Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

iterkini.web.id - Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros - Manajemen merupakan sebuah keharusan bagi seorang yang ingin hidupnya teratur. Tidak hanya dalam menjalankan sebuah organisasi, istilah manajemen juga berlaku dalam bidang finansial, terutama keuangan. 

Berbicara tentang uang, tidak hanya melulu tentang bagaimana cara menghabiskannya dalam menjalani kehidupan, akan tetapi juga diperlukan sebuah manajemen untuk mengelola keuangan (cara mengelola keuangan) itu sendiri, karena jika tidak terkontrol, akan dapat menyebabkan keuanganmu tidak terkendali

Kamu bisa dikatakan berhasil bukan karena kamu mempunyai banyak uang, akan tetapi kamu dapat dikatakan berhasil bila kamu dapat mengelola dan mengatur keuanganmu dengan baik. Karena percuma jika kamu merupakan seorang yang punya uang banyak akan tetapi tidak pandai mengelolanya, sehingga bisa saja karena keteledoran dalam pengelolaan uang menyebabkanmu menjadi orang yang boros dan menggunakan uang tanpa ada kontrol yang malah dapat membuatmu miskin.

cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Mungkin ada di antara kita yang berpikir manajemen ini hanya dibutuhkan bagi orang yang memiliki penghasilan yang tinggi, sebenarnya bukan demikian, karena sekalipun kamu hanya mempunyai penghasilan yang rendah maka dengan menerapkan manajemen yang baik, kamu akan bisa mengatur keuanganmu sehingga pengeluaran bisa lebih sedikit dari penghasilan atau setidaknya sebanding, sehingga tidak didengar lagi istilah "lebih besar pasak daripada tiang" dalam kehidupanmu.

Hal yang biasa kita temukan dalam kehidupan modern ini adalah bilamana baru saja menerima gajian dari hasil susah payah kerja keras yang kita lakukan selama beberapa pekan langsung ludes dalam beberapa hari hanya untuk memenuhi keinginan kita yang tidak terkontrol, tentunya ini sangat tidak baik untuk ditiru, terlebih lagi bagi kamu yang saat ini sudah berkeluarga.

Maka pada artikel ini admin akan memberikan beberapa cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros sehingga kamu dapat mengelola anggaran keuanganmu dengan baik

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti dan catat garis besarnya untuk kamu terapkan dalam manajemen finansial hidupmu :

Merencanakan Anggaran Pengeluaran

Menentukan rencana anggaran merupakan langkah terbaik bagi kita yang ingin mengatur keuangan agar tidak menjadi terlalu boros dalam memenuhi kebutuhan, bahkan jangan lupa untuk membuat anggaran untuk hal hal yang dianggap sepele seperti biaya parkir, minyak dan lainnya karena di beberapa kasus, perkara kecil ini dapat membuat kita kecolongan, karena jika jumlah penggunaannya dikalkulasikan dalam kurun sebulan, jumlahnya ternyata banyak.

manajemen keuangan pribadi

Contoh perancangan anggaran bisa kamu buat, seperti :

Kebutuhan Pokok #%

Jajan Diluar #%

Hiburan #%

Transportasi #%

Parkir #%

Menabung #%

Semuanya dihitung berdasarkan jumlah gaji yang kamu miliki.

Kamu bisa merencanakan anggaran ini dengan membuat presentasi pengeluaranmu ke dalam beberapa golongan seperti,

Dengan cara ini akan lebih efektif dalam mengatur anggaran bulanan kamu agar tidak boros.

Membuat Catatan Pengeluaran

Selain membuat rencana anggaran, diperlukan juga membuat catatan pengeluaran yang berisi rincian ke mana saja uang kamu belanjakan setiap harinya. Catatan pengeluaran ini juga berguna untuk melakukan evaluasi di bulan berikutnya, apakah rencana anggaran yang sudah dibuat sebelumnya tepat sasaran atau malah tidak. Sehingga jika rencana anggaran sebelumnya malah tidak efisien atau bahkan kurang, kamu bisa melakukan penghitungan ulang terkait rencana anggaran. 

