Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membasmi Tikus yang Membandel dan Merajalela di Rumah

iterkini.web.id - Tikus merupakan sumber permasalahan bagi banyak orang, disamping menjadi sumber munculnya penyakit, tikus juga tidak enak untuk dipandang alias ngeri dan menjijikan bagi sebagian orang, terlebih jika kalian punya gudang makanan pokok seperti beras misalnya, tentunya tidak mau dihinggapi oleh hewan kecil nan liar ini.

Cara Membasmi Tikus yang Membandel
Cara Membasmi Tikus yang Membandel dan Merajalela di Rumah

Nah pada artikel kali ini penulis akan membahas cara agar dapat membasmi tikus yang membandel.

Daftar Isi

Cara Membasmi Tikus yang Membandel di Rumah

Berikut akan kami paparkan beberapa cara yang bisa kamu ikuti sebagai langkah awal dalam pembasmian tikus di rumah, sekolah ataupun tempat lainnya.

Membasmi dengan Menangkap Tikus

Membasmi dengan Menangkap Tikus
Membasmi dengan Menangkap Tikus

Cara ini sangat efektif dilakukan, yaitu dengan menggunakan sebuah alat yang biasa disebut perangkap tikus, alat ini banyak dijual di pasar, atau biasa juga dijumpai di toko bangunan, kamu bisa mencoba langkah ini sebagai permulaan yaitu dengan meletakkan perangkap tikus tersebut dengan memberi umpan seperti makanan sisa di dalamnya. 

Perlu diingat, perangkap tersebut tempatkan di tempat yang sering dilalui tikus seperti di atap atau di kolong-kolong dapur.

Menggunakan Kapur Barus

Menggunakan kapur barus ini merupakan salah satu cara ampuh mengusir tikus dari rumah, caranya dengan meletakkan kapur barus di tempat yang sering dilewati tikus sehingga saat tikut memakan umpan tersebut, maka dapat dipastikan hewan kecil itu akan teracuni. 

Juga harus diketahui zat kapur barus ini sangat mematikan bagi tikus, sehingga kapur barus dapat menjadi cara membunuh tikus dengan cepat.

Menggunakan Minyak Peppermint

Hal ini karena peppermint merupakan bau yang tidak disukai tikus, maka cara kerjanya yaitu dengan membuat sebuah gumpalan kapas, lalu celupkan gumpalan kapas tersebut ke dalam minyak peppermint, lalu tempatkan bola kapas itu di tempat rawan tikus, maka cara ini dijamin ampuh membasmi tikus yang membandel dan bersarang di rumah.

Menggunakan Lada

Karena lada juga merupakan salah satu bau yang tidak disukai oleh tikus karena aroma lada ini akan membuat tikus menjadi sulit bernafas, maka coba kalian gunakan cara ini dengan meletakkan taburan lada ke tempat yang sering dihampiri si kecil yang satu ini.

Membersihkan Rumah

Ini dapat kalian lakukan dengan menyisir tempat-tempat yang dicurigai berpotensi menjadi tempat persinggahan dan penginapan bagi para tikus, seperti pada gudang, yang mayoritasnya berisi banyak sekali barang-barang yang tidak teratur, maka aturlah sedemikian rupa sehingga barang-barang kamu menjadi lebih teratur dan pastikan bahwa kamu tidak memberikan celah berupa tempat-tempat tertutup dan tersembunyi bagi sang tikus.

Menggunakan Irisan Bawang Bombay dan Putih

Membasmi tikus dengan bawang
Membasmi tikus dengan bawang

Karena dua bawang ini memiliki aroma bau yang amat kuat, maka aroma keduanya termasuk bau yang tidak disukai tikus, maka cara kerjanya, setelah kamu mengiris-iris bawang tersebut selanjutnya disebar ke berbagai tempat yang berpotensi ada tikusnya.

Menggunakan Ampas Teh

Membasmi Tikus dengan Menggunakan Ampas Teh
Membasmi dengan Menggunakan Ampas Teh

Bagi kalian yang suka ngeteh nih, setelah memakai tehnya jangan langsung dibuang, lebih baik kalian meletakkannya di tempat yang rawan tikusnya, karena ampas teh bisa menjadi cara ampuh mengusir tikus yang merajalela ini, karena aroma ampas teh tersebut dapat merusak pernapasan sang tikus.

Baca Juga : Cara Mengusir Kecoa di Kamar Tidur Secara Alami dan Mudah

Membasmi Tikus dengan Kulit Durian

Membasmi Tikus dengan Kulit Durian
Membasmi Tikus dengan Kulit Durian

Di samping aroma yang pekat dan kuat, juga yang membuat tikus lari terbirit-birit ketakutan adalah duri-duri yang terdapat pada kulit buah durian.
Selain itu, kulit durian ini bisa dijadikan sebagai perangkap tikus si tikus (kantor :v) karena dengan duri yang terdapat pada buah ini bisa menyebabkan tikus tertusuk sehingga lari ketakutan ya.

Cairan Pemutih

Membasmi Tikus dengan Cairan Pemutih
Membasmi Tikus dengan Cairan Pemutih

Pemutih bisa menjadi salah satu cara membasmi tikus karena bau menyengat yang dihasilkan dari cairan pemutih ini, caranya yaitu dengan mencampurkan pemutih dengan sedikit air, yang bertujuan agar bau yang dihasilkan tidak terlalu menyengat sehingga mengganggu aktifitas orang yang ada di rumah, lalu setelah itu disemprot atau disiramkan ke sarang tikus atau tempat yang berpotensi ada tikusnya seperti di loteng rumah.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membasmi tikus yang membandel, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Membasmi Tikus yang Membandel dan Merajalela di Rumah"