Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

iterkini.web.id - 5 Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel - Bagi pengguna sistem operasi Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Microsoft, karena memang berbagai macam produk yang ditawarkan oleh perusahaan Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen ini kerap kali dipasangkan dengan sistem operasi Windows.

Salah satu produk yang paling sering digunakan pengguna komputer ataupun laptop adalah microsoft word yang sering disebut dengan word dan microsoft excel yang sering disebut dengan excel, kedua perangkat lunak ini dikembangkan oleh microsoft, yang mana keduanya memiliki fungsi dan kegunaan masing masing yang kerap kali digunakan untuk kebutuhan studi maupun kebutuhan pengelolaan data kantor.

beda microsoft word dan microsoft excel

Jadi pada artikel ini admin akan memberikan penjelasan secara singkat padat terkait perbedaan ms word dan ms excel yang diusahakan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami bagi yang baru saja mengenal dunia digital terutama dunia per-komputeran.

Daftar Isi

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Meskipun keduanya berasal dari satu perusahaan yang sama, akan tetapi kedua produknya ini memiliki fungsi yang sama sekali berbeda, maka sebelum kita melanjutkan kepada pembahasan pokok mengenai perbedaan word dan excel, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dan fungsi dari kedua perangkat ini sehingga tampak jelas oleh kita perbedaan dari keduanya :

Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word

Microsoft word merupakan sebuah perangkat lunak pengolah kata yang dirilis oleh perusahaan microsoft word yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan yang berkaitan dengan pengelolaan teks, dokumen dan sejenisnya.

Oleh karena itu bagi seseorang yang ingin membuat atau mengedit sebuah file dalam bentuk teks untuk kebutuhan pendidikan maupun kantor, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini, karena microsoft word merupakan software pengolah kata terpopuler yang ada di dunia hingga pada saat admin mengetik artikel ini, dengan dibekali fitur lengkap yang memudahkan kita untuk melakukan pengaturan pada dokumen / file yang kita inginkan.

5 Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Adapun penamaan lembar kerja yang terdapat pada microsoft word biasa disebut dengan page, sedangkan format file yang dihasilkan pada saat kita melakukan save nantinya adalah berupa .doc.

Hingga pada saat sekarang, selain populer digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Windows, aplikasi ini juga sudah tidak jarang lagi digunakan pada sistem operasi lainnya seperti Linux, MacOs dan juga iOS, yang tentunya ini menunjukkan bahwa aplikasi ini benar benar mampu membantu pengguna komputer dalam mengatasi persoalan yang berkaitan dengan pengolahan kata.

Fungsi Microsoft Word

Fungsi microsoft word adalah sebagai aplikasi pengolah kata, apa saja itu ? ada beberapa hal yang bisa kita lakukan pada saat kita menggunakan microsoft word, sebagai berikut :

Membuat Dokumen

Ini merupakan fungsi pokok dari aplikasi microsoft word, dimana pada aplikasi ini kita bisa membuat dokumen berbentuk teks, dokumen yang bisa dibuat pada aplikasi ini pun bisa dibilang cukup beragam, seperti surat menyurat perkantoran, tugas sekolah atau kuliah maupun berbentuk laporan.

Selain itu pada saat kita membuat dokumen di aplikasi ini, kita bisa menyimpannya dalam berbagai macam ekstensi, baik itu dalam bentuk pdf, word document, wps document, single file web page dan lainnya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Membuka Berbagai Macam Ekstensi Dokumen

Menggunakan aplikasi microsoft word, kita bisa membuka berbagai macam jenis dokumen dengan ekstensi yang berbeda selain word document seperti xml, txt, pdf, wpd, xps, html, dot, sehingga kita diberi kebebasan yang mempermudah kita untuk membuka file dengan jenis lain.

Mengedit Dokumen dengan Fitur yang Lengkap

Inilah yang membuat aplikasi microsoft word menjadi populer hingga saat sekarang, yaitu dibekali berbagai macam fitur lengkap yang dapat memudahkan penggunanya dalam proses pembuatan dokumen seperti fitur tabel, nomor halaman, heading, filter, footnote dan lainnya.

Mengoreksi Kata

Salah satu fitur yang cukup berguna pada aplikasi ini adalah fitur koreksi kata, dengan fitur "kamus" yang ditawarkan pada aplikasi ini bisa mempermudah kita untuk mendeteksi mana saja kata yang sekiranya salah eja atau salah tata bahasa, sehingga tentunya ini sangat berguna bagi kita pada saat membuat sebuah dokumen dengan jumlah halaman yang banyak.

