Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi dan Taktik Efektif: Cara Mengatasi Serangan Siber dan Meningkatkan Keamanan Digital

iterkini.web.id - Strategi dan Taktik Efektif: Cara Mengatasi Serangan Siber dan Meningkatkan Keamanan Digital - Sadarkah kita ?  bahwa ketika melakukan berbagai macam aktivitas digital melalui internet, terutama bagi yang suka dan aktif bertransaksi, berbelanja online, bermedia sosial maupun melakukan aktivitas professional seperti berkirim surat melalui e-mail maka tidak akan luput dari potensi terjadinya serangan siber. Dampak yang bisa terjadi akibat serangan siber tersebut cukup beragam.  Ada yang sampai mencuri data pribadi korban untuk disalahgunakan bahkan sampai mencuri uang digital yang dimilikinya.

Sudah seharusnya kita sadar bahwa keamanan digital merupakan sesuatu yang harus dipahami dan dijaga. Maka bagaimana cara meningkatkan keamanan digital sehingga mengurangi potensi terjadinya serangan siber ? Berikut pemaparannya :

Keamanan Digital

Keamanan Digital

Keamanan digital atau biasa disebut dengan cyber security merupakan perlindungan sistem digital yang terdapat pada perangkat dari berbagai aksi cyber seperti penyadapan, pencurian, pengrusakan terhadap perangkat lunak

Jadi, apa saja upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi serangan siber dan meningkatkan keamanan digital perangkat kita ?

Kesadaran Keamanan Digital dan Potensi Serangan Cyber

Hal utama yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya serangan cyber adalah dengan menyadari pentingnya semua data yang kita miliki dan juga potensi akan adanya serangan cyber pada perangkat.

Ini sangat penting untuk kita sadari, karena sampai saat ini masih banyak yang kurang menyadari pentingnya data dan hadirnya potensi serangan cyber ini, sehingga menjadikan seseorang acuh tak acuh tanpa menghiraukan apa saja yang berpotensi mengakibatkan terjadinya serangan cyber pada sebuah perangkat.

Cara mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi adalah dengan berhati-hati dalam berselancar di dunia maya. Jangan mengunduh data-data dan membuka link-link yang sekiranya tampak mencurigakan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Malware di PC Windows 7 Mudah

Berikut 2 di antara serangan cyber yang marak dilakukan pada saat ini :

Phising

Merupakan suatu bentuk serangan cyber yang bertujuan untuk mencuri data atau informasi pribadi seperti kata sandi, nomor kartu kredit dan data keuangan lainnya.

Serangan cyber jenis ini biasanya dilakukan dengan cara menyamar sebagai entitas yang terpercaya dengan cara membuat website palsu yang serupa dengan aslinya sehingga para korban dengan percaya dirinya memasukkan data pribadinya ke kolom yang telah disediakan oleh si pelaku cyber.

Ransomware

Adalah bentuk serangan cyber yang dilakukan oleh pelaku dengan cara mengenkripsi data yang terdapat pada perangkat korban sehingga sang pelaku dengan leluasa meminta tebusan kepada korban jika ingin datanya dikembalikan.

Biasanya setelah ransomware ini mengunci data korban, selanjutnya akan muncul sebuah pesan untuk membayar tebusan melalui uang digital seperti bitcoin dan jika tidak dilakukan sang pelaku akan mengancam menghapus data yang dimiliki si korban.

Penggunaan Kata Sandi yang Kuat

Hal ini juga dapat mengantisipasi berbagai macam akun kalian sehingga terhindar dari serangan cyber. Usahakan dalam pembuatan kata sandi yang hendak digunakan menghindari informasi data pribadi seperti tanggal lahir, nama pribadi, alamat rumah,  nomor telepon. Karena hal-hal ini sangat berpotensi menyebabkan akun kalian terkena serangan cyber.

Untuk lengkapnya, berikut penulis paparkan kiat-kiat membuat kata sandi yang kuat :

  • Panjang dan kompleks : Usahakan dalam pembuatan kata sandi menggunakan kata-kata yang panjang sehingga tidak mudah ditebak oleh pelaku cyber.
  • Jangan menggunakan kata sandi yang sama : Kebanyakan di antara kita tidak mau susah dalam pembuatan kata sandi, sehingga memilih kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Hal ini sebaiknya dihindari dan jangan dilakukan. Karena jika nantinya sebuah akun milik kita berhasil diretas maka akan berpotensi juga pada akun-akun lain yang kita miliki.
  • Menggunakan kombinasi angkal, huruf dan simbol : Kompleksitas dalam pembuatan kata sandi merupakan hal yang penting. Maka kombinasi huruf, angka dan simbol bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin membuat kata sandi yang tidak mudah ditebak oleh pelaku cyber.
Baca Juga : Terungkap !! Inilah Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya
  • Menggunakan Manager Kata Sandi : Bagi kalian yang tidak ingin bersusah payah mengingat kata sandi yang rumit setiap kali membuat akun maka solusinya menggunakan manager kata sandi. Kalian bisa menggunakan LastPass dan Bitwarden sebagai pilihan sebagai manajemen kata sandi agar mempemudah kalian membuat sebuah akun dengan kata sandi rumit tanpa perlu mengingatnya.

Pembaruan Perangkat Lunak

Pembaruan software merupakan salah satu upaya yang bisa kalian lakukan untuk menjaga perangkat kalian terhindar dari serangan cyber.

Hal ini sangat penting dilakukan dengan beberapa alasan :

  • Adanya pembaruan sistem keamanan yang terdapat pada perangkat lunak untuk mengatasi kerentanan keamanan yang ada pada versi perangkat lunak sebelumnya.
  • Respon terhadap ancaman baru yang muncul, karena serangan cyber sejatinya tidak hanya dilakukan dengan pola yang sama. Akan ada pola-pola serangan baru yang dilakukan oleh pelaku cyber dengan berbagai celah yang ada.
  • Penambahan fitur keamanan juga menjadi salah satu hal yang biasa terjadi bila dilakukan pembaruan perangkat.

Antisipasi Keamanan Jaringan dan Wi-Fi

Saran terakhir yang ingin penulis berikan pada tulisan ini adalah gunakanlah pengaturan jaringan yang kuat. Sebaiknya gunakan fitur enkripsi WPA2 atau WPA3 pada router untuk tingkat keamanan yang kuat.  Selanjutnya pada perangkat agar menggunakan firewall dan sistem deteksi intrusi.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan bagi kalian yang ingin meningkatkan keamanan digital dan mengatasi serangan cyber yang kerap kali menjadi hantu bagi seorang yang aktif dalam melakukan aktivitas digital. Di antaranya meningkatkan kesadaran keamanan digital, penggunaan kata sandi yang kuat, pembaruan perangkat lunak dan antisipasi keamanan jaringan dan Wi-Fi.

Posting Komentar untuk "Strategi dan Taktik Efektif: Cara Mengatasi Serangan Siber dan Meningkatkan Keamanan Digital"