Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terungkap !! Inilah Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

iterkini.web.id - Bagi kamu user komputer atau laptop atau bagi kamu yang pernah main ke warung internet pasti tidak asing dengan kata virus, selayaknya penyakit yang diderita oleh manusia, maka pada laptop atau komputer dan perangkat lainnya termasuk hp, tablet juga bisa diserang oleh virus yang dapat memberikan efek pada sistem perangkat kamu yang keberadaannya dapat ditandai dengan menurunnya performa perangkat, atau perangkat kamu terasa lebih lemot dari sebelumnya maka kali ini penulis akan membahas mengenai "Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya ".

Daftar Isi

virus komputer
Ilustrasi Virus Komputer. [Pexels]

Pengertian Virus 

Virus komputer merupakan sebuah program yang terdapat dalam komputer yang dapat menyalin atau menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program lain.

Bahaya dan Dampak Eksistensi Virus

Virus yang terdapat dalam perangkat komputer atau laptop kamu jikalau tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan dapat mengakibatkan sistem perangkat kamu perlahan menjadi rusak dan yang paling fatal akan dapat mengakibatkan perangkat kamu rusak total.

Sebenarnya akibat dari keberadaan virus pada perangkat komputer atau laptop ini secara umum lebih berorientasi kepada pengrusakan software (perangkat lunak) yang ada di dalam komputer atau laptop, dan tidak secara langsung dapat merusak hardware (perangkat keras) secara langsung tetapi dapat membuat over process perangkat tertentu.

Tak hanya sampai di sana, bahkan virus tersebut dapat saja menyusup ke data pribadi kamu seperti mencuri data privasi, menggandakan dirinya sendiri yang dapat mengakibatkan penuhnya kapasitas memori komputer atau laptop kamu serta dapat menghapus file dan juga dapat menginfeksi perangkat yang berada dalam satu jaringan dengan kamu.

Penyebaran Virus 

Virus dapat tersebar melalui beberapa cara, namun yang paling umum terjadi yaitu ketika melakukan aktivitas transfer file dengan menggunakan flash disk, lalu ketika seseorang melakukan instalasi software (perangkat lunak) ke dalam komputer (virus dapat diselundupkan dalam software tersebut) dan juga ketika seseorang melakukan download di internet.

Jenis Jenis Virus Komputer

Berikut beberapa jenis virus yang dapat menyerang perangkat kamu !

virus komputer
Jenis Virus Komputer. [Pexels]

Virus Worm

Karakteristik virus ini yaitu dapat menggandakan atau mereplikasi dirinya sendiri dan membuat file yang tidak berguna secara acak pada komputer atau laptop kamu sehingga sering mengakibatkan hard disk kamu menjadi cepat penuh atau full dan tentunya ini membuat sebagian orang menjadi jengkel.

Virus jenis ini merupakan virus yang tidak terlalu berbahaya bagi sistem komputer, akan tetapi jangan dianggap enteng ya sob, karena jika virus ini terus dibiarkan maka akan dapat mengakibatkan hard disk kamu menjadi full tanpa sebab.

Virus ini dapat tersebar melalui koneksi internet atau melalui email meskipun virus ini sebenarnya tidak merusak file.

Bedanya virus jenis worms ini dengan jenis lain adalah persebaran virus jenis ini tidak dengan menyisipkan program virus dirinya kepada program lainnya, akan tetapi persebaran virus ini lebih condong melalui pemanfaatan celah keamanan yang terdapat pada komputer atau laptop kamu.

Cara Mengatasi :

Cara mengatasi virus komputer jenis ini dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama upaya pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah dengan menutup celah keamanan yang dianggap rentan tadi, yaitu dengan mengupdate service pack komputer kamu kepada versi yang paling baru, dan yang kedua sebagai upaya penyelesaian komputer yang sudah terkontaminasi dengan virus jenis ini dapat dilakukan dengan melakukan scan dan menghapus hasil duplikasi file acak yang tidak berguna tersebut serta menghapusnya yang dapat dilakukan dengan cara mengunduh dan menggunakan antivirus versi terbaru.

Virus Trojan

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah virus trojan ini sebagai virus yang berbahaya dan itu benar sekali, karena virus ini dapat mencuri data-data privasi terutama password, dan informasi lain dari target dan lebih parahnya lagi virus ini dapat membuatnya dapat mengendalikan targetnya berupa hak untuk mengakses informasi pribadi kamu, ini merupakan jenis virus yang licik yang biasa digunakan penjahat yang tersebar di dunia maya.

Virus ini merupakan software (perangkat lunak) yang dapat merusak sistem atau jaringan komputer kamu.

