Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-Dasar Komputer:Cara Menggunakan Komputer Untuk Pemula

iterkini.web.id - Cara Menggunakan Komputer Untuk Pemula - Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin memesat, hingga sampai pada titik di mana semua aktivitas manusia baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan maupun bersosial menggunakan komunikasi jarak jauh, salah satunya adalah dengan komputer.

Cara Menggunakan Komputer Untuk Pemula
Source:Pixabay

Tidak dapat dipungkiri pada saat sekarang ini keterampilan dan skill dalam penggunaan komputer merupakan sebuah nilai plus yang dapat menunjang kita untuk diterima di sebuah perusahaan ataupun lembaga lainnya.

Akan tetapi, meskipun kita sudah tahu demikian, faktanya di lapangan, tidak semua orang yang pandai cara mengoperasikan komputer, sehingga jika ada orang zaman sekarang yang gagap teknologi (gaptek) dirasa ada yang kurang pada diri kita.

Oleh karena itu, jangan sampai setelah kalian membaca artikel ini nantinya, masih ada yang tidak bisa menggunakan komputer, karena sebenarnya pengoperasian komputer cukup mudah dipelajari bagi pemula, hanya perlu pembiasaan sesaat sampai menjadi mahir.

Maka pada artikel ini admin akan membahas cara mengoperasikan komputer bagi pemula yang akan dipaparkan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Daftar Isi

Cara Menggunakan Komputer Untuk Pemula

Bagi kalian yang masih gaptek, nggak perlu khawatir ! karena mengoperasikan komputer tidaklah sulit, layaknya kalian mempelajari mengoperasikan smartphone Android, mungkin dulunya kalian kesulitan memahaminya, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan pembiasaan, kenyataannya sekarang hal tersebut sudah jadi kebiasaan dan mudah digunakan, berikut beberapa cara memakai komputer untuk pemula :

Baca Juga : Apa Perbedaan Laptop dan Komputer ? Ini Jawabannya

A. Persiapan Sebelum Mengoperasikan Komputer

1. Hubungkan Komputer dengan Arus Listrik

Yang pertama kali harus kalian perhatikan adalah menghubungkan komputer dengan arus listrik, karena untuk mengoperasikan komputer, diperlukan sejumlah daya sehingga komputer dapat hidup, tanpa terhubung dengan listrik, komputer dipastikan tidak dapat hidup.

Menghubungkan kabel komputer dengan arus listrik
Source:Pixabay

Selain itu harap diperhatikan agar memeriksa aliran listrik dan usahakan memiliki daya arus yang stabil agar perangkat dapat bekerja dengan optimal, karena jika tidak stabil akan dapat menyebabkan komputer mati tiba tiba, tentunya kalian tidak mau mengalami hal tersebut.

2. Hubungkan Semua Hardware Yang Diperlukan

Sebelum menyalakan komputer, hubungkanlah semua hardware yang sekiranya diperlukan, adapun hardware yang wajib kamu pasangkan pada komputer adalah monitor dan CPU, karena tanpa keduanya tidak mungkin perangkat kalian bisa dioperasikan.

Adapun perangkat hardware opsional yang bisa kalian pasangkan seperti printer, mouse, keyboard, speaker dan lainnya bisa kamu pasangkan sesuai kebutuhan.

3. Pastikan Komputer Kalian Memiliki Software Yang Dibutuhkan

Ini sangat penting untuk kalian perhatikan, jika seumpama kalian baru ingin membeli komputer setelah membaca artikel ini maka saran admin agar ketika kalian ingin membeli komputer berikut beserta komponen komponennya, agar menanyakan apakah perangkat lunaknya sudah lengkap atau meminta dipasangkan software atau perangkat lunak yang lumrah digunakan pada perangkat komputer, karena di beberapa kasus yang terjadi pada teman saya ada yang membeli komputer akan tetapi software yang ada pada komputer tersebut tidak lengkap sehingga dapat menambah nambah pekerjaan untuk mendownload secara manual sehingga menjadi ribet.

Contoh dari perangkat lunak yang kerap kali saya dapati tidak terpasang di komputer seperti aplikasi aplikasi microsoft office, yang mana sama kita tahu bahwa software ini  bisa dibilang sebagai software wajib yang sangat diperlukan bagi kalian yang ingin mengoperasikan komputer untuk kebutuhan kerja maupun pendidikan.

Itulah beberapa hal yang mesti kalian persiapkan sebelum mengoperasikan komputer jika kalian ingin menggunakan komputer dengan optimal dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga : Apa Hubungan, Perbedaan Software dan Hardware Beserta Contohnya

B. Langkah Langkah Menggunakan Komputer

Selanjutnya kita masuk ke pembahasan inti kita tentang cara menggunakan komputer, simak baik baik dan jika memungkinkan langsung dipraktikkan agar lebih mudah dipahami.

1. Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Dengan Baik dan Benar

Langkah awal bagi kalian yang masih pemula dalam mengoperasikan komputer adalah cara menghidupkan dan mematikannya dengan baik dan benar, karena faktanya ada orang yang menghidupkan dan mematikan komputer seenaknya dengan langsung mencabut kabel arus daya misalnya ketika ingin mematikan komputer, tentunya itu dapat berdampak pada hardware komputer dan jika dilakukan terus menerus dapat menyebabkan komputer kalian malah rusak, maka perhatikan cara benarnya sebagai berikut !

Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer Dengan Baik dan Benar
Source:Pixabay

2. Cara Menghidupkan Komputer Yang Benar

a. Hubungkan kabel power CPU dan Monitor pada stop kontak

b. Selanjutnya silahkan tekan tombol power yang terdapat pada CPU sampai tampak indikator lampu CPU menyala dan mendengar suara kipas angin yang bekerja di dalam CPU

c. Langkah berikutnya silahkan tekan tombol power yang terdapat pada monitor sehingga layar monitor kamu menyala dan menampilkan proses booting

d. Terakhir tunggulah proses booting komputer hingga tampilan desktop perangkat muncul

NB : Itulah cara yang benar ketika menghidupkan komputer, dan perlu diingat pada saat proses booting berjalan jangan asal menekan tombol keyboard, itu karena bisa jadi kamu malah diarahkan ke pengaturan system yang susah dipahami bagi seorang pemula atau malah masuk ke fitur save mode.

3. Cara Mematikan Komputer Yang Baik dan Benar

Untuk mematikan komputer, perlu diperhatikan beberapa hal agar jangan terjadi kerusakan atau kehilangan file yang tidak kita inginkan, karena jika kita mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur, seperti mematikannya dengan cara menekan tombol power pada CPU secara langsung atau dengan melepas sambungan daya listrik ke komputer sehingga langsung mati, hal tersebut dapat membuat perangkat hardware yang menjadi penunjang perangkat komputermu hidup menjadi cepat tua dan rusak, bahkan di beberapa kasus dapat menyebabkan beberapa file yang terdapat di dalam komputer menjadi hilang.

Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi, maka simaklah prosedur berikut ini untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebagai berikut :

Cara mematikan komputer kurang lebih sama sekalipun berbeda merek :

a. Pastikan semua program / software yang sedang berjalan sudah disimpan dan ditutup sampai tidak ada lagi aplikasi yang terbuka, untuk mencegah terjadinya kehilangan data

b. Matikan komputer dengan cara menekan logo windows pada keyboard atau dengan menekan start menu yang terletak di bagian kiri bawah komputer

c. Setelah start menu muncul di samping kiri, maka pilih pada opsi Shutdown dan tunggulah sampai komputer kamu benar benar mati barulah mencabut kabel power arus daya monitor dan CPU yang tersambung ke stop kontak

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop dgn Keyboard Anti Mainstream

4. Pengertian Keyboard dan Mouse

Pada saat kita mengoperasikan komputer tentunya kita harus tahu perangkat tambahan penunjang komputer agar dapat berjalan secara optimal, salah satunya adalah pengenalan keyboard dan mouse, kedua perangkat keras ini diperlukan untuk digunakan pada perangkat komputer kita.

Adapun mouse merupakan perangkat keras (hardware) input yang berfungsi untuk menggerakkan kursor yang terdapat pada layar monitor komputer sehingga dapat pengguna dapat memberikan perintah kepada komputer secara tepat.

Sedangkan keyboard merupakan hardware input yang berfungsi sebagai alat input berupa huruf, simbol dan angka pada perangkat komputer kita.

