Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Perbedaan iOS dan Android Yang Wajib Kalian Ketahui

Perbedaan iOS dan Android - Mungkin kalian semua sudah tidak asing lagi dengan dua sistem operasi pada smartphone yang sering digunakan saat ini yaitu iOS yang dibuat oleh Apple dan Google dengan Androidnya.

Barangkali kalian sedang galau, bingung memilih mana smartphone yang paling cocok untuk kalian gunakan, karena antara iOS dan Android masing masingnya memiliki produk dengan kualitas yang baik.

Perbedaan iOS dan Android

Dilansir dari fortuneidn mengungkapkan bahwa Android berhasil mempertahankan posisinya di pasaran smartphone sehingga mampu meraup pangsa pasar sampai dengan 70% lebih baik dibandingkan dengan iOS yang hanya mampu meraih sampai 27% saja.

Banyak user fanatik keduanya yang saling berdebat terkait sistem operasi mana yang paling baik dengan memaparkan berbagai macam keunggulan yang dimiliki masing masing.

Karena perdebatan berkepanjangan yang terjadi antara kedua kubu tersebut, maka admin di sini akan mencoba memaparkan berbagai macam perbedaan Android dan iOS.

Beda iPhone dan Android

Berikut admin akan memaparkan berbagai macam perbedaan android dengan iPhone, silahkan disimak dengan baik :

1. Perbedaan dari Segi Perilisnya

Sebagaimana yang juga sudah admin singgung sebelumnya pada keterangan di atas, bahwa keduanya merupakan sistem operasi yang diluncurkan oleh dua brand yang berbeda, adapun iOS merupakan sebuah OS eksklusif brand Apple yang dibuat khusus untuk produk Iphone miliknya, sedangkan OS Android, dibuat oleh pihak Google namun bedanya dengan iPhone, Android tidak dibatasi kepada brand smartphone tertentu sehingga beda dengan iOS yang hanya dikhususkan untuk smartphone iPhone.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Oppo A77

2. Perbedaan dari Segi Keamanannya

Adapun OS iOS karena merupakan sebuah sistem operasi eksklusif yang diperuntukkan untuk iPhone, maka apa saja yang ada di dalam smartphone tersebut dikontrol ketat oleh pihak brand, hal tersebut berbeda dengan Android yang membebaskan para penggunanya untuk memodifikasi yang ada di dalam perangkat.

3. Kemampuan Transfer Data

Ketika kamu menggunakan brand iOS, maka satu hal yang perlu kamu ketahui adalah menggunakan iPhone untuk bertransfer data adalah pekerjaan rumit, terutama bagi kalian yang suka sharing lagu ke pc atau komputer kalian, karena jika kalian ingin mentransfer lagu dengan perangkat ini maka pada pc penerima data tersebut juga harus terinstal iTunes dan untuk berbagi di bluetooth hanya diperbolehkan antara sesama pengguna iPhone saja, sehingga akan memberatkan dan terkesan bertele tele, namun perlu diketahui ini bertujuan sebagai langkah antisipasi perangkat iPhone terserang virus.

Perbedaan iOS dan Android

Hal ini tentunya berbeda dengan OS Android yang memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk berbagai data dengan mudah tanpa perlu menginstal aplikasi apapun sebagai perantara, namun kekurangannya karena itulah perangkat Android tersebut rentan terdampak virus maupun malware

4. Penyimpanan

Pada saat sekarang ini kedua brand smartphone tersebut sudah dapat bersaing satu sama lain dalam hal penyimpanan, yang mana hingga pada saat sekarang sudah banyak brand Apple iPhone yang memiliki kapasitas penyimpanan internal hingga 256GB sehingga dapat memudahkan bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas memori yang banyak.

Namun sayangnya iPhone tidak seperti android kebanyakan yang mempunyai slot penyimpanan eksternal sehingga banyak di antara user iPhone yang mengeluh dengan hal ini.

5. Kelengkapan Aplikasi

Perbedaan iOS dan Android selanjutnya adalah dari segi kelengkapan aplikasi, ini sering menjadi kendala bagi user iPhone dan Android, karena terkadang aplikasi yang ada di Play Store tidak tersedia bagi user iPhone di App Store begitupun sebaliknya.

Baca Juga : Apa Itu Gadget dan Fungsinya serta Dampaknya dalam Kehidupan

6. Dari Segi Kesediaan Suku Cadangnya

Dari segi suku cadang, pihak iPhone terbukti mampu menyediakan suku cadangnya ke berbagai wilayah terutama di Indonesia, namun dibandingkan dengan Android, suku cadang yang dimilikinya lebih mudah diperoleh.

Terlebih iPhone juga dikenal di pasaran sebagai brand yang menjual suku cadang dengan harga yang mahal, yang tentunya jika kalian memiliki budget yang banyak alias unlimited sangat dipersilahkan untuk memilih iPhone sebagai smartphone kalian, namun bagi kita yang hanya memiliki budget yang terbatas dan minim, saran admin berpikir ulanglah untuk membeli smartphone dengan OS iOS ini.

7. Harga

Beda iPhone dan Android selanjutnya adalah dari segi harga, kita semua pasti juga sudah mengetahui brand apple dengan OS iOS yang satu ini dikenal dengan smartphone sultan, karena harga yang ditawarkan untuk memperoleh smartphone yang satu ini relatif mahal, hal tersebut berbeda dengan smartphone dengan OS Android yang mana harga produk yang ditawarkan cukup variatif sehingga kalian bisa membelinya sesuai dengan budget yang tersedia di kantong.


Itulah beberapa Perbedaan iOS dan Android yang bisa admin sampaikan pada artikel ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Daftar Isi

Posting Komentar untuk "7 Perbedaan iOS dan Android Yang Wajib Kalian Ketahui"