Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kamera 360 Derajat, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

iterkini.web.id - Apakah kamu seorang fotografer ? atau kamu seorang peminat fotografi ? jika iya, kamu datang ke tempat yang sangat tepat, karena kamu harus tahu wawasan yang satu ini, yaitu tentang apa itu kamera 360 derajat, pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Kamera 360 Derajat

Sebagai seorang peminat fotografi kita pasti tahu kalau jenis jenis kamera itu ada beberapa macam seperti DSLR, mirrorless, underwater, dan termasuk di dalamnya kamera 360 derajat, jadi sebenarnya apa sih kamera 360 tersebut dan apa karakteristik dari kamera ini yang membedakannya dengan kamera jenis lainnya, oleh karena itu mari terus disimak ya pembahasan admin kali ini.

Baiklah langsung saja kita masuk ke pembahasan inti tentang kamera 360 derajat:

Apa itu Kamera 360 Derajat 

Kamera 360 Derajat adalah sebuah jenis kamera yang memiliki kemampuan untuk menangkap objek dengan cakupan 360 derajat yang dalam arti lainnya semua objek di sekeliling kamera dapat ditangkap dengan menggunakan jenis kamera ini.

Apa itu Kamera 360 Derajat

Jika kita berikan perumpamaan maka contohnya ketika seseorang manusia melihat, maka seseorang tersebut hanya bisa melihat sebuah objek yang ada depan di mana seseorang tersebut memandang, beda halnya dengan kamera 360 derajat ini jika kita umpamakan dengan manusia tadi, maka manusia tersebut dengan kamera 360 derajat ini bisa melihat sisi depan, sisi kanan, sisi kiri, sisi belakang secara langsung dengan satu kali tangkapan kamera.

Begitu juga dengan hp yang biasa tersebar di pasaran, pada saat kita menggunakan hp untuk menangkap atau merekam sebuah objek, maka kita hanya bisa menangkap gambar seluas 90 - 130 derajat saja dengan kata lain kita hanya bisa menangkap gambar yang hanya ada di sisi depan kita saja.

Jadi menakjubkan bukan ? 

Fungsi Kamera 360 Derajat

Berikut adalah beberapa fungsi jenis kamera ini :

1. Menangkap dan Merekam Pemandangan Landscape 

Dari segi fungsi, maka kamera ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang senang melakukan aktifitas hunting landscape di alam, yang mana pada saat kalian menggunakan jenis kamera ini maka kalian akan bisa menangkap gambar secara 360 derajat, maka bagi kamu yang peminat landscape fotografi mungkin jenis kamera ini bisa menjadi pilihan.

2. Menangkap Suasana Ruangan atau Outdoor

Menggunakan kamera ini kalian juga bisa memfungsikannya untuk menangkap suasana di dalam ruangan ataupun outdoor seperti suasana keramaian pasar dan kalian tahu nggak ? google maps ? iya foto jalanan yang terdapat pada google maps ! semua gambar yang ada pada google maps tersebut sebenarnya ditangkap menggunakan kamera 360 derajat ini loh.

Bagi kalian yang sering melakukan transaksi jual beli properti juga sangat cocok menggunakan kamera jenis ini, karena dengan menggunakan kamera ini semisalnya kalian menjual rumah maka kalian bisa memperlihatkan setiap sudut rumah kalian secara lengkap dengan satu tangkapan gambar, sangat memudahkan bukan.

3. Membuat Konten Media Sosial yang Lebih Menarik

Dengan menggunakan kamera 360 derajat, maka kamu akan dapat membuat konten yang lebih menarik dan unik dari konten yang ada pada umumnya, sehingga konten kamu akan lebih berpotensi mendapat banyak likes dari para audiens yang melihatnya. 

4. Menangkap Gambar Reuni Sekolah Menjadi Lebih Mudah

Ini merupakan problem yang sering terjadi pada saat kita sedang melakukan reuni sekolah, yaitu kamera yang tidak mampu menangkap gambar dengan sudut pandang yang luas, terlebih karena banyaknya orang, membuat kita hanya bisa menangkap gambar jauh dari objek sehingga membuat gambar tidak tajam dan tampak buram saat kita lihat nantinya, nah bagi kamu yang sering mengalami problem ini mungkin bisa mencoba jenis kamera 360 derajat ini, karena dengan jenis kamera ini sudut yang mampu ditangkap oleh kamera lebih ekstensif, yaitu 360 derajat, sehingga kamu nggak perlu khawatir lagi melakukan sesi foto alumni dengan berdempet-dempetan, karena foto dapat ditangkap dari segala arah dan gambarnya pastinya sangat tajam.

Kelebihan Kamera 360 Derajat

Beberapa kelebihan dari kamera ini mungkin sudah juga dapat tergambar di dalam benak kalian setelah membacanya dari fungsi kamera sebelumnya, maka di sini admin akan menerangkan secara ringkas yaa :

Apa itu Kamera 360 Derajat

1. Dapat mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas dan tajam.

2. Sudah didukung dengan berbagai macam platform media sosial sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi tangkapan foto atau videomu tidak bisa diupload.

3. Menjadikan pengalaman fotografi kamu lebih imersif.

4. Kamera 360 derajat ini memiliki lensa fish eye.

5. Dapat dimanfaatkan dipakai di mobil agar dapat melihat kondisi sekitar mobil sehingga terhindar dari tabrakan.

Kekurangan Kamera 360 Derajat 

Ada beberapa temuan yang admin dapatkan terkait kekurangan jenis kamera yang satu ini :

1. Harga yang relatif mahal, terutama bagi kamu yang juga menginginkan hasil tangkap kamera yang tajam dan jernih tentunya harus mengeluarkan kocek yang lebih mahal untuk mendapatkan jenis kamera terbaik yang satu ini.

2. Baterai yang cepat habis.

 

Itulah beberapa wawasan yang bisa admin bagikan kepada kalian semua terkait dengan "Apa itu kamera 360 derajat" semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi kita semua.

 

Posting Komentar untuk "Apa itu Kamera 360 Derajat, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan"