Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamera dalam Air atau Underwater : Pengertian dan Tips Memilihnya

Kamera dalam air - Bagi kalian yang suka motret di dalam air, kalian wajib tahu ada jenis kamera yang dikhususkan bagi kalian yang suka fotografi bawah air atau diving (menyelam).

Bagi peminat fotografi sangat disarankan untuk membaca informasi ini sampai habis agar mengetahui pengertian dan juga bagaimana tips memilih kamera bawah air atau underwater yang berkualitas baik pada saat digunakan, sehingga tidak membuat kalian kecewa pada saat membelinya.

Kamera dalam Air atau Underwater

Oleh karena itu pada artikel ini admin akan membahas tentang apa itu kamera underwater dan bagaimana cara memilihnya dengan pembahasan yang singkat dan padat, disimak terus ya !

Pengertian Kamera Underwater / Kamera di dalam Air

Sebelum masuk ke pembahasan rekomendasi kamera underwater, alangkah baiknya kita mengenal sedikit mengenai jenis kamera ini, jadi kamera underwater adalah kamera yang didesain mampu untuk bertahan di dalam air, itu karena tidak semua jenis kamera yang mampu dioperasikan di dalam air, karena kebanyakan jenis kamera tidak dibarengi dengan spesifikasi waterproof sehingga tidak dapat bertahan lama di dalam air bahkan dapat langsung rusak jika kita dengan sengaja menceburkannya tanpa pengaman (cover dengan bahan khusus anti air).

Kamera untuk dalam Air

Tips Memilih Kamera Underwater

Sebelum kalian membeli kamera underwater, kalian terlebih dahulu harus memperhatikan beberapa hal pada saat membeli kamera underwater berkualitas ini agar tidak kecewa pada saat sudah dibeli nantinya.

Berikut admin paparkan beberapa hal yang mesti kalian perhatikan pada saat kalian akan membeli kamera waterproof :

1. Perhatikan spesifikasi ketahanan air kamera dengan teliti

Pada saat membeli kamera yang digunakan di dalam air, maka perlu memperhatikan seberapa besar ketahanan kamera tersebut di dalam air, memang benar kamera untuk di dalam air sudah dilengkapi dengan ketahanan yang baik pada saat berada di dalam air, namun perlu diperhatikan bahwa setiap produk kamera underwater yang ada, memiliki tingkat ketahanan terhadap air yang berbeda.

Akan tetapi, memang semakin tinggi tingkat ketahanannya maka semakin bagus kualitas kamera tersebut sehingga mampu dibawa menyelam dan berenang ke tempat yang lebih dalam, maka ini harus dapat kamu perhatikan dengan baik agar tidak salah ketika memilih kamera yang sesuai dengan yang kalian inginkan.

Kamera di dalam Air

Bagi kalian yang mengharapkan pengalaman memuaskan ketika memotret di dalam air maka carilah kamera underwater dengan ketahanan air sampai dengan 10 m, namun bagi fotografer professional bisa memilih tingkat ketahanan minimal 30 m untuk pengalaman yang lebih baik.

2. Perhatikan bukaan lensa kamera

Bukaan lensa kamera memiliki peran penting dalam fotografi, pada saat kalian menggunakan bukaan lensa yang besar maka akan semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap oleh kamera kalian, maka ini sangat perlu kalian perhatikan pada saat memilih kamera underwater, hal itu karena cahaya yang sampai ke kedalaman air biasanya terbatas karena sulitnya medan yang harus dilewati cahaya menuju ke air yang dalam, sehingga jika kita salah memilih kamera, terutama lensanya yang tidak dilengkapi dengan bukaan yang besar maka berkemungkinan hasil tangkapan gambar atau video yang dilakukan nantinya akan tampak gelap

Admin merekomendasikan untuk mencari kamera yang dibekali lensa dengan bukaan yang besar setidaknya f/2.8 sehingga membuat pengalaman menyelam dan memotret di dalam air kalian lebih menyenangkan.

3. Carilah kamera yang dibekali dengan stabilizer gambar atau video lebih stabil

Pada saat mengambil gambar atau merekam di dalam air, kamera berpotensi lebih besar mengalami goncangan, maka oleh karena itu carilah kamera underwater yang dibekali fitur stabilizer sehingga pada saat kamu merekam maupun mengambil gambar terhindar dari berbagai macam guncangan yang bisa terjadi di dalam air.

Pada kamera, memiliki dua jenis stabilizer yang biasa digunakan yaitu Optical Image Stabilization (OIS) dan Electric Image Stabilization, dan saran admin untuk kualitas stabilizing yang lebih baik gunakanlah yang berjenis OIS.

4. Perhatikan jenis zoom kamera

Kamera dalam Air

Kamera memiliki dua jenis zoom, yang pertama optical zoom dan digital zoom, dua jenis zoom ini memiliki kinerja dan kualitas yang berbeda, di sini admin menyarankan bagi kalian yang hendak membeli kamera dalam air atau underwater agar membeli kamera yang dibekali dengan optical zoom, ini karena kualitas gambar yang nantinya bisa dihasilkan darinya cukup tajam daripada kamera yang menggunakan digital zoom.


Itulah beberapa pengetahuan tentang "Kamera dalam Air atau Underwater : Pengertian dan Tips Memilihnya" yang bisa kalian jadikan rujukan sebelum membeli kamera underwater semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kamera dalam Air atau Underwater : Pengertian dan Tips Memilihnya"