Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Kamera DSLR Yang Termasuk Kamera Digital Modern

Apa itu kamera DSLR - Halo sobat semua, dengan begitu kompleksnya perkembangan teknologi pada saat sekarang, maka hal tersebut juga berdampak pada perkembangan dalam dunia fotografi terutama kamera, dulunya masyarakat lebih condong menggunakan handphone dan kamera pocket sebagai andalan mereka pada saat melakukan sebuah pemotretan, namun pada saat sekarang dengan banyaknya perkembangan yang muncul pada alat pemotretan, yaitu kamera yang dibekali dengan berbagai macam fitur dan kelebihan, di antaranya gambar yang lebih fokus dan tajam dan terhindar noise, maka masyarakat perlahan-lahan mulai melirik kamera, sehingga kebutuhan akan kamera semakin mencuat.

Kamera tidak lagi hanya digunakan oleh para professional, bahkan pada saat sekang sudah banyak pemula sekalipun yang berminat memiliki kamera professional, hal tersebut salah satunya dipicu oleh kecintaannya dalam bidang seni sehingga tertarik untuk membuat sebuah karya melalui pemotretan.

Apa Itu DSLR

Dalam dunia fotografi, ada beragam jenis jenis kamera yang bisa kalian gunakan, dan salah satu di antaranya adalah kamera DSLR, nah selanjutnya apa itu DSLR? kalian yang tertarik dengan fotografi dan masih pemula dalam bidang ini, tentunya masih bingung dengan pertanyaan tersebut, maka pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang apa itu kamera DSLR, sehingga tidak ada alasan bagi kalian untuk mengatakan "Saya tidak tahu" ketika seseorang bertanya kepada kalian terkait kamera DSLR.

Kamera DSLR

Kamera DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang paling banyak diminati oleh seorang fotografer, hal tersebut bukannya tanpa alasan, di samping desain yang disuguhkan oleh jenis kamera ini yang elegan juga dikenal mampu menghasilkan hasil pemotretan yang lebih tajam, jelas serta bagi seseorang yang suka memotret dengan berbagai macam mode pemotretan, pada kamera jenis ini kita dapat dengan mudah melepas pasang jenis lensa (wide,tele,fix dll) sesuai dengan yang kita inginkan.

Selanjutnya kita akan langsung membahas tentang apa itu DSLR kamera sehingga kalian bisa menambah wawasan pada artikel ini :

1. Pengertian

Apa Itu DSLR

Mungkin ada di antara kalian sampai saat ini masih tidak tahu apa itu istilah DSLR, yang tentunya istilah ini sangat sering kita dengar dari teman di sekolah, tempat kerja dan lainnya. Jadi, sebenarnya DSLR merupakan sebuah kepanjangan, jadi apa kepanjangan dari DSLR ?

DSLR merupakan singkatan dari Digital Single Lens Reflex, maksudnya adalah pada kamera ini, diciptakan sebuah sistem cermin otomatis dengan cermin segi lima, yang cermin tersebut mampu meneruskan cahaya yang berasal dari lensa menuju ke viewfinder sehingga kita dapat menyaksikan secara langsung objek yang ingin dipotret melalui viewfinder kamera.

Jadi kalian jangan sampai mengatakan "tidak tahu" lagi pada saat ada orang yang bertanya mengenai hal tersebut, jadi intinya DSLR merupakan sebuah sebuah sistem yang berfungsi untuk melihat objek yang akan difoto secara real.

Mekanisme yang digunakan dalam sistem pencerminan ini biasa juga dikenal dengan istilah TTL yaitu optical viewfinder through the lens.

2. Merek Kamera DSLR

Pada pemaparan merek kamera DSLR ini, admin akan mengklasifikasikan kamera DSLR kepada 2 kelompok, yaitu kamera DSLR untuk pemula dan kamera DSLR semi pro, baiklah langsung saja simaklah sebagai berikut :

Kamera DSLR untuk pemula

Pada kelompok kamera DSLR untuk fotografer pemula ini tentunya kalian menginginkan jenis kamera yang memiliki fitur lengkap dan mudah untuk dioperasikan yang bisa kalian gunakan sebagai bahan pembelajaran dalam fotografi dan juga memiliki kualitas yang awet serta memiliki baterai yang tahan lama.

Apa Itu DSLR

Maka berlandaskan hal tersebut, berikut ini beberapa rekomendasi kamera DSLR untuk pemula setelah dipilah pilih :

-Nikon D3500 : Rp. 4.000.000

-Canon EOS Rebel SL3 / 250D / 200D Mark II : Rp. 12.000.000

-Canon EOS Rebel T8i / Canon EOS 850D : Rp. 10.000.000

-Nikon D5600 : Rp. 8.000.000 

-Canon EOS Rebel T7 / EOS 2000D / EOS 1500D : Rp. 5.000.000

-Canon EOS Rebel T100 / EOS 4000D / EOS 3000D : Rp. 4.000.000

Baca Juga : 3 Fungsi Lens Hood Kamera - Wajib diketahui Fotografer Pemula

Kamera DSLR semi pro 

Pada kelompok kamera ini admin mengumpulkan beberapa kamera yang lebih dispesifikasikan bagi professional, akan tetapi jika kalian pemula memiliki budget lebih, juga tidak dilarang untuk memilih kamera ini :

Apa Itu DSLR

-Canon EOS 5D Mark IV : Rp. 42.000.000

-Nikon D7200 : Rp. 12.000.000

-Canon EOS 750D : Rp. 8.000.000

-Pentax K-70 : Rp. 10.000.000

-Sony SLT-A77 : Rp. 17.000.000 

-Canon EOS 80D : Rp. 12.000.000

Itulah beberapa rekomendasi merek kamera DSLR yang bisa kalian pilih sebagai kamera keseharian kamu sebagai pemula maupun professional.

Jadi bagi kamu pemula yang punya low budget akan tetapi mau kamera DSLR yang memiliki fitur lengkap, kalian bisa memilih seperti Nikon D3500 sebagai pilihan utama kalian, atau jika kalian ingin mencoba kamera semi professional dan kalian memiliki budget lebih, bisa memilih Canon EOS 5D Mark IV yang dilengkapi fitur dan kualitas pemotretan yang sesuai dengan harganya.


Itulah pembahasan tentang Apa itu kamera DSLR, semoga kamu dapat memahaminya dengan baik dan jangan lupa share jika informasi ini dipandang bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Kamera DSLR Yang Termasuk Kamera Digital Modern"