Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop atau Komputer

iterkini.web.id - Siapa yang tidak kenal dengan flashdisk ? alat kecil mungil yang praktis dibawa dan serba guna ini sangat berperan penting beberapa dekade belakangan sebagai media penyimanan file permanen atau sementara bagi sebagian orang, alat ini juga biasa dipanggil dengan USB Flash Drive.

Alat ini merupakan alat penyimpanan eksternal yang biasanya sering digunakan sebagai media backup file maupun untuk menyimpan berbagai macam file biasa maupun penting seperti file foto, video, maupun surat atau berkas penting.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara menyambungkannya ke perangkatpun cukup mudah, yaitu dengan cara mencolokkan flashdisk ke lubang USB Port yang terdapat pada perangkatmu seperti pada laptop maupun komputermu, atau juga bisa kalian colokkan melalui OTG ke smartphone kalian.

Akan tetapi, di samping kepraktisannya untuk dibawa dan digunakan ada satu hal yang biasa menjadi kendala bagi para user flashdisk ini, yaitu alat ini rentan diserang virus maupun malware sehingga ada kalanya flashdisk kita ketika digunakan tidak terbaca perangkat sehingga menyebabkan kita menjadi panik.

Memang harga dari flashdisk ini bisa dibilang cukup terjangkau sesuai dengan kapasitas memory yang kita pilih, akan tetapi yang kita nilai dari flashdisk tersebut sebenarnya bukan dari harga terjangkaunya tersebut, akan tetapi data yang ada di dalamnya, terutama data-data penting yang sengaja kita simpan di sana sebagai backup.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini penulis akan menyempatkan diri untuk berbagi tips dan trik bagaimana caranya mengatasi flashdisk kalian ketika tidak terbaca oleh perangkat.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Berikut beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab flashdisk tidak terdeteksi :

Eject Flashdisk

Kebanyakan orang pada saat sekarang ketika akan melepas flashdisk dari USB Port tidak menekan eject terlebih dahulu, padahal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan flashdisk itu sendiri, jadi biasakanlah ketika akan melepas flashdisk dari perangkatmu agar menekan eject terlebih dahulu ya.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

USP Port atau Flashdisk Berdebu 

Ini biasa menjadi penyebab flashdisk kalian tidak terbaca, jika flashdisk kalian tidak terdeteksi lebih baik kalian periksa terlebih dahulu USB Port kalian, apakah bersih atau jangan-jangan ada yang mengganjal di dalam, sehingga membuat flashdisk kalian tentunya tidak dapat terdeteksi, begitu juga sebaliknya, cek di dalam lubang flashdisk apakah sudah bersih atau ada yang mengganjal.

Itulah dua hal yang biasa menjadi penyebab kenapa flashdisk kamu tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terdeteksi

Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi flaskdiskmu tidak terbaca di perangkat :

USB Port

Langkah pertama jika ternyata flashdisk kalian tidak terdeteksi di perangkat adalah dengan mencobakan flashdiskmu ke USB Port lain di perangkat kalian , namun jika kalian telah mencobanya ke seluruh USB Port yang ada di perangkat kalian, namun hasilnya tetap nihil, coba kalian cari perangkat lain seperti laptop temanmu untuk mengetestnya, jika ternyata setelah dicobakan ke laptopnya ternyata bisa, maka patut dicurigai yang salah adalah pada USB Port atau pada driver perangkat kalian.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Virus & Malware 

Hal ini patut kalian curigai ketika flashdisk kalian tetap tidak terdeteksi setelah kalian mengetest di USB Port lain dan tetap tidak bisa, maka yang perlu kalian lakukan adalah download antivirus lalu scan virus dan bersihkan, karena adakalanya flashdisk tidak dapat terbaca karena virus dan malware yang mengendap di flashdisk yang dapat diakibatkan mendowload software asal dari internet atau juga karena asal colok ke berbagai macam perangkat yang bervirus atau memindahkan file yang ternyata bervirus ke perangkat flashdisk.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Restart Perangkat

Langkah selanjutnya adalah dengan cara merestart perangkat kamu, karena barangkali pada saat flaskdisk kamu tidak terdeteksi karena ada di antara driver yang tidak berjalan sebagaimana semestinya, maka cobalah merestart perangkat.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Format Flashdisk

Jika setelah kalian melakukan beberapa cara di atas dan hasilnya masih tetap nihil, maka yang kalian lakukan adalah dengan terpaksa memformat flashdisk kamu.

Flashdisk Abal-Abal

Ini merupakan hal yang paling sering dialami oleh user flashdisk, karena ada beberapa seller yang menawarkan produk palsu yang sangat merugikan para buyer, karena itu, ketika kamu membeli flashdisk, carilah penjual yang benar-benar terpercaya dan kalau bisa, langsung membeli ke tempat resminya.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca di laptop atau komputermu.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop atau Komputer"