Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih dan Cara Merawat Lampu Emergency Agar Awet

iterkini.web.id - Tips Memilih dan Cara Merawat Lampu Emergency - Kondisi listrik di Indonesia pada saat sekarang bisa terbilang belum cukup stabil, terutama di daerah yang jauh dari kota. Oleh karena itu, tak jarang kita dengar terjadi pemadaman listrik di wilayah wilayah desa. Namun tak jarang pula pemadaman listrik itu terjadi di wilayah perkotaan, karena tidak tertutup kemungkinan terjadi kesalahan teknis atau hendak melakukan perawatan rutin.

Pemadaman listrik biasa terjadi tanpa pemberitahuan sebelumnya, sehingga dituntut kesiagaan kita untuk mengantisipasi agar kondisi rumah tidak gelap gulita layaknya zaman sebelum ditemukannya lampu, tentunya tidak masalah jika tidak ada hal penting yang kita ingin kerjakan, namun beda halnya jika umpamanya anak kita besok hari akan ujian, sehingga sulitnya penerangan karena gelap gulita menyebabkan anak anak lebih cepat mengantuk dan jadi malas belajar.

Memilih dan Perawatan Lampu Emergency

Oleh karena itu di tiap rumah setidaknya memiliki sebuah lampu emergency yang dapat membantu penerangan rumah. Kita tidak tahu kapan akan terjadinya pemadaman listrik sehingga untuk berjaga jaga harus memilikinya.

Daftar Isi

Maka pada artikel ini admin akan memberikan beberapa informasi seputar tips memilih dan cara perawatan lampu emergency terbaik.

Tips Memilih Lampu Emergency

Memilih lampu emergency tidak boleh dilakukan secara membabi buta, karena penggunaan lampu erat hubungannya dengan kelistrikan, sehingga ada beberapa kriteria lampu yang cocok dan aman untuk kalian gunakan di rumah, karena jika kalian tidak mengikuti standar keamanan lampu yang admin akan terangkan khawatirnya nanti akan terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan, misalnya terjadi korsleting, bukannya malah membantu, malah menimbulkan masalah baru lainnya.

Maka ada beberapa kriteria lampu emergency yang perlu kalian perhatikan agar terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan : 

  • SNI
  • Bobot Lampu
  • Baterai
  • Terangnya Cahaya
  • Ada Garansi
  • Seller Jelas dan Terpercaya
  • Memiliki Fitur Dimmer (Opsional)

Lulus SNI 

Perlu kalian ketahui bahwa produk dengan logo SNI yang tertera pada dusbok sebuah produk bukan sekedar comot semata (ambil dan tempel) karena kualifikasi SNI ini diberikan oleh lembaga resmi yang memang mengurus  tingkat kualitas dan keamanan sebuah produk.

Maka untuk mencari produk dengan tingkat keamanan dan kualitas yang baik perlu mencari produk lampu emergency yang sudah distandarisasi dengan SNI yang tertera di dusbok produk.

Bobot Lampu

Untuk mencari produk dengan lampu yang berkualitas dan tahan lama juga bisa dilihat dari segi bobot produknya.

Pertama : Bila bobot lampu berat maka dapat menjadi indikator bahwa lampu tersebut mengandung alumunium yang banyak sehingga sangat membantu sebagai sistem pendinginan sehingga membuat lampu lebih awet.

Kedua : Bila bobot berat maka dapat menjadi indikasi bahwa baterai yang digunakan pada lampu emergency tersebut lebih berkualitas daripada lampu biasa.

Terang Lampu

Banyak pada saat sekarang menghadirkan lampu dengan tingkat terang yang tidak sesuai dengan watt yang ditampilkan di dusbok, maka perlu ketelitian untuk memilih lampu yang memiliki cahaya yang terang atau sesuai dengan kebutuhan kita.

Maka jika memungkinkan sebaiknya pada saat kalian ingin membeli lampu emergency agar membandingkannya dengan lampu lain.

Cara Merawat Lampu Emergency

Daya Tahan Baterai

Baterai dengan kapasitas yang banyak akan lebih baik dan lebih tahan lama jika digunakan pada saat mati lampu, maka kalian perlu memperhatikan kapasitas baterai yang mampu ditampung oleh lampu.

Garansi 

Tentunya dengan ada garansi, juga dapat menjadi indikator bagi kita bahwa perusahaan pembuat lampu emergency serius dalam penanganan kualitas dan keamanan lampu yang mereka produksi.

Dengan adanya garansi, kita bisa mengantisipasi jikalau ada kerusakan pada saat baru membeli lampu dan ternyata terjadi kerusakan pabrik setelah dicek di rumah.

Beli lampu emergency dengan garansi yang baik yaitu selama satu tahun, seperti brand Philips dan lainnya.

Seller Jelas dan Terpercaya

Pada saat ingin melakukan transaksi, pastikan bahwa penjual merupakan orang yang terpercaya dan jelas, terutama bagi kalian yang suka membeli barang via online atau online store, tentunya hal ini merupakan hal yang penting jaga jaga kita ditipu oleh penjual dengan mengirimkan produk palsu atau yang tidak sesuai dengan keterangan yang sudah dipaparkan di awal.

Maka diwajibkan bagi kalian yang tengah mencari lampu emergency agar melihat indikasi keterpercayaan penjual :

Offline Store : Toko tempat pembelian memiliki alamat yang jelas

Online Store : Bisa dilihat dari reputasi produk dan dibuktikan dengan ulasan yang dilakukan pembeli, jika ulasan sebuah produk tampak banyak mendapatkan bintang 5 maka bisa dikatakan toko tersebut terpercaya, namun jika lebih banyak bintang 1 maka lebih baik mencari toko lainnya.

Memiliki Fitur Dimmer (Opsional)

Fitur ini bisa memudahkan kalian untuk mengatur tingkat cahaya lampu, kalian bisa sesuka hati mengatur lampu akan dibuat dengan terang maksimal atau ingin membuatnya redup dengan Dimmer.

Cara Merawat Lampu Emergency Agar Awet

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menjaga dan merawat lampu emergency agar awet dan tahan lama. berikut ulasannya :

1. Jangan Langsung Gunakan di Awal Pembelian, Langsung Isi Ulang

Pada saat kalian baru membeli lampu emergency, sangat tidak dianjurkan untuk langsung menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, namun jika kalian menggunakannya hanya sekedar untuk melakukan pengetesan tidak masalah.

Hal ini harus diperhatikan karena pada saat pembelian tersebut baterai atau energi listrik yang terdapat pada lampu hanya sedikit dan memang hal tersebut wajar karena pihak produsen mengisinya hanya sekedar agar bisa dilakukan pengetesan saat akan terjadi transaksi pembelian.

Maka sangat disarankan untuk langsung melakukan pengisian ulang sampai baterai penuh sekitar 5-6 jam barulah lampu emergency tersebut dapat kalian gunakan dalam jangka waktu yang panjang dan lama.

2. Jangan Lepas Charger Saat Melakukan Pengisian Ulang

Pada saat kalian sedang mengisi ulang baterai lampu emergency kalian, maka jangan kalian mencabut charger pada saat tengah melakukan pengisian ulang karena bisa terjadi korsleting pada baterai lampu tersebut.

3. Langsung Lepas Charger Saat Selesai Melakukan Pengisian

Charger tidak boleh terus terusan terpasang pada lampu emergency jika sudah terisi penuh karena dapat mengakibatkan baterai lampu yang cepat soak dan menyebabkan lampu menjadi tidak tahan lama.

Ini dapat terjadi disebabkan daya listrik yang masuk ke lampu pada saat baterai penuh bisa menjebol sel sel elektrik yang terdapat di dalam baterai.

4.Ganti Lampu Bila Mulai Gosong

Tidak semua lampu emergency yang menggunakan bola lampu LED, karena di beberapa produk masih banyak didapati lampu ini yang masih menggunakan lampu Neon atau TL.

Memang benar jika penggunaan seperti lampu TL ini dapat membuat tingkat cahayanya lebih terang daripada menggunakan lampu LED, namun dari segi ketahanan produknya lampu TL ini akan lebih cepat gosong dan menghitam karena di samping konsumsi daya baterainya yang besar juga boros umur.

Maka bila kalian sudah melihat indikasi lampu emergency kalian menghitam dan gosong, maka segeralah diganti dengan yang baru agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

5. Jika Lampu Jarang digunakan Maka Isi Ulang Secara Berkala

Bagi kalian yang hanya mempergunakan lampu emergency pada saat genting dan terjadi pemadaman listrik, maka perlu diperhatikan untuk selalu isi ulang baterai berkala, bisa satu kali dua bulan, karena biasanya meskipun tidak digunakan, baterai dari lampu ini akan habis dengan sendirinya.

Di samping itu mengisi ulang daya baterai lampu ini juga bisa dijadikan sebagai langkah antisipasi agar lampu emergency kalian tidak cepat rusak karena tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang mesti kalian perhatikan ketika ingin memilih dan merawat lampu emergency untuk menjaga ketahanan lampu agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Semuanya sudah admin paparkan di atas dengan penjelasan yang singkat dan padat.


Itulah artikel tentang Tips Memilih dan Cara Merawat Lampu Emergency Agar Awet, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bagi admin tentunya.


Posting Komentar untuk "Tips Memilih dan Cara Merawat Lampu Emergency Agar Awet "