Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menjadikan Format Foto ke JPG/JPEG

iterkini.web.id - Cara Menjadikan Foto ke JPG - Format foto yang paling sering dan familiar digunakan adalah JPG/JPEG. Hal tersebut karena memang format foto yang satu ini dikenal memiliki size lebih ringan dibandingkan format foto lainnya seperti RAW, PNG, TIFF, GIF dll.

Selain memiliki kelebihan dari segi ukuran/size file yang relatif kecil, format ini juga telah terpasang di berbagai macam jenis perangkat baik itu handphone, komputer, laptop, tablet dan gadget lainnya secara langsung. Sehingga kita tidak perlu repot lagi mengunduh perangkat lunak tambahan sehingga kita dapat melihat foto berformat JPG/JPEG secara langsung di berbagai macam jenis perangkat, beda hal dengan format lainnya seperti RAW yang hanya bisa diakses jika pada perangkat gadget kita terpasang aplikasi software pendukung untuk melihat fotonya

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas 3 cara menjadikan foto ke JPG/JPEG ; menggunakan aplikasi, tanpa aplikasi dan melalui situs website secara online.

Daftar Isi

3 Cara Menjadikan Foto ke JPG/JPEG

Simaklah ulasan berikut ini agar kalian paham bagaimana cara menjadikan foto menjadi JPG dengan mudah :

Menggunakan Aplikasi

Bagi kalian yang memiliki kapasitas memory internal / eksternal handphone yang cukup mumpuni, maka kalian bisa mengunduh beberapa aplikasi yang dapat mempermudah kalian dalam merubah gambar ke format JPG, antara lain :

1. Image Converter - PNG/JPG/JPEG

Aplikasi ini ditawarkan oleh csDeveloper pada tahun 2019 dan telah diunduh pengguna Play Store hingga 1jt+ Unduhan. Aplikasi yang satu ini telah diulas sebanyak 37rb+ dengan rating ulasan 4,8 yang menunjukkan aplikasi ini tergolong pada aplikasi yang dapat bekerja dengan baik. 

Image Converter - PNG/JPG/JPEG

Adapun langkah yang perlu kalian lakukan untuk melakukan convert (merubah) foto ke format JPG adalah :

  • Unduh aplikasi melalui link berikut ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.csdeveloper.imgconverter&hl=en
  • Setelah terunduh silahkan buka aplikasi
  • Kalian akan diberikan beberapa pilihan opsi, maka jika kalian ingin merubah format satu foto saja maka pilih pada opsi "Gambar Tunggal" dan jika kalian ingin langsung merubah format beberapa foto sekaligus ke JPG bisa langsung klik pada opsi "Beberapa Pilihan".
  • Tekan "Pilih Gambar" dan pilihlah foto yang ingin dirubah formatnya
  • Setelah itu pada bagian atas, akan ada beberapa pilihan format yang bisa kalian gunakan seperti merubah foto ke format JPG/PDF/PNG/WEBP/GIF/JPEG/BMP
  • Maka pilihlah pada opsi "JPG/JPEG" 
  • Terakhir tekan pada ikon ceklis di bagian bawah layar
  • Selanjutnya tekan "Menyimpan" maka secara otomatis foto yang dikonversikan menjadi format JPG/JPEG akan muncul di penyimpanan kalian, atau bisa kalian lihat di gallery

2. Image Converter - PixConverter

Dirilis oleh TRMedia Inc. pada tahun 2022 aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10rb+ pengguna Play Store. Berperan sebagai converter gambar, aplikasi ini bisa dikategorikan sebagai aplikasi yang cukup baik kinerjanya dalam proses perubahan format foto.