Pengertian Keyboard dan Mouse
Source:Pixabay

Maka kedua perangkat keras ini saling mendukung satu sama lain sehingga kita dapat menjalankan komputer secara optimal.

Baca Juga : Cara Mengetik Cepat dengan Metode 10 Jari Untuk Pemula Tanpa Melihat di Keyboard

5. Pengenalan File Explorer pada Komputer

File Explorer merupakan sebuah perangkat yang membantu pengguna untuk melakukan pengelolaan, pembuatan, penyuntingan dan lainnya terhadap file yang terdapat pada komputer kita.

Maka dengan file explorer inilah kita akan dipermudah dan dibantu untuk mencari berbagai macam file yang terdapat pada perangkat kita, baik itu yang berasal dari harddisk internal maupun eksternal, dan dengannya kita mampu mengelola berbagai macam file yang terdapat pada komputer.

Biasanya, Local Disc (C) dijadikan default drive ketika proses komputerisasi tengah berjalan, terutama penyimpanan file system biasanya diletakkan di memory ini, jadi jika kalian menggunakan komputer, jangan asal hapus ketika membuka folder yang terdapat pada file penyimpanan ini.

Jika penyimpanan memory kamu cepat penuh sedangkan file yang kamu simpan pada perangkat dirasa tidak begitu banyak, maka kamu bisa curiga temp file yang terdapat pada perangkat kamu sudah menumpuk, maka kamu bisa membaca artikel cara menghapus temporary file pada windows komputer dengan menekan kata dengan warna biru tersebut, dan saran admin untuk melakukan pemeriksaan terhadap temp file ini secara rutin agar file sampah yang terdapat pada komputer kamu tidak begitu menumpuk sehingga menghambat komputer untuk berada pada performa terbaiknya.

6. Cara Copy, Paste dan Delete File di Komputer

Ketika fitur ini, merupakan fitur yang wajib diketahui oleh seorang pemula, karena ini merupakan fitur yang paling dasar terkait cara menggunakan komputer untuk pemula, maka kalian mesti mempelajari ini !

a. Cara Copy File di Komputer :

1) Pilih file atau folder yang hendak kamu salin / copy

2) Tekan Klik Kanan pada mouse

3) Pilih pada pilihan Copy

Untuk memindahkannya simak di bawah !

b. Cara Paste di Komputer

Untuk memindahkan file / folder tersebut dikenal dengan fitur Paste yaitu memindahkan

1) Maka selanjutnya pilih lokasi dimana kamu hendak pindahkan file / folder tersebut

2) Setelah ditentukan maka tekan Klik Kanan dan pilih Paste

c. Cara Menghapus File di Komputer

Adapun untuk menghapus file, caranya hampir mirip dengan sebelumnya, hanya beda sedikit saja, yaitu :

1) Pilih file atau folder yang hendak kamu hapus

2) Tekan Klik Kanan pada file atau folder tersebut

3) Pilih pada opsi Delete

4) Maka otomatis file tersebut akan terhapus dan berpindah ke tempat penampungan file terhapus sementara

Jika kalian ingin menghapusnya secara permanen (dengan tujuan melapangkan memori contohnya) maka pergi ke Desktop (halaman utama saat komputer dihidupkan)

1) Buka Recycle Bin di Desktop

2) Pilih semua file dengan menekan tombol Ctrl + A pada keyboard secara bersamaan

3) Tekan Klik Kanan

4) Lalu tekan Delete

Maka otomatis file tersebut akan terhapus selama lamanya.

Baca Juga : Cara Menghapus App di Laptop dengan Cepat

Penutup

Itulah beberapa pengenalan komputer bagi kita sebagai seorang pemula, jangan anggap pengoperasian komputer itu sulit, karena sebenarnya sangat mudah, hanya butuh pembiasaan maka kalian akan dapat menjadi mahir dalam menggunakan komputer, tetap semangat dan rajinlah untuk mempraktikkannya di rumah.

Itulah beberapa tutorial komputer yang penting kita ketahui sebagai pemula, cukup sekian artikel tentang Dasar-Dasar Komputer Cara Menggunakan Komputer Untuk Pemula, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua terutama admin pribadi.

Posting Komentar untuk "Dasar-Dasar Komputer:Cara Menggunakan Komputer Untuk Pemula"