Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Shot dan Angle dalam Fotografi - Pro Fotografer

iterkini.web.id - Jenis Jenis Shot dan Angle dalam Fotografi - Menjadi seorang fotografer professional merupakan impian setiap yang bergelut dalam bidang fotografi. Menghasilkan foto maupun video terbaik dan berkualitas dalam setiap sesi pemotretan yang dilakukan tentunya merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi kita seorang fotografer.

Namun tentunya untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai macam pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang teknik-teknik fotografi, baik itu secara keilmuan teoritis maupun praktis di lapangan.

Jenis Jenis Shot dan Angle dalam Fotografi
Source : Pexels.com

Salah satu teknik fotografi yang mesti kalian pahami adalah teknik angle shot atau sudut pengambilan. Hal ini wajib diketahui bagi kalian yang berkeinginan menjadi seorang fotografer professional, karena dengan menggunakan angle yang tepat pada saat melakukan sesi pemotretan, akan dapat memberikan hasil yang berkualitas dan dapat memberikan kesan mood yang kita sampaikan kepada para penonton.

Bila sebuah foto atau video akan menarik jika dipotret dengan menggunakan teknik frog angle shot, maka belum tentu jika menggunakan teknik angle lainnya akan bisa memberikan tampilan menarik sebagaimana menggunakan teknik frog angle tersebut.

Satu hal yang perlu kalian ketahui adalah teknik-teknik ini juga turut digunakan dalam bidang videografi, jadi tidak hanya terbatas pada fotografi saja.

Baca Juga : Jenis Jenis Kamera Yang Harus Kamu Ketahui

Angle Shot Kamera

Angle shot adalah sudut pengambil objek dari sisi tertentu. Dalam dunia fotografi, dikenal macam-macam angle foto yang bisa digunakan sesuai dengan kesan, komposisi gambar dan nilai keindahan yang ingin ditampilkan seorang fotografer dalam hasil foto yang akan dihasilkan.

Maka karena itu, pada artikel ini admin akan mengulas mengenai macam-macam angle fotografi yang bisa kalian praktikkan pada saat melakukan sesi pemotretan, maka simaklah berikut ini !

Daftar Isi

Jenis Jenis Shot dan Angle dalam Fotografi

Berikut beberapa jenis angle shot yang bisa kalian gunakan dalam aktivitas memotret kalian di rumah :

1. High Angle Shot (HAS) 

High angle shot adalah sudut pengambilan gambar yang dilakukan dengan penempatan sudut pandang (kamera) lebih tinggi daripada objek.

Dengan menggunakan angle yang satu ini, akan dapat memberikan kesan lemah, kesepian, kecil dan rendah kepada objek yang difokuskan.

High angle shot dalam pemotretan
source : Nofilmschool.com

Kelebihan menggunakan sudut pengambilan gambar dengan high angle fotografi salah satunya gambar akan lebih terfokus pada objek yang ingin kita tampilkan dan mampu memberikan pengenalan tentang latar belakang objek.

2. Low Angle Shot (LAS)

Pengertian low angle dalam teknik fotografi adalah pengambilan gambar yang dilakukan dengan penempatan sudut pandang (kamera) lebih rendah daripada objek.

Low angle shot artinya
source : Studiobinder.com

Ketika kalian menggunakan teknik low angle ini dalam memotret atau merekam video, maka kalian bisa memberikan kesan kekuatan, keberanian, keperkasaan kepada objek yang ingin kalian fokuskan.

Baca Juga : Macam Macam Lensa Kamera

3. Eye Level Shot (ELS) 

Merupakan teknik pengambilan gambar yang dilakukan sejajar dengan sudut pandang objek yang menjadi fokus dalam pemotretan, teknik ini juga biasanya disebut dengan sudut normal.

Jadi, saat menggunakan teknik ini, maka kalian harus menempatkan sudut pandang yang sama dengan objek yang hendak kita fokuskan (antara kamera dan mata).

eye angle
source : Pinterest.com

Dengan menggunakan sudut pandang ini dalam pemotretan, kalian akan dapat memberikan kesan realistis dan natural terhadap objek yang ingin kalian potret.

4. Frog's Eye View Shot (FEVS) 

Selanjutnya sudut pengambilan dengan teknik frog eye, cara pengambilan frog eye ini dilakukan dengan meletakkan sudut pandang (kamera) dari sudut pandang yang paling rendah atau di bawah objek.

Biasanya teknik ini digunakan dengan meletakkan kamera di permukaan seperti tanah atau permukaan lainnya yang diletakkan dekat dengan objek yang ingin difokuskan.

Frog eye
source : Pixel.web.id

Perbedaan frog eye dan low angle yang sebelumnya sudah dijelaskan juga adalah, pada pengambilan gambar dengan sudut frog eye ini pengambilannya terbilang sangat rendah sehingga objek yang ingin ditampilkanpun terlihat sangat besar dan mendominasi, sedangkan pada penggunaan low angle tidak se-ekstrim frog eye.

Baca Juga : Jenis Jenis Filter Lensa Kamera

5. Bird's Eye View Shot (BEVS) 

Pengertian bird eye view dalam fotografi adalah teknik pengambilan gambar dengan mengambil gambar objek dari sudut pandang yang sangat tinggi.

Dinamakan dengan bird view karena memang pemandangan pada saat kita menggunakan teknik ini dalam pemotretan layaknya visual yang dilihat burung pada saat sedang terbang yang melihat dari jarak yang sangat tinggi.

Bird eye

Menggunakan teknik ini dalam fotografi dapat memberikan informasi kepada yang melihat gambar tersebut tentang info visual dan latar lokasi objek. Teknik ini biasa digunakan dalam pengenalan tempat dalam videografi perfilman.

6. Worm's Eye View Shot (WEVS) 

Merupakan teknik sudut pengambilan gambar yang dilakukan dari sudut yang lebih rendah daripada frog eye, yaitu berada di bawah objek yang menjadi fokus pada gambar.

Worm eye
source : Matrix.edu.au

Perbedaan antara worm eye dengan frog eye yaitu sudut pandang frog eye berada tepat di paling bawah objek, sedangkan worm eye lebih rendah dari objek itu sendiri, sehingga dinamakan dengan worm eye (pengelihatan cacing)

Baca Juga : 3 Fungsi Lens Hood Kamera

Kesimpulan

Ada beragam sudut pengambilan gambar yang bisa kita manfaatkan dalam aktivitas fotografi sehingga membuat pemotretan kita tidak terlalu kaku, semuanya sudah admin paparkan pada pemaparan di atas. Maka silahkan kalian gunakan sudut pengambilan tersebut sesuai dengan selera dan mood gambar yang ingin kalian sampaikan kepada audiens.


Itulah artikel tentang Jenis Jenis Shot dan Angle dalam Fotografi - Pro Fotografer, semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca dan khususnya penulis sendiri.

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Shot dan Angle dalam Fotografi - Pro Fotografer "