Buat Batas Pengeluaran Yang Tidak Dianggarkan

cara mengelola keuangan pribadi

Pada rencana anggaran, buatlah satu golongan dengan judul pengeluaran yang tidak dianggarkan, ini sangat berguna untuk pengelolaan uang pribadi pada saat kamu membutuhkan sesuatu yang urgen, maka uangnya bisa diambil dari rencana anggaran ini, sehingga rencana anggaran yang semula sudah dibuat dapat berjalan dengan baik dan sesuai ekspektasi.

Buat Planning Finansial

Bagi kamu yang seorang visioner, maka tak ada salahnya membuat perencanaan finansial sehingga kamu dapat lebih berhemat dalam mengatur keuanganmu.

Seperti misalnya dalam 3 tahun ke depan kamu ingin melakukan traveling ke luar negeri, tentunya ini harus dibarengi dengan perencanaan keuangan yang baik sehingga pengeluaran bulananmu tidak membengkak.

Mulai Menabung

Menabung tentunya merupakan salah satu kunci untuk mengelola keuanganmu agar terhindar dari perilaku hidup boros. Maka dari sekarang biasakanlah budaya menabung dalam kehidupanmu, jika perlu buat rencana anggaran yang dikhususkan untuk mengisi tabunganmu.

mengatur keuangan pribadi

Rubahlah mindset kalian menjadi "lebih baik uang ditabung daripada menggunakannya untuk kebutuhan yang tidak penting" karena pada saat sekarang banyak orang yang lebih condong menggunakan uang untuk kesenangan sesaat saja daripada menabung sebagai investasi jangka panjang.

Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Bagi kalian yang malas untuk mengatur anggaran keuangan secara manual, bisa menggunakan berbagai macam aplikasi keuangan yang juga sudah banyak bertebaran tidak internet.

Terutama bagi kalian yang menggunakan smartphone sudah banyak aplikasi di Playstore/App Store yang bisa membantu kita untuk mengatur keuangan pribadi agar tidak boros.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita akan diberi kemudahan untuk merancang anggaran harian, bulanan dan juga mencatat pengeluaran serta melihat sisa uang bulanan yang kita miliki sesuai rencana anggaran awal.

Jauhi Berhutang dan Lunasi Angsuran

Bagi kamu yang masih memiliki urusan terkait utang piutang agar segera diselesaikan agar gaji yang semulanya sudah kamu anggarkan tiap bulannya tidak terpotong begitu saja pada saat kamu baru gajian.

cara mengelola keuangan pribadi

Juga jangan terlalu sering berhutang untuk hal yang tidak penting, terlebih lagi berhutang dengan jumlah pelunasan yang diharuskan berbunga, tentunya ini akan dapat membuat rencana anggaran kita kacau dan lebih sulit diatur karena jumlah gaji sudah terpotong potong tidak tahu ke mana.

Penutup dan Kesimpulan

Jadi, sangat diperlukan perencanaan anggaran yang baik dalam mengelola keuanganmu agar tidak boros dalam mengeluarkan uang, dan juga diperlukan konsistensi dalam melakukannya sehingga apa yang ditargetkan semula (tidak boros) dapat tercapai.

Tentunya cara mengelola uang dengan baik dengan cara menganggarkan uang cukup sulit dilakukan bagi para pemula, akan tetapi sekalipun begitu, apalah harga kesulitan dibandingkan dengan keuangan yang terkontrol dan kesehatan mental yang bisa kita peroleh dengan mengatur keluar masuk uang dengan baik seperti ini.

Tetapi di balik itu semua, sudah banyak aplikasi pembantu pencatatan anggaran sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya yang sangat membantu kita dalam hal pengelolaan keuangan.


Itulah 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros yang bisa kamu terapkan dalam menjalani kehidupan finansialmu, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros"