Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Imsakiyah Ramadhan Untuk Sambut Puasa Penuh Berkah

iterkini.web.id - Aplikasi Imsakiyah Ramadhan - Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi manusia dalam menjalankan berbagai macam hal dalam kehidupan.

Pengaruh dari keberadaan teknologi ini sangat berdampak dalam beberapa hal, di antaranya pembuatan aplikasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi seorang muslim untuk mengetahui jadwal imsakiyyah agar dapat menjalankan ibadah puasa tepat waktu dan maksimal di bulan yang penuh berkah.

Ini karena dalam menjalankan ibadah puasa, seorang muslim diwajibkan mengetahui jadwal imsak. Imsak ini menjadi batasan waktu kapan seorang muslim boleh melakukan aktivitas sahur atau makan secukupnya dalam rangka menahan lapar dan haus dahaga di siang hari bulan Ramadhan.

Aplikasi Imsakiyah Ramadhan
Source : Pexels.com

Oleh karena itu, tentunya pengetahuan tentang jadwal imsakiyyah ini menjadi penting diketahui bagi seorang muslim yang hendak berpuasa supaya tidak terlambat melaksanakan sahur terutama bagi kalian yang tinggal di wilayah pedesaan.

Simaklah artikel berikut ini untuk mengetahui jadwal imsakiyyah dalam pelaksanaan puasa di Bulan Suci Ramadhan.

5 Aplikasi Imsakiyah Ramadhan

Berikut ini merupakan 5 aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk melihat jadwal imsakiyyah di Bulan Suci Ramadhan :

1. Athan Ramadhan 2023, Al Quran

Aplikasi ini merupakan aplikasi jadwal imsakiyah yang sudah dirilis sejak tahun 2012 silam. Hingga saat ini sudah lebih dari 10 jt+ pengguna yang mendownload aplikasi ini dalam penggunaannya di bulan suci.

Tidak hanya bisa digunakan sebagai aplikasi jadwal imsakiyah android, aplikasi ini juga bisa kalian download melalui App store, khususnya bagi para pengguna OS iPhone.

Pada aplikasi ini, tidak hanya terbatas pada jadwal imsakiyyah, di sini kalian juga melihat arah kiblat, doa-doa khusus, jadwal sholat, panduan haji dan umrah serta banyak fitur lainnya yang dapat membantu kalian dalam melakukan ibadah.

2. Muslim Pro : Quran Athan Prayer

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Muslim Pro ini dirilis oleh Bitsmedia Pte LTD pada tahun 2011. Aplikasi pengingat imsak yang satu ini sudah diunduh hingga 100 jt+ pengguna Play Store semenjak dirilisnya. Menggunakan apk ini, kalian akan dimudahkan untuk mengetahui jadwal imsakiah sehingga kalian tidak perlu khawatir akan terlambat melaksanakan imsak.

Aplikasi ini dibekali dengan beberapa fitur utama lainnya selain jadwal imsak dan buka puasa. Pada saat kalian membuka aplikasi ini akan langsung diarahkan ke tab Today, yang berisi berbagai macam informasi seputar keislaman yang bisa langsung kalian akses melalui aplikasi. Selain itu juga disediakan jadwal sholat, aplikasi Al Qur'an, doa dan tasbih yang dapat menunjang amalan ibadah umat.

3. Jadwal Imsakiyah 2023 M 1444 H Puasa Ramadhan

Dirilis oleh Adjiofficial, aplikasi yang satu ini dirilis pada tahun 2023 dan terus melakukan update dari waktu ke waktu.

Ukuran yang ditawarkan oleh aplikasi ini pun cukup ringan yaitu hanya sekitar 14 MB-an saja. Aplikasi ini sebagaimana namanya, memaparkan jadwal imsakiyah yang memudahkan umat Islam dalam pelaksanaan puasa di bulan suci.

Selain membantu umat untuk mengingatkan jadwal imsak, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur-fitur yang memang diprioritaskan untuk mendukung segala aktivitas amalan ibadah yang dilakukan pada Bulan Ramadhan seperti penjelasan tentang keutamaan puasa, keutamaan bulan, hukum melaksanakan puasa Ramadhan bagi seorang muslim.

Di samping itu juga ada panduan pembayaran zakat fitrah di akhir bulan suci dan juga kumpulan doa-doa yang bisa kalian terapkan dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

4. Muslim Muna: Ramadhan Sholat

Aplikasi imsakiyah Ramadhan selanjutnya adalah Muslim Muna yang dirilis oleh Al Hiwar pada tahun 2019. Aplikasi ini telah diunduh sekitar 50 jt+ pengguna,

Aplikasi ini sangat cocok kalian gunakan untuk pedoman harian jadwal imsak di Bulan Ramadhan. Selain itu, dengan aplikasi ini kalian juga bisa mencari arah kiblat, kalender Hijriah, jadwal sholat serta pengingat azan, waktu, doa dan zikir pagi petang bahkan juga ada fitur resto halal di sekitarmu.

5. Sahabat Puasa

Aplikasi pengingat sahur yang terakhir adalah Sahabat Puasa yang dirilis oleh KitaKelola pada tahun 2021. Apk ini sudah diunduh 1000+ pengguna Google Play dalam kurun waktu dua tahun.

Admin merekomendasikannya karena aplikasi ini memang dikhususkan bagi orang muslim yang hendak melaksanakan puasa, terutama Puasa Ramadhan.

Menggunakan aplikasi ini kalian akan diingatkan pada setiap hari di bulan suci tentang jadwal imsakiyah dan jadwal berbuka selama Bulan Ramadhan.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuat pengingat tentang puasa apa yang kalian ingin untuk diingatkan oleh aplikasi Sahabat Puasa, yaitu Puasa Senin Kamis, Ayyamul Bidh, Arafah, 10 Dzulhijah dan Asyura.

Kalian juga bisa membuat perencanaan puasa menggunakan aplikasi ini.

Kesimpulan

Ada banyak sekali aplikasi pengingat imsakiyyah Ramadhan yang bisa kalian gunakan secara gratis tanpa berbayar melalui aplikasi android maupun iPhone, di atas admin sudah memaparkan 5 aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk pengingat imsakiyah di bulan suci.


Itulah artikel tentang 5 Aplikasi Imsakiyah Ramadhan Untuk Sambut Puasa Penuh Berkah, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua, terutama untuk diri admin pribadi.

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Imsakiyah Ramadhan Untuk Sambut Puasa Penuh Berkah"