Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine

iterkini.web.id - Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine -  Kalian sudah tahu belum apa beda antara web browser dengan search engine ? mungkin di antara kalian yang membaca artikel ini ada yang sudah paham antara keduanya, namun faktanya di lapangan masih banyak loh orang orang yang masih belum bisa membedakan antara kedua istilah ini dan bahkan terkadang menyamakan antara keduanya dan ada juga yang mengatakan search engine itu adalah browser maupun sebaliknya.

Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine

Sebenarnya perbedaan antara keduanya sangat mudah untuk dipahami, terlebih bagi kalian yang sudah bertahun tahun bergelut dalam dunia digital, terutama internet, namun tidak usah risau karena pada artikel kali ini admin akan menunjukan kepada kalian semua apa sih perbedaan antara web browser dengan search engine dengan pembahasan yang mudah dipahami sekalipun kalian masih baru berselancar dalam dunia digital.

Kita tahan saja dahulu jawaban dari pertanyaan apa perbedaan antara search engine dengan web browser, mari kita terlebih dahulu mendefinisikan arti dari kedua istilah tersebut sehingga di akhir nanti, akan tampak jelas perbedaan antara keduanya :

Apa itu Web Browser dan Fungsinya?

Pengertian dan Fungsi

Web browser merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang menjembatani kita sehingga dapat mengakses, mencari serta menampilkan sebuah alamat website yang terdapat di internet.

Akan tetapi perlu untuk diketahui bahwa web browser bukanlah satu satunya perangkat lunak yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah website, akan tetapi ada perangkat lunak jenis lain, hanya saja karena kemudahan yang ditawarkan oleh web browser sehingga banyak orang yang memilih menggunakan web browser sebagai media mengakses sebuah website.

Jadi intinya fungsi dari web browser adalah sebagai media untuk menampilkan situs yang terdapat di internet baik itu yang berupa html maupun xml.

Adapun contoh dari web browser yang sering digunakan pada saat sekarang adalah Google Chrome, Opera, Bing di PC dan UC Browser, Opera Mini, Chrome di Android.

Cara Kerja Web Browser

Kita umpamakan sebagai berikut :

Zayn ingin mencari sebuah website yang berisikan info terkini seputar teknologi dan tutorial, lalu dia teringat sebuah website yang disarankan temannya di sekolah beberapa hari yang lalu yaitu website dengan alamat / url iterkini.web.id.

Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine

Lalu tanpa berlama lama dia langsung mengambil hpnya dan mengetikkan alamat / url iterkini.web.id di browser hpnya lalu menekan tombol enter.

Maka dengan perintah "Enter" yang ditekan oleh Zayn ditangkap oleh web browser bahwa Zayn ingin mengakses dan menampilkan halaman website iterkini.web.id.

Maka selanjutnya dengan perintah itu, web browser secara langsung memproses permintaan Zayn dengan menghubungkan browser dengan server iterkini.web.id dan meminta data yang diperlukan untuk menampilkan halaman website tersebut.

Setelah menerima data yang diperlukan untuk menampilkan alamat website tersebut, maka dari data itu web browser mengikuti instruksi tentang susunan dan tata letak elemen yang ada di alamat iterkini.web.id.

Maka setelah beberapa saat tampilan dari halaman web tersebut bisa dilihat oleh Zayn sehingga dia bisa membaca berbagai macam artikel menarik yang terdapat di dalam website tersebut.

Sangat simpel bukan ? Selanjutnya kita akan membahas mengenai search engine !

Apa itu Search Engine dan Cara Kerjanya ?

Pengertian

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan search engine? Search engine merupakan sebuah program berbasis website yang memungkinkan kita untuk mencari informasi melalui kata kunci atau kueri di dalam www (world wide web), ftp dan lainnya.

beda search engine dan browser

Jadi dengan menggunakan search engine, kita bisa memperoleh informasi apapun yang kita inginkan sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan.

Jadi, kita bisa menyebut search engine sebagai kolektor informasi, karena search engine sebagai mesin pencari bertugas mengumpulkan seluruh informasi yang terdapat di dalam website yang ada di seluruh dunia menggunakan bot yang biasa disebut crawler di samping sebagai pemberi informasi kepada pengguna (user).

