Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Kamera Mirrorless? Definisi Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu Kamera Mirrorless? Definisi Kelebihan dan Kekurangan - Di pasaran tersebar beberapa jenis kamera yang bisa kita temukan, di antaranya kamera DSLR, 360 Derajat, Underwater dan Mirrorless, di antara jenis jenis kamera tersebut, memiliki karakteristik serta fungsi masing masing yang bisa kamu pergunakan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan (untuk apa kamera tersebut digunakan). 

Terutama jenis kamera mirrorless, tentunya bagi kalian peminat fotografi sudah tidak asing lagi mendengar istilah fotografi yang satu ini, baik itu dalam bidang pengertian, kelebihan dan kekurangan sudah dapat dipahami dengan baik sampai ke akar-akarnya.

Apa Itu Kamera Mirrorless

Akan tetapi bagi seorang peminat atau photographer pemula tentunya terkadang masih bingung dengan beragam istilah yang baru saja di dengar dalam bidang fotografi, sehingga terkadang dapat membuat bingung kita pada saat sedang berbicara dengan sesama photographer.

Tentunya hal demikian sangat tidak kita inginkan, karena harapannya adalah bilamana seseorang  mengajak kita berdiskusi atau bincang santai terkait masalah kamera setidaknya kita paham istilah umum yang ada.

Maka berlandaskan hal tersebut, pada artikel kali ini admin akan membahas terkait apa itu kamera mirrorless, definisi kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Mirrorless ?

Pada pembahasan awal kita akan membahas terlebih dahulu mengenai definisi dari istilah mirrorless dalam fotografi :

Apa Itu Kamera Mirrorless

Pengertian Kamera Mirrorless

Secara literal, kata mirrorless berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti kamera tanpa cermin, kenapa disebut demikian ? karena pada dasarnya kamera jenis mirrorless (rilis perdana 2004) ini merupakan sebuah inovasi (pengembangan) kreatif baru dari jenis kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) yang memiliki sebuah cermin optik segi lima yang berfungsi untuk memantulkan cahaya menuju viewfinder sehingga object yang ingin ditangkap dapat dilihat secara real time, yang mana sudah lebih dahulu hadir pada tahun 1999, sehingga jenis kamera ini belakangan sering disebut dengan mirrorless.

Jadi bagi kalian yang masih bingung kamera mirrorless itu apa, kamera mirrorless merupakan sebuah jenis kamera yang tidak memiliki cermin dan viewfinder (jendela bidik) layaknya kamera jenis DSLR, sehingga kalian hanya bisa melihat gambar yang hendak ditangkap secara langsung melalui LCD kamera.

Spesifikasi

Ada beberapa ciri khas dan karakteristik jenis kamera mirrorless ini, di antaranya :

Apa Itu Kamera Mirrorless

1. Lensa bisa diganti

Sebagaimana Kamera DSLR, jenis kamera yang satu ini lensanya juga bisa kita ganti sesuai dengan selera dan mod fotografi yang ingin kita inginkan,  karena pada dasarnya sama dengan DSLR, lensa yang terdapat pada kamera ini tidak permanen sehingga bisa dengan mudah diganti-ganti.

2. Memiliki body yang ramping dan ringan

Ini dapat kita bandingkan dengan kamera DSLR, sebagaimana definisi yang sudah dipaparkan sebelumnya, kamera mirrorless ini diciptakan tanpa dibekali dengan cermin dan viewfinder (jendela bidik) layaknya DSLR, sehingga pada kamera mirrorless memiliki ukuran ramping dan berat yang lebih ringan daripada jenis kamera DSLR.

Oleh karena itu beberapa tahun belakangan dengan berbagai macam inovasi yang sudah dibekali pada jenis kamera mirrorless ini, maka di kalangan professional sekalipun, jenis kamera ini banyak diminati, di samping karena dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang tidak kalah dari DSLR, kamera ini juga bisa berganti lensa terlebih ringan untuk dibawa-bawa.

Cara Kerja Kamera Mirrorless

Karena tidak dibekali cermin (mirror box) dan viewfinder, maka kamera mirrorless ini mempunyai ciri khas tersendiri terkait dengan cara kerjanya.

Apa Itu Kamera Mirrorless

Contrast Detect Auto Focus yang berfungsi untuk menerima cahaya yang mana pada system tersebut memiliki sebuah sensor untuk membidik titik fokus dan menyesuaikan kontras.

Memang pada faktanya kinerja dari sistem ini lebih lambat dari kinerja sistem kamera lainnya, akan tetapi jangan memandang jelek jenis kamera ini dulu, karena dari segi ketajaman dan tingkat fokusnya bisa dikatakan lebih baik dan efisien dari kamera pada umumnya.

Untuk fokus, kamera mirrorless ini dibekali dengan fokus peaking yang sangat berguna untuk mendapatkan object yang fokus pada saat memfokuskan lensa kamera secara manual.

Macam Sebutan

Seiring berkembangnya waktu, berbagai macam nama disandingkan dengan jenis kamera yang satu ini seperti CSC (Compact System Camera), MILC (Mirrorless Interchangeable Camera), EVIL (Electronic Viewfinder Interchangeable Lens), Hybrid dan yang paling populer yaitu Mirrorless.

Kekurangan dan Kelebihan Mirrorless

Selanjutnya kita akan membahas terkait kelebihan dan kekurangan dari jenis kamera ini, yuk disimak baik-baik :

Apa Itu Kamera Mirrorless

Kekurangan Kamera Mirrorless

Beberapa kekurangan yang sering dialami bagi pengguna mirrorless adalah :

1. Baterai kamera yang cepat habis

Ini terjadi terutama karena sensor yang terdapat pada kamera terus menyala ketika kalian menyalakan kamera yang fungsinya untuk menampilkan gambar di LCD, sehingga hal ini dapat membuat kamera bekerja lebih intens yang membuat baterai cepat habis.

2. Aksesoris dan lensa masih sedikit

Jika dibandingkan kamera DSLR, aksesoris kamera ini masih kurang banyak diproduksi, terlebih jikapun ada harganya relatif lebih mahal dari aksesoris kamera pada umumnya, terkait lensa kalian bisa menggunakan adapter agar bisa menggunakan lensa kamera lainnya sebagai solusi sedikitnya lensa.

Kelebihan Kamera Mirrorless

1. Ukuran kecil dan ringan

Sebagaimana yang sudah dipaparkan sebelumnya kamera mirrorless lebih ringan dari DSLR dikarenakan tidak dibekali dengan viewfinder dan mirrorbox, sehingga lebih enteng saat dibawa-bawa dan tentunya ini sangat cocok bagi kalian yang suka traveling.

2. Charging lebih mudah

Ini karena umumnya kamera mirrorless sudah dibekali dengan port micro usb untuk melakukan charging, sehingga kita tidak perlu ribet dan pusing lagi terkait masalah baterai, karena bisa dicharge dengan powerbank atau laptop yang kalian miliki.

3. Hasil tidak kalah bagus

Ini karena dengan perkembangan teknologi, teknologi mirrorless yang dulunya sering menggunakan APSC pada kamera jenis ini, pada saat sekarang sudah ada yang menggunakan sensor full frame, sehingga kualitas gambar tidak perlu diragukan lagi.


Itulah beberapa wawasan tentang apa itu kamera mirrorless, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Kamera Mirrorless? Definisi Kelebihan dan Kekurangan"