Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Kamera Yang Harus Kamu Ketahui Terutama Pemula

iterkini.web.id - Tidak diragukan lagi, beberapa tahun belakangan teknologi termasuk di antaranya kamera mulai berkembang pesat disebabkan tingginya permintaan pasar dalam pembelian kamera, sehingga muncullah beragam jenis jenis kamera yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan konsumen. 

Dengan banyaknya macam macam kamera tersebut, ternyata bisa digunakan oleh konsumen sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, karena setiap jenis dan macam kamera mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda- beda.

Di zaman modern ini, juga tidak membatasi bagi kalian para pemula dalam menggunakan kamera, karena ada jenis jenis kamera yang dispesifikasikan khusus untuk seorang pemula maupun professional

Jadi bagi kalian yang ingin membeli kamera, jangan tanyakan "Kamera jenis apa yang bagus?" karena pada dasarnya setiap kamera tersebut bagus, hanya saja pastikan sesuai dengan kebutuhan yang kalian inginkan, nah oleh karena itu pastikan kalian membaca artikel ini sampai habis sehingga dapat mengetahui jenis dan untuk kebutuhan apa yang cocok, suatu jenis kamera tertentu digunakan. 

Macam Macam Kamera 

Berikut ini admin akan memaparkan beberapa macam kamera yang eksis di pasaran khususnya pada dekade ini :

1. Kamera DSLR

Kamera ini biasa disebut Digital Single Lens Reflex (DSLR) atau di beberapa kesempatan juga sering disebut kamera refleks digital, kamera ini merupakan jenis kamera yang paling laris di pasaran dan banyak diminati dan digunakan oleh para professional dalam melakukan aktifivitas memotret mereka.

Kamera DSLR

Salah satu kelebihan yang dimiliki jenis kamera ini adalah karena lensanya yang bisa dilepas pasang yang diganti dengan jenis lensa lainnya, oleh karena itu para professional banyak yang melirik kamera jenis ini namun walaupun begitu, tak jarang para pemula juga menggunakan kamera jenis ini, sehingga muncul beberapa kamera DSLR untuk pemula yang memberikan kemudahan dalam pemakaian kamera tersebut.

Ciri khas dari jenis kamera DSLR ini yaitu kalian dapat langsung melihat objek secara langsung dengan menggunakan jendela bidik yang sudah disediakan.

Adapun jenis kamera DSLR terbaik pada saat ini masih dipegang oleh dua brand besar yaitu Canon dan Nikon, pada saat kalian membeli kamera jenis DSLR ini, biasanya langsung dibekali dengan lensa kit yang bisa digunakan langsung untuk kegiatan memotret kalian.

2. Kamera Mirrorless

Setelah DSLR, jenis kamera lainnya yaitu mirrorless yang juga laris di pasaran, adapun yang membedakan antara kamera mirrorless ini dengan kamera DSLR yang sudah dibahas sebelumnya yaitu terletak pada jendela bidik optik keduanya, sesuai dengan namanya mirrorless (tanpa cermin) maka pada kamera jenis ini kita tidak bisa melihat objek secara langsung layaknya pada kamera jenis DSLR, akan tetapi kita hanya bisa melihat pratinjau gambar melalui layar LCD atau electronic viewfinder.

Kamera Mirrorless

Karena tanpa dibekali jendela bidik optik tersebut, maka kamera mirrorless ini dikenal sebagai jenis kamera yang mempunyai bobot yang enteng di samping juga memiliki tombol pengaturan yang sederhana sehingga lebih memudahkan untuk diatur, sehingga tak heran jika kita banyak melihat para peminat fotografi dan fotografer pemula yang memilih kamera ini untuk dipakai harian.

Adapun jenis kamera mirrorless yang banyak tersebar di pasaran adalah fujifilm dan sony, maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian, terutama bagi kalian yang mencari kamera mirrorless untuk pemula.

3. Kamera Point and Shoot

Jenis kamera point and shoot ini jika dibandingkan dengan dua kamera sebelumnya, mempunyai perbedaan yang sangat jauh dari segi fitur dan yang ditawarkan kepada kita, karena memang kamera point and shoot adalah kamera yang dikhususkan untuk memotret objek secara sederhana.

Kamera Point and shoot

Sehingga karena itu, kelebihan jenis kamera point and shoot ini cocok digunakan bagi kamu yang ingin pergi holiday atau liburan, tapi tidak ingin ribet dalam penggunaan kamera seperti melakukan pengaturan-pengaturan rumit, namun juga karena itulah kamera ini sangat tidak disarankan untuk dipilih bagi kalian professional maupun pemula yang ingin belajar fotografi karena fitur yang ditawarkan kamera jenis ini tidak selengkap kamera lainnya.

Kekurangan dari jenis kamera ini adalah lensa yang ada pada kamera tidak bisa dilepas dan diganti, sehingga bagi kalian yang suka bergonta-ganti lensa tidak bisa menggunakannya pada kamera ini, namun sebagaimana yang juga disebutkan tadi, kelebihan dari kamera jenis ini memiliki bobot yang ringan dan enteng sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

Baca Juga : 3 Fungsi Lens Hood Kamera - Wajib diketahui Fotografer Pemula

4. Kamera 360

Jenis kamera 360 derajat ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang suka memotret dengan berbagai macam style, terutama landscape dan outdoor seperti pemandangan alam, ini karena kamera ini dilengkapi dengan fitur yang memiliki keunggulan dengan banyaknya POI atau Point Of Interest yang bisa diambil, sehingga membuat hasil jepretan kalian menjadi lebih tajam dan bagus nantinya.

Kamera 360 Derajat

Kamera 360 derajat ini menggunakan beberapa modul kamera dalam merekam yang nantinya bisa dimodifikasi secara digital menjadi video secara utuh.

Kamera ini memiliki keunggulan lain yaitu dibekali 36 jenis lensa yang dapta menghasilkan jepretan sampai dengan 108 MP dan resolusi video sampai dengan 1080 MP, sehingga tak heran dengan jenis kamera ini dapat menghasilkan hasil yang sangat wah.

5. Kamera Medium Format

Jenis kamera yang satu ini cocok digunakan untuk melakukan potret fashion karena dapat menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi dengan kinerja noise yang baik.

Kamera Medium Format

Jenis kamera ini mungkin jarang dikenali oleh kita selaku orang awam, itu wajar saja karena memang kamera ini kurang banyak peminat terutama karena fitur yang ditawarkan oleh kamera jenis ini sangatlah terbatas dibandingkan jenis kamera lainnya dan juga dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan kamera yang ada pada umumnya sehingga kamera ini memiliki ukuran yang berat.

Jika kalian tertarik dengan jenis kamera ini maka dari penelusuran admin, kamera medium format terbaik adalah Hasselblad mungkin bisa menjadi referensi pembelian kamera kalian.

6. Kamera Underwater (Di bawah Air)

Sesuai dengan namanya, jenis kamera underwater ini mempunyai ketahanan yang baik terhadap suhu dingin dan berada di dalam air, sehingga kamera ini sangat cocok bagi kamu yang ingin pergi liburan ke berbagai tempat pemandian umum maupun di alam seperti di laut untuk mengabadikan dengan memotret ataupun merekam panorama alam atau yang sedang kalian lakukan di dalam air.

Kamera Underwater, Kamera Bawah Air

7. Kamera Action

Jenis kamera action yang satu ini juga sering disebut dengan kamera portable karena ukurannya yang relatif lebih kecil dari kamera jenis lain sehingga dapat memudahkan bagi para penggunanya untuk memasangkannya di suatu tempat tertentu.

Kamera Action

Jenis ini disebut juga dengan kamera action atau aksi karena kamera dapat dengan baik mengabadikan maupun merekam berbagai macam momen yang berkecepatan tinggi, jenis ini biasanya menggunakan sensor layar CMOS.

Kamera jenis action ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang hobi berbagai macam jenis olahraga seperti riding (motor/sepeda) seperti para rider motovlog yang sering dijumpai di internet, skydiving dan aktifitas outdoor lainnya.

8. Kamera Compact

Kamera jenis ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang tidak suka repot mengatur fokus objek maupun pencahayaan pada saat memotret, karena kamera ini dibekali dengan fitur yang dapat secara otomatis mengatur kedua pengaturan tersebut, sehingga dapat memudahkan bagi para pemula untuk memotret tanpa perlu cemas memikirkan komposisi foto dan teknik fotografi.

Kamera Compact

Harga kamera compact pun cukup murah dan memiliki bobot yang ringan sehingga dapat menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin mengabadikan momen atau aktifitas keseharianmu.

9. Kamera Analog/Film

Meskipun tampak kuno, jenis kamera analog ini masih tetap eksis hingga saat ini, kekurangannya kamera ini hanya dapat digunakan untuk merekam objek tidak untuk memotret.

Kamera Analog

Biasanya jenis kamera ini disebut di tengah masyarakat sebagai handycam, karena karena karakteristik penggunaan kamera ini digantungkan di tangan penggunanya.

10. Kamera Boutique

Jika dilihat sekilas, jenis kamera boutique ini tampak seperti kamera saku, kamera ini termsauk ke dalam kategori kamera digital, namun memiliki ukuran yang relatif lebih kecil daripada kamera DSLR.

Kamera Boutique

Kelebihannya adalah sensor full frame yang lebih baik daripada kamera lainnya sehingga tak heran harganya lebih mahal daripada jenis jenis kamera lainnya.


Itulah jenis jenis kamera yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan tambahan bagi kamu yang baru maupun sudah lama berkecimpung dalam dunia fotografi.

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Kamera Yang Harus Kamu Ketahui Terutama Pemula"