Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Rusak dan Tahan Lama

iterkini.web.id - Perawatan sepatu yang baik merupakan suatu yang penting untuk dilakukan agar sepatu yang anda miliki tidak rusak dan lebih tahan lama untuk digunakan, karena pada faktanya banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi keawetan sepatu seperti udara dan suhu tempat kalian sehingga perlu dilakukan perawatan secara berkala terhadap sepatu tersebut.

Daftar Isi

Cara Merawat Sepatu Agar Awet

Maka dalam rangka merawat sepatu agar tidak cepat rusak maka disini penulis akan membahas sedikit mengenai cara perawatan berbagai macam jenis sepatu sebagai berikut :

Cara Merawat Sepatu Sneakers

Bagi kalian pemilik sneaker, maka bisa menggunakan cara yang penulis rangkum di bawah ini :

Cara Merawat Sepatu Sneakers
Cara Merawat Sepatu Sneakers

1. Membersihkan dengan kain

Yang perlu diingat jangan memakai kain asal-asalan, saran kami, lebih baik untuk memakai kain microfiber (bisa klik untuk melihat) pada saat sepatu kalian terlihat kotor atau terkena cipratan noda yang kotor, dan jangan biarkan noda bertengger di sepatu kalian dengan jangka waktu yang lama, karena dapat menyebabkannya membekas.

2. Menggunakan semprotan pelindung sepatu

Produk ini juga sudah banyak dijual dipasaran, maka untuk menjaga sepatu sneakers kalian agar tampat bersih dan tahan maka pakailah produk ini yang fungsinya untuk menjaga sepatu kamu dari noda dan debu.

3. Jangan biarkan sepatu kamu basah

Ini dilakukan agar sepatu kamu terjaga dan kulit bagian luar tidak menjadi lapuk dan mudah rusak serta juga agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap ketika kamu menggunakannya.

4. Cuci sepatu secara berkala

Hal ini sangat perlu dilakukan agar sepatu kamu bersih selalu, maka yang perlu diingat lihat juga cuaca di tempat kamu tinggal, usahakan mencuci sepatu di saat tidak musim hujan agar sepatu cepat kering, atau juga bisa dibawa ke tempat jasa perawatan sepatu jika ada di sekitarmu, dan jika kamu mencuci sepatu sendiri, usahakan tidak mencuci sepatu dengan cara merendamnya di dalam air dengan deterjen dan sabun secara langsung karena bisa membuat warna sepatumu menjadi pudar dan sikat cukup pada bagian sol saja atau jika pakai sikat gigi yang lembut untuk menyikat permukaan sepatu agar tidak lecet

5. Simpan di tempat kering

Jangan biarkan sepatumu langsung terpapar sinar matahari agar menjaga keawetannya dan juga sebaiknya menyimpan sepatu di dalam ziplock dengan tambahan gel silica agar menjaga suhu di sekitar sepatu agar tidak lembap.

Baca Juga : 5 Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Sepatu Kulit

Bagi kalian yang memiliki sepatu kulit bisa perhatikan langkah berikut untuk merawat sepatu kalian !

Cara Merawat Sepatu Kulit
Cara Merawat Sepatu Kulit

1. Simpan sepatu dengan gel silica

Ini akan sangat berefek kepada sepatu jenis kulit agar menjaga kualitas kulit sepatu kalian tetap terjaga dan menghindar kulit sepatu kalian dari serangan jamur, karena dengan gel silica  maka kelembapan yang ada di sekitar sepatu kalian akan diserap oleh gel tersebut.

Maka caranya masukkan ke dalam sepatu kalian gel tersebut, atau jika kalian menggunakan kotak atau ziplock untuk sepatu masukkan gel ke dalamnya.

2. Gunakan lotion khusus

Lotion ini bisa kamu beli di toko online atau di pasar, maka gunakan lotion ini dengan menggunakan spoons, perlu diingat jangan ditambahkan ke dalam spoons tersebut air, karena sepatu kulit rentan terhadap air dan dapat membuat kulit sepatu menjadi pecah-pecah.

3. Simpan di tempat kering

Sebagaimana sneakers, jangan gunakan plastik untuk menyimpan sepatu kulit kamu, karena dengan plastik dapat menyebabkan warna sepatu cepat pudar dan juga bisa menimbulkan jamur di sepatu karena diterpa suhu lembap, maka yang saya sarankan pakailah ziplock dengan gel silica.

4. Saat kotor langsung bersihkan

Ini dilakukan agar kotoran tidak menumpuk dan lebih mudah untuk dibersihkan, maka penulis sarankan agar memakai lap basah atau pembersih khusus sepatu.

5. Semir sepeatu secara rutin

Gunanya agar warna dari sepatu ini terjaga dan tidak menjadi buram saat digunakan sehingga kamu lebih percaya diri menggunakannya.

6. Jangan jadikan sepatu serba guna

Maksudnya disini tidak usah memakai sepatu jenis kulit ini kapan pun dan dimana pun, yaitu saran penulis agar jangan menggunakan sepatu ini di tempat-tempat kotor, lebih baik selang-seling dengan sepatu kamu yang jenis lain agar menjaga sepatu tetap awet dan agar sepatu tidak cepat aus.

7. Gunakan kayu sepatu

Ini berguna agar bentuk dari sepatu kalian tidak berubah yaitu dengan cara menyelipkan kayu tersebut ke dalam sepatu.

Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis

Selanjutnya, bagi user sepatu kulit sintetis bisa menggunakan tips berikut :

Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis
Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis

1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Ini berguna agar kulit sintetis pada sepatu agar tidak cepat pudar, karena jika sering terpapar sinar matahari akan dapat membuat kulit sepatu sintetismu rentan pecah-pecah.

2. Membersihkan dengan kain microfiber

Sebagaimana sepatu lainnya, gunakan kain microfiber ini untuk menjaga kulit sepatu agar tidak cepat rusak.

Kain ini bisa kamu gunakan bilamana sepatu kamu terkena debu ataupun untuk membersihkannya dari cipratan air hujan.

3. Gunakan pelembab khusus

Ini gunanya unjuk menjaga keawetan kulit sepatu sintetis kamu agar menjadi lebih tahan ketika sering dipakai di luar.

4. Jangan mencuci menggunakan deterjen

5. Menyimpan dengan gel silica

Sebagaimana sebelumnya, simpan sepatu kamu di ziplock atau kotak sepatu dengan meletakkan gel silica agar menjaga udara sekitar tidak lembap dan menjaga agar lapisan kulit sepatu tidak terkelupas.

6. Semir minimalnya sekali seminggu

Itupun menyemirnya jangan menggunakan asal semir, karena perlu bahan khusus agar kulit tetap terawat, utamanya gunakan semir berbahan minyak biji rami dan pinus.

Cara Merawat Sepatu Suede

Cara Merawat Sepatu Suede
Cara Merawat Sepatu Suede

Selanjutnya bagaimana cara merawat sepatu berbahan suede ? berikut paparannya :

1. Jangan kena air

Ini merupakan hal yang paling urgent dalam perawatan sepatu suede, karena dengan terkena air, kulit dari sepatu suede bisa berubah, maka sebaiknya kalian sebelum pergi ke luar rumah pastikan dulu apakah akan hujan atau tidak, jika mendung sebaiknya urungkan niat kalian memakai sepatu berbahan suede agar menghindari perubahan warna yang terjadi, tentunya hal tersebut sangat tidak kita inginkan bukan.

2. Sikat secara berkala

Jangan gunakan sikat untuk baju ya, karena tekstur sikatnya yang kaku bisa merusak sepatu suede, sebaiknya gunakan sikat yang bulnya halus seperti sikat gigi agar menjaga sepatu kalian.

3. Sepatu kena minyak atau kuah makanan bersihkan dengan tepung

Ini yang perlu kalian tau, jika sepatu kalian terkena hal semacam ini lebih baik menggunakan tepung dengan cara menaburkan tepung ke kulit suede kalian semalaman lalu keesokan harinya kalian bisa menyikatnya dengan sikat gigi, ingat ! jangan malah menyiram sepatu kalian dengan air.

4. Gunakan spray khusus kulit suede

Ini bisa kalian beli di toko online atau di toko sekitar kalian.

Cara Merawat Sepatu Safety

Berikutnya cara merawat sepatu safety, kalian bisa simak ya !

Cara Merawat Sepatu Safety
Cara Merawat Sepatu Safety

1. Cuci dengan deterjen lembut

Jangan gunakan deterjen yang kasar agar menjaga warna sepatu kalian tidak pudar, dan jika sepatu kalian berwarna putih maka boleh untuk menggunakan sedikit odol dengan menyikat secara merata.

2. Pakai pembersih khusus

Yaitu pembersih berupa semprotan, ini dapat berguna sebagai antisipasi agar sepatu kamu tidak berjamur, atau jika sepatu kalian sudah berjamur bisa menggunakan ini agar menghilangkannya. dengan cara menyemprotkannya selanjutnya menyikat dengan sikat yang halus.

3. Jangan pakai saat basah

Karena jika kalian pakai saat basah bisa menyebarkan bakteri-bakteri yang dapat merusak sepatu kalian, maka ketika sepatu kalian sudah terkomtaminasi bakteri akan menyebabkan muncul bau tidak sedap.

Karena itu gunakanlah sepatu di saat kering saja supaya tidak menyebabkan hal yang sama-sama tidak kita inginkan tentunya.

4. Semir berkala

Sebagaimana sepatu jenis lainnya semirlah sepatu ini secara berkala agar warnanya tetap terjaga dan agar kamu tampil memakai sepatu jenis ini lebih percaya diri tentunya.

5. Simpan di tempat tidak lembap

Yaitu lebih baik di dalam ziplock dengan menggunakan gel silica agar dapat menyerap kelembapan udara di sekitar sepatu

6. Cuci sepatu berkala

Cara mencucinya jangan direndam ke dalam air karena bisa merusak bagian dalam sepatu, dan kamu juga bisa memakai baking soda dengan cara diambil beberapa sendok lalu dicampur air lalu disikat dengan sikat gigi secara merata dan jangan menjemur di bawah sinar matahari secara langsung agar menjaga sepatu supaya tidak berkerut.

Cara Merawat Sepatu Kanvas

Cara Merawat Sepatu Kanvas

Cara Merawat Sepatu Kanvas

Bagi kamu yang punya sepatu jenis kanvas, maka bisa disimak ya !

1. Saat kotor jangan langsung dicuci

Jika sepatumu berdebu atau terkena cipratan air kotor atau lumpur jangan langsung dicuci karena dapat malah memperluas wilayah kotornya, maka lebih baik dijemur terlebih dahulu lalu saat sudah kering maka ditepuk-tepuk sehingga hilang kotoran yang ada lalu baru dicuci.

2. Guna sabun cuci piring

Jika sepatu tidak terlalu kotor maka ini bisa dicoba dan tidak akan memudarkan warna sepatu kanvas kamu dan perlu diperhatikan sebelum dicuci buka dulu tali sepatu dan sikat dengan sikat yang halus seperti sikat gigi.

3. Jangan jemur secara langsung di bawah sinar matahari

Karena hal tersebut dapat merusak sepatu kanvasmu terutama warnanya akan menjadi memudar jika kebiasaan melakukan hal tersebut, maka perlu untuk dihindari ya.

4. Gunakan penyangga sepatu / kayu sepatu

Ini berguna untuk menjaga bentuk sepatu agar seperti saat masih baru pertama dibeli, karena kebanyakan sepatu kanvas yang sudah memiliki umur bentuknya akan menjadi lemas.

5. Simpan dengan gel silica dan ziplock

Cara Merawat Sepatu Boots

Cara Merawat Sepatu Boots
Cara Merawat Sepatu Boots

Berikutnya cara merawat sepatu boots ya, kalian bisa mengikuti tips berikut ini :

1. Sesudah pakai langsung dibersihkan

Ini sangat penting bagi kalian yang ingin sepatu kalian lebih awet.

2. Simpan di tempat sepatu atau dengan ziplock + gel silica

3. Bersihkan secara berkala

Caranya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya yaitu menggunakan sikat yang halus seperti sikat gigi dan jangan merendamnya secara langsung ke dalam air agar menjaga warna sepatu tetap awet.

Juga kamu bisa memakai minyak kelapa sebagai pencegah timbulnya jamur pada sepatu dengan cara menyikatnya dengan sikat gigi.

4. Bersihkan dengan baking soda

Ini bisa kamu coba jika sepatu boots kalian memiliki kotoran atau kerak yang menempel membandel.

Cara Merawat Sepatu Putih

Cara Merawat Sepatu Putih
Cara Merawat Sepatu Putih

Ini nih, sepatu yang paling ruwet kalau kita ngga merawatnya dengan baik, perlu diperhatiin nih !

1. Selalu simpan di dalam ruangan

Jangan letakkan sepatu putih di bawah paparan sinar matahari secara langsung karena akan dapat menyebabkan sepatu kalian menjadi kekuningan dan warna memudar.

2. Gunakan lap lembut untuk membersihkan noda

Kebanyakan jika ada noda di sepatu orang-orang memakai sikat yang kasar sehingga menyebabkan sepatu berwarna putih menjadi lebih kusam dan cepat rusak, maka lebih baik kamu membeli cairan khusus pembersih sepatu berwarna putih yang sudah banyak dijual dipasaran sehingga dapat menjaga keawetan sepatu kamu agar terus terjaga.

3. Jangan pernah masukkan di dalam mesin cuci

Karena jikalau kalian melakukan ini akan dapat menyebabkan sepatu rusak karena hempasan yang terjadi di dalam mesin cuci.

4. Gunakan sikat lembut

Yaitu seperti sikat gigi untuk membersihkan permukaan sepatu putih kalian dan boleh juga dicampur dengan cairan pembersih atau dengan air hangat.

5. Gunakan pemutih untuk mencerahkan bagian permukaan sepatu

Namun kamu harus memperhatikan takaran pemutihnya, karena jangan sampai terlalu over sehingga warna sepatu kamu akan tampak aneh, maka pakailah perbandingan 1 : 5 dengan pemutih 1 dan air 5.

Maka setelah tercampur maka gosokkanlah kepada sepatu dengan menggunakan penyikat sepatu atau penyikat yang halus lainnya.


Demikianlah artikel tentang "Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Rusak  dan Tahan Lama" semoga kita sama-sama mendapatkan wawasan dari artikel yang dibahas ini.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Rusak dan Tahan Lama"