Beda antara virus jenis ini dari virus jenis worms dan lainnya yaitu virus trojan ini bersifat "stealth" atau tidak terlihat yang mana program ini ketika dilihat seolah-olah program baik-baik padahal sebenarnya merupakan aplikasi yang sangat mencelakakan, dan juga di jenis virus ini virus jenis worms lebih bersifat agresif sehingga dapat membuat sistem menjadi crash.

Cara Mengatasi :

Kurang lebih sama dengan solusi sebelumnya yaitu dengan menggunakan software (antivirus) yang dapat mendeteksi keberadaan virus trojan ini di dalam komputer sebagai upaya penangkalan dan juga lebih baik lagi jika dibarengi dengan mengaktifkan sistem firewall komputer atau laptop kamu untuk keamanan yang lebih maksimal. 

Virus Rogue

Adapun virus jenis ini perlu kamu waspadai ketika ingin mendownload software sejenis antivirus, gunakanlah antivirus yang sudah terpercaya keamanannya, seperti Avast, Smadav yang dapat kamu peroleh melalui website resminya, berhati-hatilah ketika kamu mendownload antivirus di luar website resmi, karena jenis virus ini mencoba membuat replikasi program antivirus semirip mungkin dan ketika dijalankan nantinya akan memberikan beberapa peringatan palsu mengenai virus yang terdapat di dalam komputer atau laptop yang mana untuk meyakinkan kepada kamu bahwa antivirus ini benar-benar asli.

Tujuan dari virus jenis ini adalah agar kamu membeli antivirus palsu tersebut dan para pencuri tersebut mendapatkan pemasukan dari hasil pembelian kamu.

Juga kamu harus hati-hati karena virus ini dapat membuat celah keamanan bagi komputer atau laptop kamu agar disusupi oleh virus lain.

Cara Mengatasi :

Kamu harus lebih hati-hati dalam memilih jenis antivirus yang digunakan di komputer atau laptop kamu, kamu juga bisa mencari rekomendasi tentang antivirus di website-website yang kamu anggap dapat dipercaya.

Virus Komputer
Virus Komputer. [Pexels]

Virus Spyware

Merupakan sejenis virus malware (perangkat lunak berbahaya) yang dipasang oleh penjahat, pencuri yang dalam dunia IT dikenal dengan hacker jahat yang tujuan akhirnya untuk memantau dan mengumpulkan data kamu dan juga bisa merusak sistem komputer kamu.

Pada saat perangkat kamu terinfeksi dengan virus jenis ini maka yang akan terjadi si hacker akan dapat memantau apa saja yang kamu lakukan di perangkat kamu, baik itu dari segi aktivitas yang kamu lakukan di komputer atau internet bahkan kredensial login dan saat membuka data sensitif pun akan dapat disusupi oleh virus ini.

Virus Komputer
Virus Spyware. [Pexels]

Virus spyware ini dapat menyebar ke komputer atau laptop kamu melalui aplikasi atau software yang disusupi olehnya, atau karena aktivitas download atau membuka link website yang tidak terpercaya serta memberikan izin kepada asal software.

Maka oleh karena itu intinya ketika kamu berselancar di internet maka kamu harus hati-hati karena virus dapat menyusupi perangkat kamu melalui banyak media !

Cara Mengatasi :

Spyware ini dapat dicegah dengan menggunakan antivirus anti malware, juga bisa dengan menampilkan berkas tersembunyi yang ada pada perangkat kamu sehingga akan tampak aplikasi yang sekiranya mencurigakan.

Virus FAT

FAT merupakan singkatan dari File Allocation Table Virus jenis ini bisa menghilangkan file kamu seolah-olah file kamu hilang tanpa alasan yang jelas.

Maka ketika file kamu menghilang tiba-tiba tanpa kamu menghapusnya atau tanpa alasan yang jelas maka patut dicurigai bahwa perangkat kamu sudah disusupi oleh virus jenis ini.

Cara Mengatasi :

Yaitu bisa dihilangkan dengan menggunakan antivirus, maka carilah antivirus terbaik bagimu.

Virus Komputer
Virus Komputer. [Pexels]


Virus Macro

Virus ini biasnya terjangkit pada lembar kerja elektronik seperti file berformat doc, xls dan lainnya, virus ini juga sering disebut dengan virus email karena biasanya virus ini tersebar melalui email

Cara Mengatasi :

Yaitu bisa dengan meminimkan membuka email orang yang sekiranya tidak dikenal, apalagi membuka link yang dikirimkan tanpa jelas maksudnya, dan juga virus ini dapat dijauhi dengan menonaktifkan fitur macro.

Demikian "Terungkap !! Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya" semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Terungkap !! Inilah Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya "