Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Gadget dan Fungsinya serta Dampaknya dalam Kehidupan

Apa Itu Gadget dan Fungsinya - Halo sobat iterkini.web.id, siapa nih di antara kalian yang sering ngobrol bareng temannya mengenai gadget, tapi masih belum tau apa yg dimaksud dengan gadget, apa saja yang termasuk gadget, fungsi dan juga dampak terhadap eksistensi gadget ini dalam kehidupan manusia, kalian penasaran bukan ? okeeeh, mari disimak terus pembahasan yang akan penulis paparkan di bawah ini : 

Apa Itu Gadget dan Fungsinya

Pengertian Gadget

Gadget merupakan sebuah istilah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai gawai (seluruh alat yang memiliki bermacam ragam fungsi praktis).

Adapun pengetahuan masyarakat terutama di Indonesia, mengenai gadget kebanyakan masih sangat minim, sehingga seringkali menganggap apa yang dimaksud dengan gadget terbatas kepada handphone atau smartphone saja secara khusus, padahal tidak hanya terbatas sampai di situ saja, masih banyak perangkat elektronik di luar handphone atau smartphone yang masuk ke dalam kategori gadget yang nantinya akan kita bahas.

Maka hal ini perlu untuk dipahami agar tidak terjadi lagi kesalahpahaman dalam mengidentifikasi apa yang dimaksud gadget dan perangkatnya, karena sejatinya handphone atau smartphone hanya merupakan salah satu dari beragam-macam jenis gadget lainnya.

Gadget biasa digunakan sebagai sarana seseorang untuk memperoleh informasi, sarana penyimpanan data bahkan juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi, gaming serta mendengarkan musik.

Jenis Jenis Gadget

Selanjutnya kita akan membahas tentang jenis2 gadget yang akan dapat berguna untuk menambah wawasan kita, sehingga akan lebih mudah dalam mengidentifikasi perangkat yang termasuk dalam kategori gadget :

1. Handphone atau Smartphone

Perangkat ini merupakan yang paling sering dikaitkan dengan gadget dan juga bisa dibilang sebagai perangkat yang paling banyak digunakan masyarakat khususnya di Indonesia.

Apa Itu Gadget dan Fungsinya

Dari waktu ke waktu perkembangan handphone atau smartphone semakin pesat, sehingga membuat teknologi yang ada pada perangkat ini menjadi semakin canggih serta dibekali berbagai macam fitur yang dapat mempermudah manusia dalam melakukan berbagai macam pekerjaan.

2. Laptop dan Komputer

Jadi perlu diingat, bahwa dua perangkat ini juga merupakan jenis gadget lainnya, perangkat ini dapat dikategorikan sebagai gadget karena dari segi fungsinya dapat membantu manusia untuk melakukan berbagai macam pekerjaan secara praktis dan lebih mudah.

3. Kamera Digital

Apa Itu Gadget dan Fungsinya

Ternyata kamera digital juga termasuk di antara jenis2 gadget loh, adapun kegunaan dari kamera digital adalah untuk menangkap sebuah objek dalam bentuk foto maupun video.

4. Ipad dan Tablet

Gadget yang satu ini memiliki karakteristik dengan ukuran layar yang lebih besar daripada smartphone, tak jarang perangkat yang satu ini digunakan untuk berbagai macam pekerjaan, terutama bagi para pebisnis, desainer dan lainnya.

Fungsi Gadget

Seiring berjalannya waktu, gadget mulai berkembang pesat hingga pada saat ini, yang dibekali dengan berbagai macam jenis dan fungsi praktis yang dapat membantu serta memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan.

Beberapa dekade, gadget ini kerap kali digunakan dalam pemenuhan kebutuhan pekerjaan, akan tetapi beberapa tahun belakangan di samping sebagai penunjang pekerjaan, gadget juga digunakan sebagai gaya hidup.

Jadi ada beberapa fungsi gadget yang sangat mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari manusia, apa saja itu ? yuk disimak :

1. Sebagai sarana informasi

Dengan menggunakan gadget, maka seseorang akan dapat dengan lebih mudah mengakses berbagai macam informasi, informasi tersebut salah satunya dapat diperoleh melalui internet, yang bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah yaitu mengetik kata kunci yang kita inginkan di pencarian browser, lalu melakukan pencarian.

2. Komunikasi

Apa Itu Gadget dan Fungsinya

Selain dapat memperoleh berbagai macam informasi dengan cepat, gadget juga kerap kali dipergunakan sebagai alat komunikasi, tidak hanya digunakan sebagai komunikasi antar sesama individu, terkadang gadget juga dipakai sebagai alat komunikasi kelompok terutama dalam bekerja, seperti kebutuhan meeting, sekolah, seperti setahun yang lalu, gadget merupakan kebutuhan pokok manusia selain digunakan untuk memperoleh informasi juga sebagai komunikasi yang mana pada saat itu tengah mengalami pandemi Virus COVID-19.

3. Memperluas Cakrawala

Oleh karena luasnya informasi yang dapat diperoleh dari gadget, maka dapat difungsikan sebagai media untuk memperoleh wawasan selain belajar di sekolah atau perkuliahan.

4. Gaya Hidup

Karena dari waktu ke waktu gadget mulai dan terus berkembang, maka yang dulunya gadget hanya digunakan sebagai kebutuhan kerja atau sekolah, pada saat sekarang sudah mulai merambat menjadi sebuah gaya hidup, bahkan anak-anak pada zaman sekarang sangat sulit kehidupannya dipisahkan dari jangkauan gadget.

Dampak Gadget Bagi Kehidupan

Adapun dari segi dampak, adakalanya gawai atau gadget bisa memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan, terkadang juga membawa dampak negatif :

Apa Itu Gadget dan Fungsinya

1. Dampak Positif

Sebagaimana fungsi yang sudah penulis paparkan sebelumnya, jika dapat dimanfaatkan secara baik dan dipergunakan dengan waktu yang ideal dengan tidak berlebihan, maka gawai dapat difungsikan dengan baik sebagai sarana komunikasi, pemenuhan kerja, menambah wawasan para pengguna dengan berselancar melalui website, dan juga tentunya sebagai sarana hiburan.

2. Dampak Negatif

Di samping memiliki dampak positif bagi kehidupan manusia, jika gadget dipergunakan secara berlebihan, terutama bagi para pelajar, tentunya akan berdampak buruk bagi kehidupan seseorang, terutama bagi kesehatan mata, tentunya gunakanlah gadget tersebut dengan baik dan waktu yang tidak berlebihan sehingga dapat menjaga mata agar tetap sehat.

Selanjutnya karena begitu luasnya cakrawala yang terdapat pada internet khususnya, maka pada saat ini perkembangan tersebut susah untuk dibendung, sehingga potensi terdampak porn*grafi semakin melebar, sehingga bagi kalian orang tua, sebaiknya lebih gencar lagi memantau anak ketika sedang mempergunakan gadget.


Itulah artikel "Apa Itu Gadget dan Fungsinya serta Dampaknya dalam Kehidupan" serta beberapa wawasan yang dapat penulis sampaikan kepada kita semua, semoga ilmu yang disampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi saya pribadi dan juga kalian semua para pembaca.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Gadget dan Fungsinya serta Dampaknya dalam Kehidupan"