Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fungsi Lens Hood Kamera - Wajib diketahui Fotografer Pemula

iterkini.web.id - Fungsi Lens Hood Kamera - Bagi sebagian fotografer, terutama professional mungkin sudah tidak asing lagi dengan aksesoris lens hood, akan tetapi bagi kawan kawan yang masih pemula dalam bidang fotografi mungkin akan bingung bila dalam sebuah diskusi membahas tentang lens hood, tentunya kalian tidak ingin berdiam diri saat kawan kawan fotografer lainnya sibuk membahas salah satu aksesoris kamera ini.

fungsi lens hood kamera

Maka dari problem di atas, admin bermaksud mengulas sedikit pembahasan mengenai Fungsi Lens Hood kamera yang dibahas dengan bahasa yang mudah dimengerti terutama bagi para pemula dalam bidang fotografi.

Daftar Isi

Lens Hood Kamera

Sebelum masuk ke pembahasan fungsi, alangkah baiknya terlebih dahulu kita membahas sedikit mengenai pengertian lens hood itu sendiri sehingga akan memudahkan kita untuk memahaminya lebih lanjut ke depannya.

Lens Hood merupakan sebuah aksesoris kamera berupa bulatan yang dipasang melingkar terletak di bagian depan optik lensa kamera yang bisa dilepas pasang dengan mudah.

jenis jenis hood lensa

Aksesoris ini bisa digunakan di berbagai macam jenis kamera termasuk kamera dslr ataupun kamera mirrorless dengan syarat pembeliannya disesuaikan dengan jenis dan ukuran yang cocok dengan spesifikasi lensa kamera kalian.

3 Fungsi Lens Hood Pada Kamera

Setelah kita mengetahui dengan jelas apa itu lens hood maka selanjutnya kita masuk kepada pembahasan fungsi. Jika kita analogikan lens hood ini sama halnya dengan topi yang berguna melindungi/menghalangi mata dari paparan sinar matahari sehingga pada saat kita melihat sebuah objek pada saat terik, terhindar dari silau dan cahaya berlebihan.

Untuk detail pembahasan fungsi hood pada lensa, sebagai berikut :

1. Melindungi Lensa dari Paparan Sinar Matahari / flaring

Bagi fotografer pastinya paham, cahaya merupakan salah satu unsur paling berpengaruh untuk menghasilkan gambar yang baik di saat melakukan pemotretan, namun dibalik itu, pada mod tertentu, cahaya yang berlebih atau terlalu kuat, akan menghasilkan foto yang tidak berkualitas bahkan malah tidak kelihatan detail dan menimbulkan efek flare yang berlebihan, sehingga tentunya foto tersebut tidak bisa digunakan dan hanya menjadi sampah di memory penyimpanan.

Tentunya kita sebagai seorang fotografer tidak mau waktu yang sudah kita luangkan untuk sesi pemotretan tersebut terbuang sia sia dan hanya menghasilkan karya yang tidak bisa dipamerkan di medsos ataupun media lainnya.

Maka dengan menggunakan lens hood, aksesoris ini dapat menjadi pelindung lensa kamera kalian dari paparan sinar matahari yang berlebihan sehingga sekalipun kalian memotret di siang hari yang terik, kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih terjaga dibandingkan tanpa menggunakan lens hood.

Sekalipun kamera pada saat sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam teknologi tambahan yang memungkinkan kamera bisa menghasilkan gambar yang tajam dan detail memotret di bawah sinar matahari secara langsung, akan tetapi lebih baik untuk tetap menggunakan lens hood ini untuk menghasilkan foto yang lebih maksimal.

Lens hood ini cocok digunakan pada saat matahari sedang terik di siang hari dan juga pada saat memotret di sore hari khususnya bagi kalian para pemburu sunset.

2. Melindungi Lensa dari Benturan dan Kotoran

Dengan adanya lens hood melingkar di bagian depan lensa optik kamera kalian, maka pada saat kamera atau lensa kalian jatuh dalam keadaan hood terpasang tentunya kotoran dan benturan tidak akan secara langsung terdampak pada lensa kalian, melainkan terlebih dahulu dilindungi hood tersebut sehingga lensa kamera akan aman dari benturan dan paparan kotoran atau air yang menciprat ke arah lensa.

Terlebih jika kalian merupakan seorang ekstrim fotografer seperti melakukan aktivitas pemotretan di atas bukit bukit atau gunung yang medannya tidak datar, tentunya persentase terjadinya benturan pada kamera kalian akan lebih besar.

3. Terlihat Lebih Professional

Fungsi hood lensa kamera selanjutnya adalah agar kalian terlihat lebih professional dan membuat kalian tampak lebih gagah pada saat memegang kamera.

lens hood untuk fotografer professional

Karena memang dengan menggunakan lens hood ini akan memberikan pesona yang lebih pro pada saat dipakai dibandingkan tanpa menggunakannya.

Contoh Hasil Potret dengan Lens Hood 

Source : Aliexpress

Pada foto di atas, bisa dilihat pada hasil potret yang tidak menggunakan lens hood (sebelah kiri) gambar yang dihasilkan ada efek flare yang menurunkan kualitas gambar yang dihasilkan kamera, adapun pada gambar yang menggunakan lens hood (sebelah kanan) gambar yang dihasilkan lebih jernih dan tajam pada setiap sudutnya.

Kesimpulan

Jadi lens hood merupakan salah satu aksesoris yang bisa kalian gunakan pada lensa kamera, selain sebagai pelindung dari sinar matahari dan benturan, aksesoris ini juga bisa difungsikan agar kalian tampak lebih keren dan gagah pada saat memegang kamera.


Itulah ulasan singkat tentang 3 Fungsi Lens Hood Kamera - Wajib diketahui Fotografer Pemula, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca maupun bagi admin selaku penulis.


Posting Komentar untuk "3 Fungsi Lens Hood Kamera - Wajib diketahui Fotografer Pemula"