sedang duduk di bangku persekolahan, tentunya tidak asing dengan istilah ini, namun tahukah kalian apa sih yang dimaksud dengan hardware atau perangkat keras ini ? Maka kali ini penulis akan membahas terkait "Perangkat Keras Komputer atau Hardware Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi".

Daftar Isi

Hardware adalah
Ilustrasi Hardware. [Pexels]

Perangkat Keras atau Hardware

Perangkat keras atau hardware adalah semua jenis komponen yang dapat diraba, dilihat dan dirasakan pada perangkat laptop atau komputer, yang dapat disimpulkan merupakan segala komponen yang dapat dirasakan atau dilihat secara langsung seperti perangkat RAM, CPU, monitor, printer, mouse, keyboard dan lainnya, dan inilah perbedaannya dengan perangkat lunak atau software yang mana bentuk fisiknya tidak dapat dirasakan dan dilihat secara langsung.

Perangkat Keras Komputer
Ilustrasi Hardware. [Pexels]

Antara hardware dan software satu sama lain saling berkaitan erat yang mana perangkat keras atau hardware bekerja sebagaimana yang diinstruksikan software.

Setelah kita mengenal hardware secara umum, selanjutnya kita akan membahas beberapa karakteristik dan fungsi hardware.

Baca Juga : Terungkap !! Inilah Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya 

Karakteristik Perangkat Keras atau Hardware

Perangkat keras atau hardware dapat kita kenali dengan melihat karakteristiknya seperti : bersifat keras, dapat dirasakan dan dipegang secara langsung, punya bentuk fisik seperti yang dicontohkan sebelumnya : keyboard, printer dan lainnya.

Klasifikasi Perangkat Keras atau Hardware

Perangkat keras memiliki 5 klasifikasi, berikut penulis akan menyajikan penjelasan beserta contohnya :

Hardware Input

Yaitu merupakan perangkat keras yang bertugas untuk menginput data ke dalam komputer, data tersebut dapat berbentuk teks, gambar, audio dan video. 

Mouse Hardware
Hardware Input. [Pexels]

Contohnya yaitu perangkat scanner yang memiliki fungsi untuk menyalin gambar dan menyimpannya ke dalam komputer, mouse yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada komputer dan keyboard untuk memasukkan huruf, angka dan simbol ke dalam komputer.

Hardware Output

Yaitu perangkat yang bertugas untuk menghasilkan data atau output yang dapat dimengerti oleh user setelah melalui proses pengolahan input dilakukan yang data atau output tersebut dikeluarkan melalui perangkat lain.

Perangkat Keras Printer
Hardware Output. [Pexels]

Seperti monitor yang dapat menampilkan visual yang merupakan hasil dari proses input komputer dalam bentuk teks, gambar dan video, contoh lainnya sepert printer yang dapat mencetak informasi atau data visual dalam bentuk gambar atau tulisan

Hardware Process

Yaitu perangkat yang bertugas untuk memproses data dan informasi yang telah dimasukkan ke dalam komputer, dan inilah perangkat keras komputer yang disebut sebagai otaknya komputer karena bertugas melakukan proses penting terhadap data yang telah kita inputkan.

Hardware CPU
Hardware Process. [Pexels]


Contoh perangkatnya : CPU yang bertugas untuk mengontrol, menginstruksi, mengelola data dan menghasilkan output yang diinginkan, VGA yang berfungsi untuk mengolah serta memprosees data grafis, RAM yaitu penentu kecepatan akses komputer.

Storage

Sebagaimana kata tersebut berasal dari bahasa inggris storage yang artinya adalah penyimpanan, jadi perangkat keras ini berfungsi untuk sebagai wadah penyimpanan data di dalam komputer.

Perangkat Keras Komputer atau Hardware
Hardware Storage. [Pexels]

Penyimpanan ada beberapa macam, yaitu : Hard disc atau juga biasa disebut dengan HDD yang bisa terpasang secara internal maupun eksternal dalam komputer, Flash disc merupakan perangkat keras penyimpanan yang cara menghubungkannya ke komputer atau perangkat lainnya melalui USB, Optical disc yang dibaca dan ditulis dengan menggunakan media cahaya laser seperti CD dan DVD

Perangkat Tambahan

Yaitu perangkat yang berfungsi untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah yang berasal dari user.

Contohnya modem yang merupakaan alat komunikasi yang digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan internet.


Demikian artikel tentang "Perangkat Keras Komputer atau Hardware Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi" semoga kita dapat mengambil manfaat dari artikel ini.


Posting Komentar untuk "Perangkat Keras Komputer atau Hardware Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi"