Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Malware di PC Windows 7 Mudah

iterkini.web.id - Cara Menghilangkan Malware di PC Windows 7Malware merupakan ancaman paling sering diterpa pengguna gadget terutama handphone, laptop bahkan komputer, utamanya pada os windows 7. Pada os windows 7 itu sendiri, segala dukungan baik dari segi keamanan dan dukungan lainnya telah dihentikan sejak awal tahun 2020 lalu yang menyebabkan seri Windows yang satu ini akan lebih rentan terserang oleh virus atau malware yang kian lama semakin canggih dari tahun ke tahun.

Mengantisipasi dan mencegah malware ini merupakan perkara yang mesti diperhatikan, terutama bagi pengguna os win 7 yang terbilang tua, karena os ini sendiri telah dirilis semenjak tahun 2009 terlebih lagi dukungan terhadapnya telah dihentikan. Sehingga jika malware atau virus ini tidak dikendalikan dan dihilangkan pada perangkat kita, maka salah satu dampak yang bisa terjadi adalah system komputer menjadi error bahkan parahnya lagi bisa menjadi rusak.

Mengatasi Virus
Source : Pexels.com

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan malware pada OS Windows 7 :

Daftar Isi

Malware

Sebelum memasuki pembahasan inti kita mengenai cara membersihkan malware, maka sebelumnya alangkah lebih baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai istilah malware itu sendiri, karena mungkin ada sebagian di antara kita yang masih kurang paham mengenai istilah ini.

Malware sendiri merupakan singkatan dari malicious software yang berarti software jahat. Software ini kita sebut "jahat" karena memang dengan adanya eksistensi malware ini akan dapat merusak, mencuri data yang terdapat pada perangkat gadget sang korban yang terpapar malware tanpa seizin korban.

Dari pemaparan definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa istilah malware merupakan sebuah istilah umum yang merujuk kepada berbagai macam software yang berpotensi untuk merusak dan mencuri data para korbannya. Maka pada faktanya, ada beberapa macam jenis malware yang bisa kita temukan di dunia per-komputeran, di antaranya : virus wormtrojanspywareransomware dan lainnya.

Itulah sedikit pengenalan mengenai malware itu sendiri. Mungkin dari pembahasan tersebut kita sudah mengetahui secara garis besar apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Baca Juga : Terungkap !! Inilah Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Malware di PC Windows 7

Masuk ke pembahasan inti kita mengenai cara hapus malware dari Windows 7 dengan beberapa cara mudah yang bisa kalian praktikkan secara otodidak :

Melalui Command Prompt 

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi virus yang terdapat di komputer yaitu menggunakan fitur command prompt. Adapun caranya bisa kalian simak sebagaimana berikut :

  • Buka command prompt dengan cara tekan tombol Windows pada keyboard, lalu ketikkan cmd, maka setelah muncul command prompt > klik kanan > Run As Administrator > Oke
  • Setelah terbuka, selanjutnya silahkan kalian copy command berikut ini :
dir E: attrib –s –h/s /d
  • E merupakan disc yang ingin dicek eksistensi virusnya. Jadi, jika kalian ingin cek pada disc lainnya, silahkan rubah sesuai kebutuhan kalian
  • Selanjutnya silahkan tekan "Enter" dan kalian akan dipaparkan dengan berbagai macam jenis file yang terdapat pada disc tersebut
  • Maka silahkan kalian cek satu persatu, dan perhatikan mana sekiranya file dengan ekstensi .exe yang kalian anggap mencurigakan
  • Setelah ketemu, silahkan kalian eksplorasi disc kalian melalui file explorer dengan melakukan search terkait file yang kamu anggap mencurigakan sebelumnya dan silahkan di hapus

Pasang Program Anti-Malware

Meskipun malware semakin lama kian berkembang sehingga semakin susah dideteksi keberadaannya, namun pada faktanya sudah ada banyak program anti-malware yang mampu menemukan perangkat lunak jahat ini. Ada beberapa software yang admin rekomendasikan bagi kalian yang ingin mencoba software anti-malware ini untuk mengatasi malware di laptop windows 7 atau perangkat lainnya :
  • Bitdefender
  • McAfee
  • MalwareBytes Anti-Malware Free
  • NoVirus Thanks Malware Remover
  • Norman Malware Cleaner

Itulah beberapa perangkat lunak yang bisa admin rekomendasikan untuk menghilangkan malware di pc windows 7.

Software anti-malware ini sangat efisien untuk digunakan sebagai penangkal berbagai macam virus yang terdampak pada perangkat gadget kalian. Maka setidaknya install salah satu aplikasi tersebut namun jangan lupa untuk selalu memastikan software tersebut selalu up-to-date, ini dilakukan agar performa dari aplikasi penangkal virus malware tersebut dapat bekerja dengan lebih maksimal dan lebih baik tentunya.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Baru Beli Agar Awet Hingga 10 Tahun

Hapus File yang Mencurigakan

Dalam menggunakan perangkat komputer dan laptop, khususnya dengan os windows 7 yang mana sudah tidak didukung lagi sistem keamanan terbarunya oleh microsoft. Tentunya kita mesti hati-hati dalam memasang file maupun mengunduh program yang ingin kita gunakan. Karena banyak aplikasi pada saat sekarang yang disusupi dan dibarengi dengan berbagai macam malware, terutama virus worm dan trojan yang sangat mengganggu kita dalam menjalankan aktivitas berkomputer.

antisipasi virus
Source : Pexels.com

Maka untuk cara menghilangkan malware di windows 7, langkahnya yaitu dengan melakukan penghapusan terhadap file yang dianggap mencurigakan.

Langkah ini sangat baik untuk menjaga keamanan komputer kita agar terhindar dari serangan berbagai macam virus yang mencoba menerobos masuk. 

Maka silahkan kalian pilah pilih kembali file yang terdapat pada perangkat kalian sehingga dapat mencegah potensi malware menyuspi komputer.

Install Ulang Komputer

Jika komputer dan perangkat kalian sudah terpapar malware begitu parah, seperti terpapar ransomware yang berakibat file system menjadi ter-enkripsi sehingga tidak bisa dibuka sama sekali kecuali memberikan tebusan kepada pelaku cyber attack atau pada perangkat kalian sudah muncul berbagai macam iklan yang tidak dapat lagi dikontrol. Maka cara terakhir yang bisa kalian gunakan setelah melalui berbagai cara yang telah admin paparkan sebelumnya adalah dengan melakukan install ulang pada perangkat kita.

Cara ini merupakan cara paling ampuh untuk menghilangkan segala macam malware dan virus yang menyerang perangkat kita.

Sehingga dengan cara ini maka perangkat akan kembali ke setelan sistem pabrik dan terhindar dari berbagai macam malware dan virus yang berbahaya.

Itulah cara membersihkan malware di laptop yang bisa kalian coba pada perangkat kalian di rumah. 

Baca Juga : Apa Perbedaan Laptop dan Komputer ? Ini Jawabannya

Antisipasi Berbagai Bentuk Serangan Malware

Sebagai pengetahuan tambahan, di sini admin akan memaparkan beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengantisipasi terjadinya berbagai macam serangan malware yang bisa terjadi pada perangkat :

Jangan Membuka Link pada Email Sembarangan

Jika kalian menerima email yang tidak jelas asalnya dari mana, maka jangan buka sembarangan, karena bisa jadi email tersebut malah dapat menimbulkan malware pada perangkat kalian.

Scan Komputer Berkala

Setelah kalian mengunduh aplikasi atau software anti-malware, maka usahakan untuk melakukan inspeksi secara rutin untuk mendeteksi kehadiran malware pada perangkat, karena pada dasarnya malware ini tidak tahu kapan dan dari mana munculnya. Sehingga dituntut kesiagaan kita untuk selalu aktif scan komputer sebagai langkah antisipasi kemunculan virus dan malware.

Pastikan Firewall Windows Aktif

Meskipun pembaharuan pada os windows 7 sudah berakhir. Pada perangkat komputer atau laptop kita masih memiliki sistem pertahanan dasar yaitu firewall. Maka harap dipastikan untuk selalu mengaktifkan firewall ini, karena program ini mampu memberikan pertahanan terhadap berbagai macam file dan program yang dianggap punya potensi berbahaya.

Jangan Bagikan Data Pribadi Sembarangan

Ini merupakan pengetahuan umum yang mesti kita miliki untuk menjaga diri sendiri maupun komputer agar terhindar dari berbagai macam cyber attack. Maka harap selalu memperhatikan ke mana saja data diberikan, pastikan situs tersebut tidak berbahaya.

Kesimpulan

Jadi adanya banyak cara mengatasi malware pada perangkat komputer maupun laptop kalian agar terhindar dari berbagai macam serangan virus dan malware. Pada tulisan di atas admin telah memaparkan beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mengantisipasi terpaparnya perangkat dari software jahat tersebut. Maka silahkan praktikkan beberapa cara tersebut pada perangkat kalian.


Itulah artikel tentang Cara Menghilangkan Malware di PC Windows 7 Mudah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian yang sedang terkendala dengan paparan malware maupun yang sekedar mencari pengetahuan tambahan seputar dunia komputer. Jangan lupa bagikan tulisan ini bila dipandang dapat memberikan manfaat tambahan bagi diri kalian pribadi maupun nantinya bagi teman-teman kalian yang terkendala dengan hal yang sama.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Malware di PC Windows 7 Mudah"