Itulah penjelasan singkat mengenai microsoft word yang semoga bisa dipahami dengan baik oleh para pembaca, selanjutnya kita beralih ke pembahasan singkat mengenai microsoft excel.

Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan sebuah perangkat lunak pengolah angka yang sesuai definisinya pengguna dapat mengolah maupun menghitung data data yang berkaitan dengan angka pada aplikasi ini. 

Salah satu kelebihan yang dapat kita manfaatkan ketika menggunakan aplikasi pengolah angka yang satu ini adalah kita bisa mengolah angka menggunakan berbagai macam fitur formula atau rumus yang memudahkan untuk melakukan perhitungan yang bersifat matematis secara otomatis.

Software yang satu ini sangat sering digunakan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja sebagai penunjang kinerja, terutama yang bersifat administratif, logika dan matematis.

perbedaan word dan excel

Adapun lembar kerja yang terdapat pada microsoft excel ini biasa disebut dengan istilah sheet, sedangkan output yang nantinya dihasilkan pada saat kita melakukan save pada file adalah .xls / .xlxs.

Baca Juga : Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine

Fungsi Microsoft Excel

Berikut akan admin paparkan beberapa pekerjaan yang biasanya memerlukan microsoft word sebagai penunjangnya adalah :

Pembuatan Daftar Penilaian Peserta Didik

Ini biasa digunakan karena pada aplikasi microsoft excel ini menawarkan berbagai macam fitur rumus yang bisa mempermudah para majelis guru dalam penghitungan nilai peserta didik, sehingga menjadikan pekerjaan menghitung penilaian menjadi lebih praktis dan efisien serta terhindar dari kekeliruan dalam perhitungan, seperti perhitungan jumlah dan rata rata secara otomatis itu semua dapat dimanfaatkan saat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Pembuatan Perhitungan Barang Keluar dan Masuk dalam Bisnis

Pembuatan Data Bersifat Matematis dengan Akurat Menggunakan Rumus

Pembuatan Laporan Keuangan

Itulah beberapa fungsi umum yang biasa digunakan para pengguna menggunakan aplikasi microsoft excel semoga mudah dipahami.

5 Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Setelah kita membahas secara ringkas dan padat mengenai definisi dan fungsi dari masing masing perangkat lunak aplikasi keduanya yaitu microsoft excel dan word, tentunya kalian sudah mendapat sedikit banyaknya gambaran perbedaan antara kedua aplikasi tersebut, maka di bawah ini admin akan memaparkan 5 hal yang bisa kita tangkap, terkait perbedaan excel dan word dari penjelasan mengenai kedua aplikasi tersebut berdasarkan data yang telah kita bahas sebelumnya, yaitu :

Baca Juga : Apa Perbedaan Laptop dan Komputer ? Ini Jawabannya

Beda microsoft word dan microsoft excel

Pertama : Secara umum, aplikasi microsoft word ini lebih diperuntukkan bagi seseorang yang ingin membuat dokumen berupa surat maupun laporan yang berhubungan dengan kata, sedangkan aplikasi microsoft excel lebih dikhususkan bagi kalian yang ingin melakukan pembuatan dokumen dalam rangka mengolah angka seperti perhitungan nilai hasil ujian peserta didik.

Kedua : Adapun microsoft word lebih banyak menyediakan ruang untuk peletakan teks sedangkan microsoft excel lebih banyak menyediakan ruang untuk memasukkan angka.

Ketiga : Ekstensi dari kedua aplikasi ini berbeda, yang mana pada aplikasi microsoft word, output yang akan dihasilkan yaitu berupa file berekstensi .doc sedangkan aplikasi microsoft excel nantinya akan mengeluarkan output file dalam bentuk .xls / .xlsx.

Keempat : Penamaan lembar kerja pada microsoft word adalah page, sedangkan pada microsoft excel penamaan lembar kerjanya yaitu sheet.

Kelima : Terakhir microsoft word memiliki fitur pengaturan dokumen yang sangat lengkap akan tetapi tidak memiliki fitur formula / rumus sedangkan microsoft excel tidak memiliki fitur yang lengkap akan tetapi dilengkapi dengan berbagai macam formula dan rumus yang membantu dalam proses perhitungan dan logika.


Itulah penjelasan singkat mengenai 5 Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman semua terutama untuk penulis pribadi.


Posting Komentar untuk "5 Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel"