Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Laptop dan Komputer ? Ini Jawabannya

Perbedaan Laptop dan Komputer - Mungkin kalian sering bertanya-tanya apa sih bedanya antara komputer dan laptop, terutama bagi kamu yang hendak membeli gadget, yaitu antara keduanya yang mana harus dipilih, dan mana yang terbaik.

Perbedaan Laptop dan Komputer

Jadi pada artikel kali ini admin akan membahas sedikit mengenai perbedaan antara keduanya sehingga kalian dapat memahami perbedaan di antara kedua gadget tersebut, sebenarnya dari segi fungsi ada banyak kesamaan di antara kedua gadget tersebut, jadi apa yang membedakannya ? berikut akan admin rangkum perbedaan laptop dan pc yang semoga bahasanya mudah kalian pahami.

Perbedaan Laptop dengan Komputer

Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan inti mengenai perbedaan di antara keduanya, alangkah lebih baik kita membahas terlebih dahulu definisi dari kedua jenis gadget tersebut :

1. Laptop

Laptop merupakan sebuah perangkat bergerak yang bisa dibawa kemana-mana yang pada umumnya memiliki ukuran cukup ringan dan praktis, berat yang dimiliki perangkat ini berkisar 1-6 kg, laptop juga bisa digunakan di berbagai macam kondisi tanpa harus menghubungkannya dengan listrik, itu dikarenakan laptop dibekali dengan baterai yang bisa diisi ulang sehingga memudahkan penggunanya untuk menggunakannya di mana saja yang diinginkan.

Perbedaan Laptop dan Komputer

Ketika membicarakan laptop, maka sudah termasuk dalam kategori tersebut berupa keyboard, layar, dan touchpad atau yang biasa disebut orang sebagai mouse pada laptop, sehingga lebih memudahkan user. Laptop juga sudah dibekali dengan I/O Port sehingga dapat digunakan untuk menggunakan berbagai macam perangkat keras eksternal lainnya seperti keyboard, mouse, flashdisk, OTG, printer, vga dan lainnya.

Memang, laptop beberapa tahun silam masih memiliki performa yang lebih lambat daripada komputer, akan tetapi seiring berjalannya waktu dengan perkembangan teknologi, pada saat ini kita sudah dapat merasakan laptop dengan performa yang kadang bisa lebih baik daripada performa yang ditawarkan oleh komputer dengan spek minimum. 

2. Komputer

Komputer merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yaitu compute yang bisa diartikan menghitung dan komputer memiliki karakteristik penggunanya bisa memasukkan input, memprosesnya lalu mengeluarkan output.

Salah satu ciri komputer ini adalah memiliki kecepatan dan akurasi yang tinggi sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Perbedaan Laptop dan Komputer

Komputer juga biasa diartikan dengan perangkat yang terdiri dari jutaan komponen yang saling bekerjasama melakukan pekerjaan sesuai instruksi lalu menghasilkan output berupa informasi.

Itulah pengenalan sedikit mengenai laptop dan komputer yang bisa kamu jadikan referensi juga untuk menambah wawasanmu.

Baca Juga : Cara Mengatur dan Menonaktifkan Aplikasi Yang Terbuka Otomatis Saat Startup Windows

Lalu ? Apa Perbedaan Laptop dan Komputer ?

Maka selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaan antara laptop dan komputer, disimak terus ya !

1. Mobilitas (di pindah-pindah)

Perbedaan laptop dengan komputer yang pertama yaitu dari segi mobilitas, laptop sangat mudah dibawa kemana-mana, itu karena perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengoperasikan laptop berupa keyboard, layar (monitor), mouse berupa touchpad sudah tersedia pada laptop secara langsung sehingga tidak perlu lagi membawa perangkat keras tambahan lainnya, sebagaimana juga sudah dijelaskan sebelumnya, selain sudah dibekali dengan perangkat keras yang dibutuhkan untuk dioperasikan dimana saja, laptop ini juga ringan untuk dibawa kemana-mana.

Sedangkan komputer tidak sepraktis itu, karena komponen-komponen yang dimiliki komputer sangat banyak, di samping itu juga membutuhkan terminal yang berfungsi untuk menyambungkannya ke perangkat eksternal lainnya agar dapat berjalan dengan baik seperti monitor, mouse dan keyboard sehingga jika kalian tetap membawanya itu merupakan sebuah perbuatan konyol (jika memang tidak dibutuhkan), itu karena perangkat keras yang dibutuhkan sangat banyak sehingga sangat berat untuk dibawa, oleh karena itu kebanyakan kita hanya melihat sebuah komputer atau pc biasanya terletak di suatu tempat dan jarang dipindahkan, biasanya komputer digunakan di kantor dan tak jarang juga terdapat di rumah.

2. Power

Dari segi power, laptop bisa digunakan tanpa terhubung ke daya listrik dengan syarat mengisi terlebih dahulu daya sesuai yang dibutuhkan, sehingga dapat digunakan dimana saja tanpa perlu khawatir baterai habis, terlebih dengan kemajuan teknologi semakin banyak muncul inovasi baru yang membuat konsumsi dan kapasitas daya baterai laptop menjadi lebih panjang sehingga dapat bertahan lama saat digunakan.

Perbedaan Laptop dan Komputer

Adapun komputer, tidak bisa menyala tanpa langsung tersambung ke daya listrik, sehingga sangat tidak efektif dan tidak mungkin untuk dibawa harian seperti pada saat pergi kuliah dan membuat tugas di taman (haha ada-ada aja).

Baca Juga : Terungkap !! Inilah Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

3. Fungsional dan Kinerja

Perbedaan laptop dan komputer selanjutnya dapat dilihat dari segi fungsi dan kinerjanya, jika kalian membutuhkan perangkat gadget dengan kebutuhan untuk melakukan berbagai macam kegiatan berat (heavy activity) maka hingga saat sekarang ini, masih lebih disarankan untuk menggunakan komputer sebagai alat tempurnya, seperti untuk melakukan video editing, gaming.

Adapun laptop lebih disarankan digunakan untuk menggunakannya untuk aktifitas normal seperti pekerjaan kantor, membuat tugas dan berbagai macam pekerjaan ringan lainnya.

4. Ukuran Layar

Selanjutnya bedanya komputer dan laptop dari segi ukuran layar biasanya komputer mempunyai ukuran yang dapat berkisar antara 15 - 34 inch, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laptop, yang juga memiliki berbagai macam variasi pada ukuran layarnya, akan tetapi perlu diingat bahwasanya dari segi mobilitas sebelumnya, laptop pada dasarnya dibuat agar praktis ketika dibawa kemana-mana sehingga menurut hemat kami lebih disarankan bagi kalian jika membeli laptop belilah yang ukuran layarnya kecil sehingga mudah dibawa-bawa kemana saja.

perbedaan laptop dan desktop

5. Spesifikasi

Pada umumnya perbedaan antara laptop dengan komputer desktop dari segi spesifikasi, perangkat laptop lebih rendah spesifikasinya daripada komputer.

6. Harga dan Spesifikasi

Menurut pengetahuan saya, terkait perbandingan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, jika kalian menginginkan harga yang murah dengan spesifikasi yang tinggi, seperti RAM yang tinggi maka pilihlah komputer, sedangkan harga laptop biasanya relatif lebih mahal daripada komputer karena beberapa kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya terutama dari segi fungsi mobilitas yang dapat memudahkan seseorang melakukan aktifitas terutama kerja.

Baca Juga : Cara Mudah Merubah Walpaper Pada Laptop atau Komputer

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan yang dapat saya sampaikan kepada kalian, terutama bagi kalian yang bertanya beda antara laptop dan komputer jadi jawabannya, laptop penggunaannya lebih dispesifikkan bagi kalian yang sering beraktifitas di luar ruangan namun masih tetap ingin melakukan aktifitas komputerisasi seperti pekerjaan kantor atau tugas kuliah.

Juga dari segi kinerjanya, bagi kalian yang suka melakukan berbagai macam aktifitas berat lebih disarankan menggunakan komputer, akan tetapi jika kalian hanya menggunakannya untuk pekerjaan biasa atau normal seperti mengetik tugas kantor atau kuliah lebih disarankan memakai laptop.


Itulah beberapa bedanya pc sama laptop yang bisa kalian jadikan referensi untuk wawasan atau pembelian perangkat yang kalian idamkan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian.

Daftar Isi

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Laptop dan Komputer ? Ini Jawabannya"