Baca Juga : Apa Itu Artificial Intelligence dan Contohnya Dalam Hidup

Sedikit wawasan bagi kita, bisa dibayangkan nggak betapa banyaknya artikel yang diinput ke internet setiap harinya oleh para penulis, dan oleh karena itulah search engine yang berkualitas berusaha melakukan crawl terhadap ribuan bahkan jutaan artikel baru maupun lama setiap harinya.

Oleh karena itu jugalah posisi Google sebagai mesin pencari yang agresif terhadap berbagai informasi baru yang diupdate penulis di berbagai belahan dunia dengan melakukan crawl rutin, menjadikannya sebagai mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia dan sulit untuk digeser oleh mesin pencari lainnya.

Dikutip dari Teknovidia.com bahwa menurut data dari techjury.net bahwa statistik website global sebagai berikut :

  1. 4,66 miliar pengguna internet di seluruh dunia.
  2. Lebih dari 1,5 miliar website berstatus non-aktif.
  3. Jumlah website aktif hanya sekitar 200 juta.
  4. 56,5 miliar halaman web terindeks oleh search engine terpopuler di dunia.

Dari data di atas kebayang nggak betapa besar kapasitas dan ukuran server database yang mesti dimiliki search engine jika mau menjadi yang terbaik ? wadawww hehehe.

Cara Kerja Search Engine

Kita umpamakan sebagai berikut :

Karena Zayn tertarik mengenai informasi tentang "Apa itu Gadget" maka dia membuka browser yang ada di hpnya dan mengetikkan kata kunci "Apa itu Gadget" di kolom pencarian dan menekan tombol "Enter", lalu selang beberapa detik, mesin pencari memaparkan jutaan hasil pencarian yang relevan sesuai dengan kata kunci yang diketik Zayn sebelumnya.

Akan tetapi cara kerja dari mesin pencari sebenarnya tidaklah sesimpel yang dilihat sebelumnya, karena di belakang layar, sebenarnya pada saat kita menekan "Enter" pada mesin pencari, maka mesin pencari menjelajahi seluruh isi database search engine dan mengumpulkan seluruh informasi sesuai dengan kata kunci yang ditulis Zayn, yaitu "Apa itu Gadget" lalu setelah mengumpulkan ribuan bahkan jutaan artikel yang dianggap relevan dengan kata kunci yang Zayn ketikkan sebelumnya, maka mesin pencari mengurutkan informasi berupa artikel yang paling relevan dan berkualitas diletakkan di posisi paling atas, maka dari proses yang dilakukan mesin pencari tersebut maka Zayn selanjutnya bisa memilih artikel mana yang ingin dibacanya sehingga dia membaca artikel yang berasal dari website iterkini.web.id yang terletak pada bagian atas di page 1.

beda search engine dan browser

Begitulah gambaran dari cara kerja mesin pencari semoga kalian bisa memahaminya dengan baik.

Baca Juga : Perangkat Keras Komputer atau Hardware Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasi 

Contoh Web Browser dan Search Engine

Berikut contoh dari kedua jenis tersebut :

Web Browser : Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge, Safari.

Search Engine : Google Search, Bing Search, Yahoo Search, Ask Search, Yandex Search.

Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine

Setelah penjelasan yang admin jelaskan terkait apa yang dimaksud dengan web browser dan search engine sebelumnya, maka apa perbedaan antara search engine dengan web browser? 

  1. Bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan web browser merupakan sebuah perangkat lunak / software sedangkan search engine merupakan bagian yang termasuk ke dalam kategori web browser.
  2. Web browser memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam pencarian sedangkan search engine hanya terbatas pada pencarian berbasis gambar, link dan video.
  3. Web browser tidak membutuhkan database untuk melakukan pencarian sedangkan search engine membutuhkannya.
  4. Beda web browser dengan search engine selanjutnya adalah web browser mengirim data dari server ke web browser sehingga bisa menampilkan halaman website yang diinginkan sedangkan search engine akan menampilkan sekumpulan data berupa hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Itulah jawaban dari pertanyaan "Apakah perbedaan antara web browser dan search engine", semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk memahami perbedaan browser dan mesin pencari secara mudah.

Daftar Isi

Posting Komentar untuk "Apakah Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine"