Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Bedanya Router dan Modem dalam Jaringan Komputer

iterkini.web.id - Apa Bedanya Router dan Modem - Dalam dunia IT khususnya Networking (Jaringan Komputer) kerap kali kita mendengar istilah router dan modem.

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, banyak orang yang beranggapan kedua perangkat ini sama dalam artian istilah modem merupakan sinonim dari istilah router begitupun sebaliknya. 

Padahal keduanya merupakan dua perangkat yang sama sekali berbeda dan memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing sebagai sarana penghubung perangkat ke jaringan internet.

Apa Bedanya Router dan Modem
Source : Pixabay

Namun, tak dapat dipungkiri dengan bermacam inovasi yang muncul di zaman modern, banyak perangkat modem yang sudah berfungsi sebagai router begitupun sebaliknya.

Jadi apa beda router dan modem dalam dunia networking ? simak penjelasannya sebagai berikut :

Apa Bedanya Router dan Modem

Untuk mengetahui beda router dengan modem alangkah baiknya kita membahasnya secara bertahap, dimulai dari pembahasan mengenai definisi kedua macam perangkat secara umum lalu penjelasan peran dan fungsi masing-masingnya, dan pada akhirnya barulah mengupas berbagai macam perbedaan yang bisa kita simpulkan :

Router dan Fungsinya Secara Umum

Secara sederhana, router merupakan sebuah perangkat yang bertugas untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya yang memungkinkan antara beberapa perangkat yang saling terhubung untuk saling bertukar data. Maka secara garis besar fungsi dari perangkat router ini untuk mengatur lalu lintas data sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien pada suatu jaringan komputer.

Baca Juga : Apa Itu Router WiFi ? Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Modem dan Fungsinya Secara Umum

Adapun modem merupakan singkatan dari istilah modulator demodulator yang perangkatnya berfungsi untuk mengubah sinyal analog yang bersumber dari ISP (Internet Service Provider) menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh sebuah perangkat, utamanya komputer.

Sehingga dengan proses transformasi yang dilakukan perangkat modem, menjadikan format data sehingga sesuai dengan format yang mampu dibaca oleh perangkat yang kita miliki, memungkinkan perangkat sehingga bisa melakukan pertukaran data melalui koneksi internet

Apa Bedanya Router dan Modem

Setelah memaparkan definisi dari kedua perangkat selanjutnya langsung saja kita bahas mengenai perbedaan router dan modem  yang menjadi bahasan inti kita :

Ada beberapa perbedaan mendasar dari fungsi kedua perangkat ini, berikut penjelasannya

Router

Modem

Mampu memberikan alamat IP kepada perangkat yang terhubung

Tidak didukung

Menggunakan Local Area Network (LAN)

Menggunakan Wide Area Network (WAN)

Memiliki fungsi pengaturan lintas data dan keamanan data (firewall)

Tidak didukung

Untuk akses internet tidak bisa dilakukan tanpa bantuan perangkat modem

Bisa akses internet tanpa bantuan router

Bisa menghubungkan dengan kartu ethernet

Bisa menghubungkan koneksi satu atau beberapa komputer dengan perantara software

Tidak harus terhubung ke internet

Harus terhubung dengan internet

Kesimpulan

Jadi antara kedua perangkat (modem dan router) merupakan dua perangkat yang berbeda dengan fungsi dan tugasnya masing-masing, perbedaan antara keduanya sudah admin paparkan di atas, silahkan dibaca dengan seksama.


Itulah artikel tentang Apa Bedanya Router dan Modem dalam Jaringan Komputer, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan terutama untuk admin pribadi. Jangan lupa bagikan artikel ini jika informasi yang ada di dalamnya bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "Apa Bedanya Router dan Modem dalam Jaringan Komputer"