Image Converter

Untuk langkahnya sebagai berikut :

Unduh aplikasinya melalui : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.freeconvert.image_converter&hl=en

  • Buka aplikasi dan pilih pada opsi "+ ADD IMAGE" untuk memilih gambar yang ingin kita rubah formatnya
  • Setelah memilih gambar yang ingin dirubah formatnya, maka selanjutnya kalian bisa merubah format gambar sesuai dengan yang tersedia pada opsi yang tampak pada layar
  • Setelah memilih format JPG/JPEG maka tekan pada opsi "Convert" yang terletak pada bagian bawah
  • Tunggu loading .... dan selamat, format file foto yang kalian inginkan sudah berubah sesuai dengan format yang kalian inginkan

Itulah 2 aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk convert image ke format JPG/JPEG

Cara Mengubah Foto ke JPG Tanpa Aplikasi

Cara yang kedua ini menurut admin juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu merubah format gambar dengan merubah format yang tertera pada nama file yang ingin kalian rubah formatnya.

Namun yang perlu kalian perhatikan untuk antisipasi, silahkan copy terlebih dahulu gambar yang ingin kalian rubah formatnya sehingga jika nantinya terjadi crash atau error setelah melakukan perubahan format, foto original sebelumnya tidak hilang begitu saja.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Buka lokasi file gambar yang formatnya ingin dirubah
  • Select gambar 
  • Tekan pada titik tiga di samping kanan
    rubah ke jpg tanpa aplikasi
  • Tekan "Ganti Nama"
    cara merubah format foto
  • Selanjutnya rubahlah pada format seperti pada contoh ".PNG" menjadi ".JPG"
    cara rubah ekstensi foto
  • Tekan "OK" Maka secara otomatis gambar tersebut formatnya akan berubah

Cara Merubah Foto ke JPG Online Melalui Situs Website

Bagi kalian yang terkendala pada memory perangkat yang tidak cukup untuk mengunduh aplikasi yang bisa melakukan convert format, dengan cara ini bisa menjadi solusi bagi kalian untuk merubahnya. Pasalnya melalui perantara beberapa situs website ini kalian bisa merubah format gambar secara online tanpa perlu mengunduh aplikasi.

Nah oleh karena itu bagi kalian yang ingin mencobanya, bisa simak beberapa situs yang admin rekomendasikan berikut ini :

1. Image Online Converter

Kalian bisa mengakses situsnya pada link : https://image.online-convert.com/convert-to-jpg

Adapun langkah untuk melakukan convertnya sebagai berikut :

  • Buka link yang telah disebutkan di atas
  • Pada "Drop Files Here" Tekan "Choose File" lalu pilihlah gambar yang ingin kalian rubah formatnya
  • Setelah selesai melakukan proses uploading maka kalian tinggal menekan pada opsi "Start" yang terletak pada bagian bawah
  • Tunggu beberapa saat dan selamat, gambar yang hendak kalian rubah formatnya ke JPG telah berubah dan terunduh

2. Cloud Convert

Situsnya bisa kalian akses dengan klik berikut ini : https://cloudconvert.com/jpg-converter

Adapun langkah penggunaanya :

  • Setelah situs web terbuka, maka pilihlah pada opsi "Select File" dan pilihlah foto yang ingin kalian rubah formatnya ke JPG 
  • Setelah dipilih tekan "OK" lalu jika kalian ingin merubah beberapa format foto sekaligus kalian bisa menambahnya dengan menekan pada opsi "Add More Files"
  • Setelah itu pada sebuah tab dengan titik tiga, pilih format JPG karena kita ingin mengkonversikan foto tersebut ke JPG lalu terakhir tekan "Convert" dan selanjutnya "Download"

Kesimpulan

Jadi merubah format file gambar yang kalian miliki sangat mudah dan dapat dilakukan dengan 3 cara mudah yang dapat kalian lakukan pribadi secara mudah; dengan aplikasi, tanpa aplikasi dan melalui situs website.

Itulah artikel tentang 3 Cara Menjadikan Format Foto ke JPG/JPEG, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua terutama kepada diri penulis pribadi. Jika artikel ini dirasa bermanfaat kalian bisa membagikannya melalui media sosial kalian.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menjadikan Format Foto ke JPG/JPEG"