Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Router WiFi ? Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

iterkini.web.id - Apa itu router WiFi - Kita saat ini hidup di era globalisasi yang perkembangannya "tak bisa dibendung" sehingga globalisasi ini bahkan berdampak dalam kehidupan manusia terutama dalam melakukan beragam aktivitas.

Internet seiring perkembangan waktu menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern, terutama dalam sektor komunikasi, saat sekarang tidak lagi hanya dilakukan dengan cara face to face dalam artian bertemu satu sama lain atau dengan menggunakan perantara kantor pos untuk saling berkirim surat. Saat sekarang cara-cara tersebut sudah tidak lagi efektif di zaman modern.

Apa Itu Router WiFi
Source : Pixabay.com

Selanjutnya, bagi kalian yang penasaran dengan cara kerja internet pada jaringan WiFi harus tahu nih mengenai router, karena router sangat erat kaitannya dengan internet pada WiFi, karena ketika kamu mengakses internet melalui perangkat komputer, laptop, smartphone, tablet dan lain sebagainya dengan koneksi WiFi, itu tidak luput dengan peranan router sehingga pada akhirnya kamu bisa bereksplorasi di internet melalui dunia virtual dengan lancar.

Daftar Isi

Nah maka pada artikel kali ini penulis akan mengulas artikel seputar router WiFI, simak terus untuk mengetahuinya !

Apa Itu Router WiFi

Dilansir dari Wikipedia, bahwa router merupakan sebuah alat atau perangkat keras yang berfungsi  untuk menyalurkan jaringan internet ke tujuannya yang dilakukan dengan melalui sebuah proses yang disebut dengan routing atau perutean.

Maka dari penjelasan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa router itu berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara jaringan internet dengan perangkat gadget (hp, laptop dan lainnya) yang hendak kalian sambungkan ke jaringan WiFi sehingga perangkat dapat terhubung dengan jaringan internet, yang mana router di sini berperan sebagai perancang jalur terbaik dan paling efisien untuk menghubungkan antara keduanya.

Baca Juga : Apa Bedanya Router dan Modem dalam Jaringan Komputer

Dari penjelasan tersebut tentunya sudah mulai tergambar tentang apa itu router WiFi secara umum, nah selanjutnya kita lanjutkan ke penjelasan berikutnya :

Apa Fungsi Router WiFi

Setelah mengetahui pengertian router, maka ketahuilah apa saja fungsi router, sebagaimana berikut ini :

Mentransmisikan Jaringan WiFi

Fungsi router di antaranya adalah untuk mentransmisikan jaringan WiFi, dengan perangkat router akan merubah sinyal modem menjadi sinyal radio WiFi sehingga jaringan akan tersebar ke ruangan yang ada di sekitar router sesuai dengan kapabilitas router.

Mengarahkan Jaringan Melalui Lalu Lintas Yang Efisien

Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk mencari jalur rute yang paling efisien untuk menghubungkan jaringan internet kepada perangkat yang ingin kita sambungkan ke jaringan. 

Router Wifi
Source : Pixabay.com

Karena, dengan lintasan yang baik dan efisien pada sebuah jaringan, akan berdampak pada kualitas jaringan yang kita gunakan melalui perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi. Bila lintas jaringan yang kita gunakan efisien, tentunya dari segi kecepatan dan bandwith yang diperoleh oleh perangkat akan lebih besar dibandingkan dengan lintas jaringan yang buruk.

Menghubungkan Perangkat ke Internet

Melalui router, maka akan memungkinkan kita untuk menghubungkan antara jaringan internet dengan perangkat seperti printer, laptop dan komputer serta perangkat lainnya yang membutuhkan akses jaringan.

Membagikan Jaringan Internet ke Beberapa Perangkat 

Salah satu fungsi router yang paling dapat kita rasakan manfaatnya adalah kita dapat menikmati akses internet tidak hanya dari satu perangkat saja, melainkan kita bisa menghubungkan jaringan internet ke beberapa perangkat sekaligus, terutama bagi WiFi yang dipasang untuk keperluan keluarga, tentunya akses kepada jaringan ini tidak hanya terbatas untuk kita saja, melainkan juga ayah, ibu, kakak dan adik dan lainnya.

Maka dengan adanya router, secara otomatis pembagian kecepatan internet akan menjadi stabil dan merata, sehingga tidak perlu khawatir kinerja jaringan di tiap perangkat tidak stabil dan optimal.

Menghubungkan Jaringan ke DSL (Digital Subscribe Line)

Fungsi lain router untuk menghubungkan antara jaringan dengan DSL, DSL ini berfungsi sebagai firewall atau pelindung jaringan juga data dari berbagai macam serangan cyber yang muncul dari jaringan.

Router di sini akan mampu mendeteksi dan memblokir lalu lintas yang sekiranya mencurigakan sehingga akan terhindar dari berbagai macam kejahatan cyber yang tidak kita inginkan.

Jenis Router WiFi

Secara garis besar, router terbagi 2 :

Router Kabel : Merupakan router yang berfungsi menghubungkan perangkat ke jaringan internet menggunakan kabel jaringan, kabel yang biasa digunakan untuk router jenis ini adalah kabel Ethernet.

Kabel ethernet router
Source : Pixabay.com

Umumnya router ini digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi LAN (Local Area Network) dengan cakupan skala yang relatif terbatas seperti di kantor, di rumah yang disambungkan ke laptop, komputer dan lainnya. 

Router Nirkabel : Merupakan jenis router yang berfungsi menghubungkan antara jaringan internet dengan perangkat laptop, smartphone dan lainnya tanpa menggunakan kabel yaitu menggunakan teknologi WiFi.

Nirkabel ini sangat cocok digunakan di rumah maupun di kantor yang membutuhkan jaringan yang fleksibel

Bagaimana Cara Kerja Router WiFI ?

Untuk cara kerjanya, bisa kita umpamakan dengan sebuah pesawat yang hendak mengudara, tentunya butuh seorang ATC (Air Traffic Control) dalam konteks dunia penerbangan, yang memiliki tugas untuk memantau dan mengatur lalu lintas penerbangan di udara sehingga aktivitas penerbangan menjadi lebih aman dan efisien.

Nah begitu juga dengan router, di sini bertugas untuk mengatur lalu lintas jaringan sehingga dapat berjalan dengan rute yang efisien dan aman sehingga transmisi data antara jaringan dengan perangkat menjadi lebih lancar sehingga jaringan yang diperoleh perangkat yang disambungkan ke jaringan dapat terhubung dengan jaringan internet secara maksimal, aman dan efisien.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai definisi, fungsi, jenis dan cara kerja router dalam dunia IT, intinya router berfungsi untuk mengatur efisiensi lalu lintas jaringan ke perangkat yang ingin dihubungkan dengan jaringan, sehingga jaringan internet pada perangkat dapat bekerja secara maksimal.


Itulah artikel tentang "Apa Itu Router WiFi ? Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya" semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan terutama untuk penulis pribadi. Jika artikel ini dirasa bermanfaat boleh dibagikan ke kerabat, teman maupun sanak saudara kalian ya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Router WiFi ? Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya"