Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Website Yang Tidak Bisa Di Copy Gampang

Cara Mengatasi Website Yang Tidak Bisa Di Copy
iterkini.web.id - Cara Mengatasi Website Yang Tidak Bisa Di Copy - Pernahkah kalian mengunjungi sebuah website yang tulisan atau konten yang ada di dalamnya sama sekali tidak bisa menekan klik kanan ? atau bahkan teksnya tidak dapat diselect ? Tentunya ketika hal ini terjadi kemungkinan besar si pemilik website sudah menyisipkan script khusus pada websitenya sehingga artikel atau tulisan yang terdapat di dalamnya tidak bisa disalin.

Hal ini menurut admin merupakan hal yang wajar, karena ada di antara para content writer yang cemas konten tulisannya akan dicaplok oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dipublikasikan ulang di website lain tanpa melakukan perubahan sedikitpun sehingga merugikan content writer tersebut.

Bahkan admin pribadi sebenarnya juga takut hal serupa terjadi pada website admin, akan tetapi di sini admin mencoba untuk berpikir positif kepada para pembaca sehingga hingga saat ini admin tidak memasangkan script anti copas pada website ini.

Namun hal ini dapat menjadi masalah bagi kalian yang sedang mencari sebuah tulisan untuk dijadikan referensi penelitian atau kebutuhan sekolah, tentunya jika kita tidak tahu cara mengakali website dengan anti copas ini sangat menyusahkan kita.

Mungkin tidak menjadi masalah yang urgent jika terdapat tulisan serupa yang sudah dipublish di website lain, namun beda halnya jika tulisan yang kita butuhkan hanya website tersebutlah satu satunya yang menulisnya.

Maka pada artikel ini admin akan memberikan tutorial mengatasi web tidak bisa di copy, maka ikutilah beberapa langkah berikut ini :

Cara Mengatasi Website Yang Tidak Bisa Di Copy 

Matikan JavaScript

Cara mengcopy website yang tidak bisa dicopy pertama adalah dengan cara mematikan fitur javascript yang telah disediakan oleh browser, dengan menonaktifkan javascript ini, maka secara otomatis seluruh script yang disematkan pada website akan hilang dan termasuk di antaranya script anti copas, sehingga kamu dapat dengan bebas menyalin tulisan yang terdapat pada website tersebut, adapun caranya sebagai berikut :

Agar cara ini juga dapat kalian aplikasikan pada perangkat kalian, di sini admin merekomendasikan menggunakan browser Chrome 

Langkah Langkahnya :

1. Buka Chrome dan kunjungi alamat berikut chrome://settings/content/javascript

2. Selanjutnya setelah terbuka menu setelah javascipt Chrome maka pilihlah pada bagian "Jangan izinkan situs menggunakan JavaScript"

3. Setelah itu, silahkan kalian tutup Chrome dan dibuka kembali

4. Lalu buka situs yang tadinya diprotect dengan anti copas dan coba meng-copy

5. Maka dengan begitu sekarang kamu sudah bisa meng-copy pada website yang diprotect sebelumnya

Itulah cara copas web yang tidak bisa dicopy dengan mematikan javascript.

Baca Juga : Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di Semua Smartphone

Meng-copy menggunakan Inspect Elemen

Cara berikut ini juga sangat mudah untuk dipraktikkan, baik bagi kamu yang menggunakan browser Chrome ataupun jenis browser lainnya :

1. Kunjungi alamat url website yang hendak kalian salin tulisannya

2. Tekan klik kanan pada mouse dan pilih opsi paling bawah "Inspect Elemen" atau di beberapa perangkat bisa menggunakan shortcut Ctrl + Shift + I 

cara agar website bisa di copy

3. Selanjutnya arahkan cursor mouse kamu pada sebuah ikon berbentuk mouse pada bagian kiri atas inspect element tersebut lalu klik

4. Setelah ditekan, selanjutnya arahkan cursor mouse kamu ke teks atau paragraf yang hendak di copy lalu tekan klik kiri

cara membuat web bisa di copy

5. Selanjutnya pada tab inspect elemen kamu akan di arahkan kepada html yang merujuk pada paragraf atau kalimat tersebut

6. Lalu arahkan cursor pada kalimat yang terdapat pada tab inspect element tersebut lalu klik pada tanda seperti pada nomor 1 yang ada pada gambar di bawah

7. Terakhir tekan klik kanan > Copy > Copy element

Copy dengan Menggunakan Dialog Print

Cara agar web bisa di copy paste selanjutnya ini kalian bisa menggunakan fitur dialog print untuk melakukan copas, caranya yaitu :

1. Buka alamat url situs yang ingin kamu copy

2. Tekan Ctrl + P pada keyboard

3. Maka kamu bisa melakukan copy pada tab dialog print tersebut

Meng-copy Melalui Halaman AMP

Halaman AMP merupakan versi halaman website yang lebih ringan yang mendukung perangkat sehingga dapat diakses secara cepat dengan menghilangkan sebagian element yang terdapat pada website, termasuk di dalamnya script yang membuat kita tidak bisa melakukan copy paste pada sebuah website.

Adapun caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan "amp" tanpa tanda petik pada akhir url yang ingin kita copas isinya.

Contohnya sebagai berikut :

https://www.iterkini.web.id/2023/02/cara-agar-hotspot-tidak-mati-sendiri.html

Maka ditambah "amp "menjadi :

https://www.iterkini.web.id/2023/02/cara-agar-hotspot-tidak-mati-sendiri/amp

Akan tetapi cara ini tidak bisa digunakan pada semua website, hanya website yang mengaktifkan fitur amp saja yang bisa menggunakan cara ini.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard Anti Mainstream

Menggunakan Ekstensi Tambahan

Cara agar website bisa di copy selanjutnya bagi kalian yang mau cara praktis bisa menggunakan beberapa ekstensi yang bisa kamu download secara gratis melalui Chrome Web Store, ada beberapa ekstensi tambahan yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi tidak bisa copy paste di website, di antaranya :

1. SuperCopy - Enable Copy

2. Supreme Copy

3. Superior Enable Copy

4. Aktifkan Klik Kanan untuk Google Chrome ™

5. Ultimate Enable Right Click ─ Allow Copy

Penutup 

Itulah beberapa Cara Mengatasi Website Yang Tidak Bisa Di Copy Gampang, jika kamu ada kendala bisa hubungi admin melalui kolom komentar, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Website Yang Tidak Bisa Di Copy Gampang"